Ilustrasi telur (Sumber gambar: Rayia Soderberg/Unsplash)

Biar Makin Variatif, Cobain 5 Menu Olahan Telur yang Cocok untuk Sarapan dan Makan Siang

04 July 2023   |   21:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sebagian besar penikmat telur mungkin sering mengolah panganan ini dengan cara didadar, diceplok, atau direbus untuk dijadikan lauk pendamping nasi. Tak jarang penikmatnya mulai bosan dengan sajian telur yang tampaknya begitu-begitu saja. Padahal, masih banyak resep olahan telur yang bisa dicoba.

Telur dapat dimasak dengan sajian yang lebih variatif dengan cara mengombinasikannya bersama bahan lain seperti roti, sayuran, hingga potongan cabai.

Baca juga: Resep Sosis Solo Goreng dan Basah, Kudapan Nikmat dari Belanda dengan Cita Rasa Lokal

Supaya enggak bosan dengan menu telur, yuk intip beberapa kreasi resep olahan telur yang cocok dikonsumsi untuk sarapan dan makan siang!
 

1. Egg Toast

Egg toast (Sumber gambar: Aida Solomon/Unsplash)

Egg toast (Sumber gambar: Aida Solomon/Unsplash)


Menu makanan yang ringkas biasanya sangat diperlukan untuk sajian sarapan. Meski harus cepat, ada baiknya Genhype tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi dalam menu sarapan. Salah satu menu yang bisa dicoba yakni egg toast.

Cukup siapkan dua lembar roti tawar kupas, 1 butir telur, daun selada, irisan tomat, dan mayonnaise. Masak satu butir telur dengan tingkat kematangan sesuai selera. Kamu boleh menambahkan sedikit garam dan lada ke dalamnya.

Kemudian siapkan roti tawar, letakkan telur, potongan selada dan tomat. Beri sedikit mayonnaise dan tutup dengan satu lembar roti lainnya. Dalam tumpukan roti ini suda terdapat kandungan kabohidrat, protein, vitamin, dan serat loh!
 

2. Tumis Telur Tauge

Untuk hidangan makan siang, Genhype bisa membuat tumis telur tauge yang kaya dengan kandungan nutrisi. Membuatnya juga sangat sederhana dan cepat. Cukup siapkan 50 gram tauge, 2 butir telur, irisan bawang merah dan bawang putih, kecap manis, dan garam secukupnya.

Panaskan sedikit minyak, kemudian masukkan irisan bawang merah dan bawang putih. Lalu masukkan dua butir telur dan orak arik hingga setengah matang. Terakhir, masukkan kecambah, kecap manis, dan garam secukupnya. Menu ini cocok untuk dimakan bersama nasi hangat.
 

3. Semur Telur

Ingin olahan telur yang gurih dan berkuah? Kamu bisa mengolah telur menjadi semur loh! Makanan berkuah ini menghadirkan cita rasa manis dalam kuah yang sangat nikmat jika disajikan dengan nasi putih.

Bahan-bahannya, siapkan telur, kecap manis, bawang merah dan bawang putih, cabai merah, serai, jahe, lengkuas, kayu manis, dan garam seckupnya.

Lalu, buat bumbu dasar dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai, serai, jahe, dan lengkuas. Kemudian rebus beberapa butir telur hingga matang, dan kupas telur dari cangkangnya.

Selanjutnya panaskan minyak goreng dan tumis bumbu dasar yang sudah dihaluskan. Masukan air, kayu manis, dan kecap manis. Jika airnya sudah mendidih dan sedikit menyusut, tambahkan  telur yang sudah direbus ke dalamnya. Tunggu semur telur hingga matang dan siap dihidangkan.


4. Sup Telur Jagung

Sup Telur Jagung (Sumber gambar: Nrd/Unsplash)

Sup Telur Jagung (Sumber gambar: Nrd/Unsplash)


Membuat telur mejadi hidangan sup juga menjadi salah satu menu berkuah yang bisa dinikmati saat hujan tiba. Hidangan berkuah nan hangat ini hanya membutuhkan bahan sederhana. Siapkan 100 gram jagung pipil, 2 butir telur, bawang merah dan bawang putih, daun bawang, serta penyedap secukupnya.

Iris bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Kemudian tumis bahan tersebut dengan sedikit minyak yang sudah panas,. Tambahkan jagung pipil ke dalam tumisan. Masukan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih.

Kocok dua butir telur di dalam mangkok, kemudian tuangkan kocokan telur ke dalam kuah jagung yang sudah mendidih. Tambahkan penyedap rasa secukupnya dan aduk hingga telur matang sempurna.
 

5. Sate Telur

Membuat telur menjadi olahan sate mungkin masih terdengar asing. Sate telur bisa menjadi opsi camilan mengeyangkan untuk dikudap di waktu sore. Genhype hanya perlu menyiapkan dua butir telur, tepung terigu dan tepung tapioka, seledri yang sudah diiris, minyak goreng, saus sambal, serta garam dan penyedap secukupnya. Untuk perlengkapan, jangan lupa siapkan tusuk sate dan loyang ya.

Olahan telur dimasak dengan metode kukus. Tambahkan seluruh bahan ke dalam wadah. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk hingga adonannya menyatu dan bertekstur cair.

Baca juga: 3 Resep Unik Olahan Daging yang Patut Dicoba Saat Iduladha, Maknyus & Mantap

Tuangkan adonan telur ke dalam loyang dan kukus selama 30 menit. Jika sudah matang, potong adonan telur berbentuk memanjang, lalu tusuk dengan tusuk sate. Langkah terakhir, goreng sate telur dengan minyak panas hingga kecoklatan. Angkat dan sajikan sate telur dengan saus sambal.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

7 Fakta Minato Namikaze, Shinobi Terkuat yang Melegenda di Konoha

BERIKUTNYA

Treasure Siap Rilis Album Reboot Akhir Juli 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: