Ilustrasi buah dan sayur yang siap dijadikan cold-pressed juice (dok. Re.juve)

Hati-hati, Perhatikan Asupan Makanan saat Isoman agar Imunitas Terjaga

18 August 2021   |   16:49 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Maraknya peredaran informasi yang salah dan rumor terkait Covid-19 di tengah masyarakat memang perlu diwaspadai keberadaannya ya Genhype. Apalagi banyak muncul klaim makanan dan minuman tertentu yang dianggap ampuh menangkal Covid-19.

Padahal, masyarakat harus hati-hati loh. Sebab, pemenuhan asupan makanan yang tidak tepat justru malah akan membahayakan, terutama bagi pasien Covid-19 yang saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Dokter spesialis gizi klinik Juwalita Surapsari menuturkan kondisi yang umumnya dialami para penderita Covid-19 ialah kemungkinan kehilangan nafsu makan dan minum akibat hilangnya indra perasa.

Dalam kondisi ini, sering kali pasien akhirnya mengandalkan konsumsi makanan olahan, junk foods, serta minuman yang ditambahkan gula (berupa free sugar atau added sugar), karena dianggap bisa memenuhi keinginan untuk makan.

Padahal, makanan dan minuman dengan gula berlebih berbahaya bagi penderita Covid-19 yang mengonsumsinya. Sebab, hal itu dapat menurunkan kemampuan sel-sel imun tubuh membasmi penyebab infeksi seperti virus, sehingga respons imun tubuh menjadi tidak optimal.

“Tidak hanya menyebabkan imunitas tubuh menjadi turun, mengonsumsi free sugar atau added sugar yang berlebih juga dapat membuat kondisi psikologis seseorang ikut terganggu karena kadar gula darahnya akan cepat naik dan juga cepat turun,” tuturnya.

Karena itulah, dia menyarankan pada saat pandemi atau saat melakukan isolasi mandiri sebaiknya mengonsumsi makanan atau minuman dari bahan segar dan bukan hasil pemrosesan. Misalnya saja sayur, buah, rempah, dan kacang-kacangan ini sangat direkomendasikan karena mengandung nutrisi alami seperti vitamin C, vitamin D, zinc, selenium, zat besi, dan protein. 
 

Webinar (dok. Re.Juve)

Webinar (dok. Re.Juve)



Berbagai nutrisi ini menurutnya sangat krusial bagi tubuh yang sayangnya memang tidak selalu bisa dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari. Kondisi ini memang cukup menantang, terutama bagi pasien Covid-19 yang kehilangan nafsu makan.

“Bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri atau keluarga yang perlu memenuhi asupan nutrisi alaminya tetapi memerlukan metode yang lebih praktis, produk-produk yang memiliki standar kualitas tinggi dapat menjadi alternatif yang ideal dan minim risiko untuk kesehatan di masa mendatang,” terangnya.

Salah satu solusi yang tepat sehingga tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang cukup terutama bagi penderita Covid-19 adalah dengan mengonsumsi cold-pressed juice yang berbentuk cairan sehingga lebih gampang diserap oleh tubuh dan manfaatnya setara dengan buah dan sayur organik segar.

Cold-pressed juice sendiri menggunakan seratus persen sayur organik dan buah asli tanpa tambahan bahan apa pun yang diolah dengan teknologi yang tepat dan memiliki tingkat keamanan pangan yang tinggi seperti Cold-Pressed Juice Re.juve.

Richard Anthony, CEO dan Presiden Direktur Re.juve mengatakan salah satu nutrisi terbaik untuk menjaga imunitas adalah nutrisi dari alam yang terkandung secara alami pada sayur, buah, kacang-kacangan dan rempah-rempah yang banyak ditemukan di sekitar kita.

Dia juga menyarankan masyarakat untuk menghindari makanan dan minuman yang mendapatkan tambahan gula, tinggi garam dan mengandung tinggi lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama saat kita dalam kondisi pemulihan dari Covid-19.


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Rangkaian Turnamen & Perayaan Game Free Fire Bakal Disiarkan di GTV & RCTI+

BERIKUTNYA

Aksi Penuh Laser dalam Trailer Serial Antologi Disney Star Wars: Vision

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: