Koleksi Batu Akik Adam Gallery. (Sumber foto: Hypeabis.id/Amanda Syavira)

Eksplorasi Keindahan Batu Akik di Blok M Square

19 February 2024   |   19:39 WIB

Batu akik, dengan keindahan dan keunikan alaminya, telah lama menjadi bagian integral dari warisan budaya Indonesia. Dikenal sebagai batu permata yang memiliki nilai estetika dan spiritual, popularitas batu akik terus berkembang di tengah masyarakat Indonesia.

Salah satu pusat penjualan batu akik yang menonjol, terutama di Jakarta, adalah Blok M Square. Mari kita eksplorasi fenomena popularitas batu akik di Indonesia dan bagaimana Blok M Square telah menjadi magnet bagi para pencinta batu permata.

Baca juga: Hypereport: Menjelajah Kuliner Legendaris di Jakarta, dari Glodok hingga Blok M

Jika Genhype berdomisili di Ibukota Jakarta, kalian bisa singgah ke pusat perbelanjaan Blok M Square yang dikenal sebagai salah satu pusat yang terkenal untuk batu akik. Koleksi batu-batu akik tersebut bisa ditemukan di lantai dasar mall. Salah satunya di toko Adam Gallery.

Di kios itu, Adam menjejerkan batu akik milikinya yang memiliki beragam jenis batu akik seperti batu bacan, batu kalimaya, batu ukir, batu akik pirus, dan masih banyak lagi. Adam sendiri memulai usaha batu akik sejak 2013 saat pertama kali dia terlibat dalam event atau bazar batu akik

“Awalnya tahun 2013 lalu kita mulai bikin event dan pameran hingga 2014, 2015, dan tidak pernah gagal,” ujar Adam yang juga merupakan ketua komunitas batu akik di Blok M Square kepada Hypeabis, Senin (19/2/2024).

Tidak hanya sebatas cincin, toko ini juga menawarkan liontin elegan dari batu akik, menambah variasi dan daya tarik koleksinya. Adam menjelaskan bahwa batu-batu tersebut diperoleh melalui proses hunting atau pembelian bahan mentah, yang kemudian diolah dan dipoles sendiri oleh timnya.

Harga batu akik di Adam Gallery memiliki rentang yang relatif, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta, bergantung pada kelangkaan, ukuran, dan kualitas batu. 

Koleksi Batu Akik Adam Gallery. (Sumber foto: Hypeabis.id/Amanda Syavira)

Koleksi Batu Akik Adam Gallery. (Sumber foto: Hypeabis.id/Amanda Syavira)

Tren Batu Akik

Batu akik menjadi tren yang terus berubah seiring berjalannya waktu. Menurut Adam, salah satu jenis batuk akik, yakni batu bacan, sempat terkenal setelah dipopulerkan oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Tren batuk akik terus berubah dan saat ini batu pirus menjadi yang paling diminati.

Tren ini menunjukkan bagaimana preferensi masyarakat terhadap jenis batu akik dapat berubah seiring perubahan zaman. Penciptaan desain baru, kombinasi warna yang unik, dan penggunaan batu akik dalam berbagai jenis perhiasan menjadi bagian dari evolusi tren batu akik. Para kolektor dan penjual di Blok M Square sebagai pusat batu akik pun terus mengikuti perkembangan ini, memastikan pengunjung selalu mendapatkan yang terbaik.

Selain keberadaan kolektor dan penjual toko, pelanggan setia juga menjadi bagian integral dari cerita popularitas batu akik yang bertahun dari tahun ke tahun. Farid mempertahankan kecintaannya pada batu akik selama lebih dari 20 tahun, tepatnya sejak masih duduk di sekolah dasar. Menurutnya, daya tarik batu akik terletak pada motif dan warnanya yang unik.

"Saya senang hunting batu akik di sini [Adam Gallery] karena tempatnya nyaman dan pelayanannya juga bagus. Kalau ada yang kurang pas, mereka pasti perbaiki," katanya.

Lewat kisah Adam Gallery dan antusiasme pelanggan seperti Farid, Blok M Square tidak hanya menjadi pusat perbelanjaan tetapi juga komunitas bagi budaya dan kecintaan terhadap batu akik. Dengan berbagai jenis, warna, dan motif yang ditawarkan, lokasi ini menjadi destinasi unggul bagi para pencinta batu akik.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Cara Memilih Asuransi yang Tepat untuk Keluarga

BERIKUTNYA

Daftar Pemenang People's Choice Awards 2024, Barbie dan Taylor Swift Borong Banyak Piala

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: