Ilustrasi ibu menyiapkan hidangan sahur dan berbuka puasa (sumber gambar: RDNE Stock Project/Pexels)

3 Tip Praktis Menyiapkan Hidangan Sahur & Buka Puasa

15 March 2024   |   08:02 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Ramadan menjadi momen penting yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia karena menjadi bulan yang istimewa dan penuh keberkahan. Selama satu bulan penuh, umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa.

Pada momen ini, berbuka puasa menjadi waktu yang sangat dinantikan karena bisa menikmati berbagai aneka hidangan makanan setelah berpuasa seharian penuh, menahan lapar dan dahaga.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Dehidrasi Selama Puasa Ramadan

Namun, menyiapkan aneka menu hidangan saat berbuka puasa sering kali menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para ibu rumah tangga. Apalagi ibu bekerja yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan masakan di dapur.

Nah, bagi para ibu yang agak kesulitan menyiapkan hidangan berbuka puasa dan sahur yang spesial, tidak perlu khawatir. Kali ini ada sejumlah tip yang dapat membantu kalian menyediakan menu spesial untuk keluarga. Apa saja? Yuk simak. 
 

1. Siapkan daftar menu

Sebelum mulai masak, kamu bisa menyiapkan kira-kira daftar menu apa saja yang akan dijadikan sebagai hidangan untuk sahur dan berbuka puasa. Kamu bisa melihat daftar menu praktis yang bisa diikuti, misalnya yang terinspirasi dari media sosial Instagram maupun YouTube. Setelah itu, siapkan panduan daftar menu untuk satu bulan.

Saat ini, ada banyak menu sederhana dengan cita rasa nikmat yang dapat kamu buat langsung di rumah tanpa harus memakan waktu lama. Kuncinya, siapkan daftar menu dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Pastikan bahan yang dipilih benar-benar segar dan berkualitas sehingga cita rasanya akan tetap nikmat. 
 

2. Siapkan stok makanan

Setelah membuat daftar menu selama satu bulan dan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Kalian juga bisa membuat food preparation yang sudah diletakkan di dalam satu wadah khusus, kemudian taruh di dalam kulkas.

Adanya menu-menu tersebut tentu akan memudahkan kalian saat sahur, karena makanan tersebut sudah diungkep atau dibumbui.  Misalnya ayam yang sudah diungkep atau ikan yang sudah dibumbui sehingga tinggal digoreng atau dibakar saja. 
 

3. Siap Sedia Menu Frozen atau Frozen Food

Adanya makanan beku (frozen food) bisa menjadi solusi praktis dan bergizi bagi ibu rumah tangga dan orang-orang yang cukup sibuk. Frozen food tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang mencari kemudahan dalam mempersiapkan hidangan berbuka puasa yang sehat dan lezat. 

Apalagi saat ini ada berbagai macam jenis frozen food. Selain nugget, ada juga berbagai variasi makanan beku seperti cumi, udang, dan ikan yang kaya akan protein dan omega-3, yang penting bagi tubuh. Makanan beku saat ini juga umumnya dikemas dengan konsep single serve, sehingga memudahkan untuk disiapkan. 

Howard Ken Lukmito, Vice President PT Sekar Bumi Tbk mengatakan single serve packaging sangat cocok untuk mereka yang hidup sendiri atau untuk keluarga yang ingin variasi dalam menu berbuka puasa tanpa perlu mempersiapkan banyak hidangan secara bersamaan. 

Baca juga: 5 Ide Menu Buka Puasa Aneka Es yang Segar & Mudah Dibuat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Upaya Indonesia Heritage Agency Melakukan Reimajinasi & Transformasi Cagar Budaya

BERIKUTNYA

Badarawuhi Di Desa Penari Akan Tayang di Amerika Serikat & Negara Lainnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: