Fitur Live Translate Samsung Galaxy S24 (Sumber gambar: Dok. Samsung)

3 Cara Memanfaatkan Fitur Live Translate di Samsung Galaxy S24

25 January 2024   |   09:47 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Samsung memulai era smartphone baru dengan pemanfaatan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk produk terbaru, Galaxy S24. Sebagaimana diketahui, ponsel teranyar Samsung ini mengadopsi teknologi AI untuk memaksimalkan fitur-fitur on-device.

Selain fitur Circle to Search with Google yang paling disorot dari Galaxy S24, ada pula fitur lain yang cukup menarik untuk dieksplorasi oleh pengguna Galaxy S24. Salah satunya adalah pemanfaatan AI berbasis bahasa.

Samsung mendorong teknologi AI untuk berkomunikasi melalui fitur berbasis on device dan on cloud yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan secara langsung, melalui teks, hingga melalui telepon. Apa saja fitur live translate yang bisa dieksplorasi dari Galaxy S24?

Baca juga:  Mengenal Circle to Search with Google, Fitur Pencarian Paling Disorot di Galaxy S24

 

Contoh fitur live translate Samsung Galaxy S24 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Contoh fitur live translate Samsung Galaxy S24 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


1. Interpreter

Samsung telah  menyematkan fitur on-device translate melalui interpreter di Galaxy S24. Dengan fitur ini, pengguna Galaxy AI bisa menerjemahkan pembicaraan dari lawan bicara secara tatap muka atau langsung. Fitur interpreter ini akan muncul pada tampilan multi-window sehingga pengguna bisa melihat secara langsung tiap kalimat yang diterjemahkan oleh AI.

Fitur ini akan berfungsi maksimal saat pengguna sedang melakukan perjalanan ke luar negeri dan perlu menanyakan sesuatu pada warga lokal. Menariknya, fitur translate melalui interpreter ini bisa digunakan meski tidak tersabung dengan internet atau Wi-Fi.

Pengguna cukup mengaktifkan fitur interpreter ini melalui pengaturan, kemudian unduh bahasa yang ingin diaktifkan untuk fitur interpreter. Hingga saat ini, Galaxy S24 sudah menyediakan 13 bahasa termasuk Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Bahasa Korea, dan lainnya. 


2. Live Translate

Salah satu fitur terjemahan lain yang bisa dijajal adalah telepon lintas bahasa. Samsung telah menggunakan kemampuan AI di dalam perangkat untuk menjembatani komunikasi lintas bahasa melalui telpon.

Fitur live translate melalui telpon ini bekerja dengan cara menerjemahkan langsung kalimat per kalimat yang dilontarkan lawan bicara secara real-time melalui perantara penerjemah dari AI.

Fitur ini membantu pengguna membuat reservasi hotel, restoran, hingga konsultasi dengan lawan bicara yang menggunakan bahasa asing. Menariknya, fitur terjemahan on-device ini hanya diproses oleh AI dan hanya terjadi di dalam smartphone, sehingga percakapan yang berlangsung lebih aman dan tetap menjaga privasi. Untuk mengaktifan fitur ini, pengguna cukup menekan tombol Call Assist yang akan muncul saat panggilan dinyalakan secara otomatis.
 

3. Chat Assist

Tak hanya fitur terjemahan secara tatap muka dan telepon, pengguna Galaxy S24 juga bisa terbantu dengan fitur chat assist untuk berkomunikasi dengan pengguna yang menggunakan bahasa asing. Fitur ini tersedia di beberapa platform media sosial seperti Instagram direct message (DM), WhatsApp, dan platform lainnya.

Karena sudah masuk dalam fitur on-device, pengguna tidak perlu lagi mengunduh aplikasi ketiga. Didukung dengan Samsung Keyboard, pengguna pun bisa menerima saran gaya bahasa, misalnya kasual atau formal, dan saran jawaban berdasarkan percakapan yang berlangsung. 

Baca juga: 3 Kecanggihan AI dalam Samsung Galaxy S24 Series: Info Brand Outfit hingga Destinasi Wisata

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Mengenal Circle to Search with Google, Fitur Pencarian Paling Disorot di Galaxy S24

BERIKUTNYA

Film Outfit of the Designer & Pemukiman Setan Tayang Hari Ini di Bioskop, Cek Sinopsisnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: