Beyonce. (Sumber gambar: Beyonce Official Instagram)

Beyonce Bakal Rilis Album Act II: Renaissance pada 29 Maret 2024

12 February 2024   |   21:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Mega bintang Beyonce mengumumkan akan merilis album Act II pada 29 Maret 2024. Kabar itu diumumkan Beyonce melalui unggahan sebuah teaser di akun Instagram pribadinya pada Minggu (11/2/2024). Album tersebut merupakan lanjutan dari Act I: Renaissance yang dirilis sang solois pada 2022.

Album Act II juga menjadi bagian dua dari proyek trilogi Renaissance yang digarap oleh Beyonce selama pandemi Covid-19. Proyek itu mulai digarapnya sejak tahun 2022, dengan menghadirkan lagu-lagu bertema country. Kini, hampir dua tahun berselang, Beyonce mengumumkan bagian kedua dari proyek tersebut melalui sebuah video teaser.

Baca juga: Fakta Menarik Grammy Awards, Siapa Pemegang Rekor Penghargaan Terbanyak

Dalam teaser yang dirilis, Beyonce tampak sedang mengemudi mobil klasik di sebuah gurun pasir. Adegan itu seperti mengisyarakatkan bahwa sang penyanyi ingin mengajak para penggemarnya memasuki era baru dalam perjalanan musiknya. Sebuah dunia baru dengan karya-karya musik yang berbeda dari sebelumnya.

Klip itu juga menampilkan lagu-lagu jadul seperti Maybelline karya Chuck Berry yang berasal dari radio di mobil tersebut. Tak sendiri, video itu juga menghadirkan sekelompok pria yang sedang melihat sebuah papan reklame besar, yang menampilkan gambar Beyonce mengenakan pakaian minim. Adegan itu mengingatkan pada film Paris, Texas karya Wim Wenders tahun 1984.
 


Sebagai pembuka perilisan album Act II, Beyonce tak hanya merilis video teaser. Penyanyi berusia 42 tahun itu juga baru saja meluncurkan dua single yang akan masuk dalam albumnya itu berjudul Texas Hold'Em dan 16 Carriages.

Lagu Texas Hold'Em didapuk menjadi single utama dari album Act II. Lagu tersebut ditulis oleh Beyonce bersama Elizabeth Lowell Boland, Megan Bülow dan Raphael Saadiq. Sementara produksinya dikurasi oleh penyanyi Brian Bates dan Nathan Ferraro. Dari segi aransemen musik, lagu ini menyajikan irama country dengan instrumen banjo, gitar akustik, dan viola.

Sementara 16 Carriages adalah lagu yang diproduksi oleh Beyonce bersama bersama Atia Boggs dan Dave Hamelin, serta ditulis oleh Aita Boggs dan Raphael Saadiq. Lagu tersebut menghadirkan aransemen musik country dengan instrumen perkusi. Dari segi lirik, 16 Carriages bercerita tentang hubungan orang tua dan anak-anak mereka.
 

Kabar perilisan album Act II diumumkan oleh Beyonce setelah sang bintang merampungkan tur konser Renaissance World Tour beberapa bulan lalu. Tur ini merupakan rangkaian konser solo perdananya sejak The Formation World Tour pada 2016 lalu. Renaissance World Tour dibuka pada 10 Mei 2023 di Stockholm, Swedia, dan berakhir pada 1 Oktober 2023 di Kansas City, Missouri.

Selama perhelatannya, tur konser tersebut telah digelar di 56 tempat di berbagai negara dan mendatangkan sebanyak 2,2 juta penonton. Dari jumlah tersebut, tur ini meraup pendapatan yang fantastis yakni sebesar US$461,2 juta dan menjadi tur Beyonce yang paling laris sepanjang kariernya.

Sesuai judulnya, konser ini merupakan bagian dari rangkaian promosi album terbaru Beyonce, Renaissance, yang dirilis pada 29 Juli 2022. Album ini digarap oleh Beyonce pada masa pandemi Covid-19 dan menjadi semacam ungkapan pelariannya selama menjalani masa isolasi. Isi lirik lagu-lagunya mengeksplorasi tentang pelarian, hedonisme, kepercayaan dan ekspresi diri.

Lewat lagu-lagu dalam album itu, penyanyi yang dijuluki Queen Bey itu mencoba menyuarakan semangat mencari kebebasan melalui musik dansa. Hal itu terdengar dari lagu-lagunya yang mengusung musik dansa bernuansa 1970-an seperti disko dan house

Album Renaissance pun sukses di pasaran. Album tersebut berada di puncak tangga lagu Billboard 200 AS, dan menjadi album dari musisi perempuan pertama yang menempati posisi itu pada 2022. Selain itu, album tersebut juga dinobatkan sebagai album terbaik tahun 2022 oleh sejumlah media seperti Los Angeles Times, The New York Times, NPR, Pitchfork, dan Rolling Stone.

Perjalanan tur dunia itu pun terangkum dalam film konser bertajuk Renaissance: A Film by Beyonce yang dirilis pada 1 Desember 2023. Film itu merangkum perjalanan Renaissance World Tour, mulai dari awal, pembukaan di Stockholm, Swedia, hingga final di Kansas City, Missouri. Termasuk, menunjukkan keterlibatan dan kerja keras Beyoncé dalam setiap aspek produksi, pikiran kreatif dan tujuan untuk menciptakan konser yang tak terlupakan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Memaknai Artikulasi Sejarah & Identitas dari Mata Tintin Wulia

BERIKUTNYA

5 Ide Seru Rayakan Valentine Bersama Pasangan, Cafe Hopping dengan Promo Pemilu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: