Grammy Awards (Sumber gambar: Grammy Awards)

Fakta Menarik Grammy Awards, Siapa Pemegang Rekor Penghargaan Terbanyak

05 February 2024   |   10:44 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Perhelatan Grammy Awards tahun ini memasuki edisi ke-66. Ajang penghargaan musik Amerika Serikat ini yang memiliki sejarah panjang ini selalu jadi sorotan, terutama untuk melihat sejauh mana pencapaian para aktris dan penyanyi yang meraih sukses tahun ini.

Grammy Awards adalah ajang yang pertama kali diinisiasi oleh para pelaku industri rekaman di era 1950-an. Saat itu, pelaku industri musik menginginkan sebuah ajang penghargaan berkelas layaknya Oscar atau Academy Awards di industri perfilman atau Emmy Awards untuk televisi.

Baca juga: Cek Daftar Lengkap Nominasi Grammy Awards 2024, Ada SZA & Taylor Swift 

Mereka kemudian mencetuskan ajang Gramophone Awards yang pertama kali diadakan pada 4 Mei 1959. Nama ini kemudian berganti menjadi Grammy Awards dan terus berlangsung menjadi salah satu ajang penghargaan musik paling bergengsi di dunia.

Setiap tahunnya, Grammy Awards tidak akan pernah absen untuk dibicarakan. Selain menjadi salah satu penghargaan bergengsi bagi insan musik seluruh dunia, Grammy Awards juga memiliki fakta menarik yang mungkin tidak diketahui khalayak.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang ajang Grammy Awards:


1. Elvis Presley Raih 14 Nominasi Sepanjang Kariernya

Secara total, Elvis telah mengumpulkan 14 nominasi Grammy sepanjang kariernya. Dia menerima tiga penghargaan pertamanya di Grammy Awards ke-2 pada 1960, salah satunya lewat A Big Hunk O Love yang meraih Best Rhythm & Blues Performance.

Selain itu, fakta yang tidak banyak diketahui adalah Elvis memenangkan ketiga GRAMMY Awards dalam kategori gospel. Dia membawa pulang kategori Penampilan Inspirasional Terbaik tahun 1972 untuk He Touched Me. Kemudian, dua tahun setelahnya dia memenangkan kategori itu lagi untuk versi live How Great Thou Art.

Tak hanya itu, karya bertajuk Are You Lonesome Tonight? hingga That's All Right, single klasik Elvis ini telah dinobatkan juga ke dalam GRAMMY Hall Of Fame. Pada 1971, Elvis juga menjadi artis keenam yang menerima Penghargaan Prestasi Seumur Hidup dari Recording Academy.


2. Adele Sapu Bersih Record and Song Of The Year

Adele membuat sejarah GRAMMY dengan menjadi artis pertama yang menyapu bersih Record and Song Of The Year dan Album Of The Year sebanyak dua kali. Capaian ini diraih berkat lagunya berjudul Hello dan album bertajuk 25.

Adele juga sebelumnya memenangkan tiga penghargaan pada 2011 untuk kategori Record dan Song Of The Year untuk Rolling In The Deep dan Album Of The Year untuk 21. Selain itu, Adele juga menjadi artis solo wanita kedua yang memenangkan Album Of The Year dua kali setelah Taylor Swift lewat Fearless dan 1989.


3. Megadeth Menang Setelah 12 Nominasi

Untuk memenangkan penghargaan pertamanya, Megadeth perlu menunggu waktu yang sangat lama. Band metal veteran ini bahkan telah menerima 11 nominasi Grammy sebelumnya. Namun, tak ada yang berbuah hasil untuk kategori yang diincarnya. Barulah pada 2016, mereka meraih kategori Best Metal Performance untuk album studio bertajuk Dystopia.

"Wow! Fantastis. Hanya butuh 12 kali percobaan untuk mendapatkan ini," sindir pendiri Megadeth Dave Mustaine saat pidato penerimaannya.


4. Ada Kakak Beradik yang Pertama kali Menang di Kategori Berbeda

Ada kakak beradik musisi yang memenangkan kategori berbeda di Grammy. Dialah Solange dan Beyonce. Solange membawa pulang penghargaan Grammy pertamanya untuk kategori Penampilan R&B Terbaik dengan Cranes In The Sky sementara Lemonade karya Beyoncé memenangkan Album Kontemporer Urban Terbaik.


5. Grammy Baru Disiarkan Televisi pada Edisi ke-13

Grammy Awards pertama diadakan pada tanggal 4 Mei 1959, di Beverly Hilton di Los Angeles. Ada 28 kategori yang diperlombakan ketika itu. Yang paling terkenal dalam edisi pertama ini adalah ketika Komposer Henry Mancini kategori album terbaik dengan The Music from Peter Gunn, sementara penyanyi Italia Domenico Modugno memenangkan rekaman dan lagu terbaik dengan Nel Blu Dipinto di Blu (Volare) .

Namun,semua itu belum disiarkan di televisi. Sebab, baru di penghargaan Grammy Tahunan ke-13 pada tahun 1971, ajang ini untuk pertama kali disiarkan di televisi. Ajang ini disiarkan dari Hollywood Palladium.


6. Rekor Penghargaan

Michael Jackson dan Santana memegang rekor Grammy terbanyak yang dimenangkan dalam satu malam. Keduanya sama-sama pernah meraih delapan penghargaan. Jackson melakukannya pada 1984, sedangkan Santana pada 2000. Adapun, rekor Grammy Awards terbanyak yang dimenangkan seumur hidup dipegang oleh Beyoncé, yang telah memenangkan 32 penghargaan. Sebelumnya rekornya ini dipegang oleh Sir Georg Solti, seorang konduktor Hongaria-Inggris, yang memenangkan 31 penghargaan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2024, Taylor Swift Menangkan Album Terbaik

BERIKUTNYA

Jadwal Semifinal dan Final AFC eAsian Cup 2024 5 Februari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: