Barisan Koding (Sumber: unsplash.com/@florianolv)

4 Misteri Internet Yang Belum Terpecahkan

07 March 2024   |   18:54 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sejak internet menjadi teknologi yang dapat diakses secara mudah oleh publik, munculah beragam manfaat untuk para penggunanya. Sebagian internet yang dapat dilihat oleh publik memang memiliki informasi yang dapat diakses oleh siapapun, namun itu hanya skala kecil dibanding dengan mister-misteri yang bersembunyi. 

Lingkup dan kapabilitas dari internet sangat luas, membebaskan para penggunanya untuk melakukan apapun yang mereka inginkan. Beberapa individu dengan kemampuan literasi digital, dapat beraktivitas di internet tanpa terdeteksi oleh siapapun, bahkan pemerintahan sekalipun. Menurut Kaespersky, internet memiliki 3 level yang diketahui, surface, deep, dan dark web. 

Memang deep dan dark web adalah tempat dimana banyak aktivitas misterius terjadi, namun beberapa misteri sempat muncul di surface web. Mulai dari penemu mata uang crypto sampai perburuan individu berintelek, berikut adalah 4 misteri internet yang belum terpecahkan!


1. Penemu Bitcoin

Mata uang kripto Bitcoin adalah salah satu penemuan modern yang merubah banyak aspek kehidupan di internet. Menjadi salah satu opsi transaksi yang sering digunakan di internet, serta merubah kehidupan para investornya. Diluncurkan pada tahun 2009,

Bitcoin telah menjadi mata uang kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. Melansir dari Forbes, pada minggu pertama bulan Januari 2024 Bitcoin diperdagangkan sekitar $43,906 dengan kapitalisasi pasar sekitar $915,81 miliar.

Baca juga:  Harga Bitcoin Tembus Rp1 Miliar, Pemiliknya Bersiap Jadi OKB

Lantas  pengguna internet penasaran dengan sang intelek yang menggagaskan penemuan hebat ini. Dalam paper yang menjelaskan Bitcoin secara mendalam, diketahui bahwa penulisnya adalah seseorang bernama Satoshi Nakamoto.

Namun ini adalah nama samaran, dan menciptakan banyak spekulasi kepada beberapa nama. Pertama adalah Dorian Nakamoto, Fisikawan Jepang-Amerika yang tinggal di California dan pada Maret 2014, dia menolak dirinya terlibat dalam konspetualisasi Bitcoin secara publik.

Kemudian nama Nick Szabo, seorang ilmuwan komputer yang dispekulasi adalah Satoshi Nakamoto. Salah satu orang memulai spekulasi ini adalah Elon Musk, dia percaya bahwa Nick telah berkontribusi banyak dalam proses terciptanya Bitcoin. Sampai hari ini masih tidak ada bukti konkrit bahwa Nick adalah Satoshi Nakomoto. Misteri identitas asli penemu Bitcoin masih menjadi topik yang menarik hingga saat ini. 


2. E-mail Jack Froese

Jika misteri penemu Bitcoin penuh dengan konspirasi, misteri ini akan dipenuhi dengan unsur supranatural. E-mail Jack Froese adalah misteri yang membingungkan pengguna internet sejak dia meninggal karena serangan jantung pada bulan Juni 2011. Setelah kematiannya, teman dan keluarganya mulai menerima pesan yang dikirim melalui emailnya.

Anehnya email-email tersebut berisikan pesan yang sangat personal dan spesifik untuk para penerimanya. Beberapa pesan ini bahkan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang hanya diketahui oleh sang penerima dan Jack, seperti mengingatkan salah satu temanya untuk membersihkan loteng yang berdebu. Tentu ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana pesan-pesan ini bisa dikirim. 

Baca juga:  Waspadai Email Phising, Berikut Cara Mencegah Modus Penipuan

Teori pertama adalah akun e-mail Jack sempat direntas, namun tidak ada tanda apapun yang mengindikasi terjadinya hal tersebut. Kemudian ada teori bahwa Jack telah menyiapkan sebuah sistem e-mail otomatis, namun ini juga tidak mungkin karena beberapa pesan yang terkirim membahas kejadian yang terjadi di hari yang sama.

Serta sifat kematian Jack yang tidak terduga, membuat teori ini tidak masuk akal. Sampai sekarang siapa yang mengirim pesan melalui e-mail Jack masih belum diketahui, namun beberapa anggota keluarga dan teman Jack menggangap ini adalah pertanda baik untuk melanjutkan hidup setelah kematianya, karena ia selalu mengawasi mereka.


3. Cicada 3301

Cicada 3301 adalah serangkaian teka-teki yang diunggah pada  tahun 2012 hingga  2014. Teka-teki tersebut dirancang untuk merekrut "individu yang sangat cerdas" dengan menghadirkan serangkaian tantangan terkait keamanan data, kriptografi, steganografi, dan anonimitas internet.

Teka-teki tersebut awalnya diposting di 4chan dan dijalankan selama hampir sebulan pada bulan Januari 2012. Teka-teki putaran kedua dimulai pada tanggal 4 Januari 2013, dan putaran ketiga menyusul pada tanggal 4 Januari 2014, setelah petunjuk baru diposting di Twitter.

Status dari terpecahnya teka-teki ini masih belum diketahui hingga kini, bisa saja beberapa individu sudah berhasil memecahkanya, namun tidak mengumumkannya dimanapun.  Tujuan sebenarnya dari teka-teki ini masih menjadi misteri hingga saat ini, beberapa pengguna berspekulasi Cicada 3301 adalah perkumpulan rahasia, lembaga elit pemerintah, atau bahkan sebuah sekte.

Misteri ini menjadi salah satu misteri terbesar di internet, bahkan disebut salah satu dari "5 misteri internet paling menakutkan dan belum terpecahkan" oleh The Washington Post. 


4. Celebrity No. 6

Setelah misteri-misteri sebelumnya lumayan serius, misteri ini akan lebih santai. Celebrity No. 6 adalah misteri yang melibatkann seorang selebriti tak dikenal yang gambarnya muncul di serangkaian ilustrasi kain milik pengguna Reddit TonstaH.

Kain tersebut, yang dibeli lebih dari 10 tahun yang lalu, berisi ilustrasi berbagai selebriti, dan meskipun sebagian besar telah teridentifikasi, identitas selebriti keenam masih belum diketahui. Beberapa pengguna Reddit telah berusaha mencari sumber foto untuk  setiap ilustrasi yang ada pada kain tersebut, kecuali selebriti nomer 6. 

Beberapa teori populer termasuk model Olga Serova dan aktor Taylor Kitsch, bahkan foto lain dari Adriana Lima. Misteri ini menjadi salah satu misteri unik dan lebih banyak melibatkan pengguna-pengguna internet biasa, tidak seperti misteri sebelumnya yang melibatkan pakar-pakar dan ahli komputer untuk berdiskusi.

Baca juga:   Menggali Makna dan Teori di Balik Official Poster Film Siksa Kubur Garapan Joko Anwar

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Dialami S.coups SEVENTEEN, Berapa Lama Pemulihan Cedera ACL?

BERIKUTNYA

Intip Bocoran Tampilan iPhone SE 4, Bakal Dirilis Tahun 2025?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: