Ilustrasi menu makan siang yang simpel dan sehat. (Sumber gambar: Freepik)

6 Rekomendasi Menu Makan Siang Simpel & Sehat

25 February 2024   |   13:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Makan siang merupakan waktu makan yang penting bagi semua orang. Pasalnya, makan siang berfungsi untuk menyuplai energi dan nutrisi guna menjaga tubuh dan otak bekerja secara efisien hingga sore. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi menu makan siang sehat yang mencukupi kebutuhan gizi sehari-hari.

Mengutip situs Smunch, makan siang yang sehat bukan hanya tentang memuaskan lapar, tetapi memiliki dampak positif pada kesehatan fisik dan mental. Memilih makanan dengan bijak pada saat makan siang juga dapat meningkatkan produktivitas dan tingkat energi sepanjang hari, hingga mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Dianjurkan untuk memilih menu makan siang seimbang yang mencakup karbohidrat kompleks, protein, sayur-sayuran, buah-buahan, dan lemak sehat sehingga dapat membantu menjaga kestabilan energi hingga waktu makan malam.

Baca juga: Resep Udang Bakar Madu Pedas Manis, Cocok untuk Lauk Makan Siang Keluarga

Dilansir dari Provitamil, idealnya kebutuhan kalori yang perlu dipenuhi dalam satu porsi makan siang adalah 30 persen dari jumlah kalori yang dibutuhkan dalam sehari. Dari persentase tersebut, makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin dan mineral.

Ada banyak menu makan siang sehat dan simpel dibuat yang bisa menjadi pilihan. Bahan-bahan makanan yang digunakan juga mudah untuk didapatkan, sehingga bisa menjadi pilihan menu makan siang sehari-hari. Berikut adalah 6 menu makan siang sehat dan simpel yang bisa kalian coba. 
 

1. Sayur sop

Ilustrasi sayur sop. (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi sayur sop. (Sumber gambar: Freepik)

Sayur sup kuah bening adalah menu makan siang yang simpel dan sehat. Campuran buncis, daun bawang, kentang, dan wortel bisa memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh termasuk karbohidrat dan serat. Kalian juga bisa menambahkan irisan daging ayam atau telur kocok sebagai bahan campuran tambahan untuk memenuhi asupan protein dan lemak tubuh. 
 

2. Tumis buncis

Buncis mengandung banyak nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh seperti serat, protein, vitamin A, dan folat. Kalian bisa mengonsumsi tumis buncis sebagai menu makan siang.

Tak perlu menggunakan banyak bahan, kalian hanya perlu menumis buncis yang diiris-iris dengan bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Sebagai opsi protein, bisa juga menambahkan irisan daging dada ayam atau daging cincang. 
 

3. Capcay

Capcay juga bisa menjadi menu makan siang sehat dan simpel karena terdiri dari tumis campuran beberapa sayur, seperti wortel, sawi putih, brokoli, dan jagung. Selain itu, untuk nutrisi tambahan, bisa juga menambahkan irisan tofu atau tahu putih Jepang dan daging dada ayam. Agar semakin nikmat, tambahkan bumbu seperti saus tiram dan kecap asin pada capcay. 
 

4. Ayam panggang

Ilustrasi ayam panggang. (Sumber gambar: Angela Bailey/Unsplash)

Ilustrasi ayam panggang. (Sumber gambar: Angela Bailey/Unsplash)

Daging ayam memang kerap dipilih sebagai sumber protein berkualitas tinggi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein juga memiliki peran penting dalam menjaga kekuatan otot dan mendukung fungsi tubuh secara menyeluruh.

Selain itu, keunggulan ayam panggang terletak pada kandungan lemaknya yang rendah, terutama jika kulitnya tidak dikonsumsi. Untuk membuat ayam panggang nikmat dan sehat, kalian hanya perlu memanggangnya tanpa minyak di teflon anti lengket. Sebelum dipanggang, marinasi ayam dengan bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih bubuk, dan lada putih bubuk. 
 

5. Beef teriyaki

Beef teriyaki tidak hanya menggugah selera, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. Daging sapi, sebagai bahan utama dalam hidangan ini, menyediakan protein berkualitas tinggi yang esensial untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh.

Namun, untuk menjaga aspek kesehatan, sebaiknya pilih saus teriyaki rendah gula atau menggunakan bahan-bahan alami untuk memberikan rasa tanpa menambahkan terlalu banyak gula atau garam. Dalam hal kandungan nutrisi, beef teriyaki mengandung zat besi, zinc, vitamin B kompleks, dan selenium. 
 

6. Telur balado

Telur kerap dipilih sebagai asupan protein yang murah dan terjangkau. Sebagai pilihan menu makan siang, kalian bisa mengolah telur dengan sambal balado. Agar lebih sehat, goreng telur dengan sedikit minyak di teflon anti lengket. Begitu juga ketika menumis bumbu balado, gunakan sedikit minyak. Hal itu tidak akan mengurangi kenikmatan seporsi telur balado.

Tak hanya rasanya yang enak, telur disebut sebagai bahan makanan hewani yang mengandung hampir semua zat gizi makro dan mikro. Putih telur merupakan sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium, sedangkan kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan beberapa jenis mineral. 

Baca juga: Biar Makin Variatif, Cobain 5 Menu Olahan Telur yang Cocok untuk Sarapan dan Makan Siang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Wawancara Dokter M Sjahrir: Rahasia Membuat Kulit Sehat dan Cantik

BERIKUTNYA

5 Tempat Main Bowling di Jakarta dengan Fasilitas Lengkap

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: