Ilustrasi lari di jalanan saat car free day (Sumber gambar: pexels/ cottonbro studio)

Jadwal Car Free Day Minggu 21 Januari 2024

18 January 2024   |   17:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu aktivitas yang kerap menjadi pilihan setiap minggu pagi bagi masyarakat di ibu kota negara DKI Jakarta adalah lari-lari kecil atau joging. Kegiatan menyehatkan itu dapat dilakukan di sejumlah jalan yang menjadi titik hari bebas tanpa kendaraan atau car free day

Semua kendaraan, baik mobil atau motor tidak boleh melintasi ruas jalan yang menjadi spot car free day. Dengan begitu, masyarakat dapat dengan bebas melakukan berbagai aktivitas di ruas tersebut tanpa harus terganggu dengan kendaraan yang lewat.

Baca juga: Cek Jadwal Car Free Day di Jakarta Minggu 14 Januari 2024

Salah satu ruas jalan di ibu kota yang kerap menjadi titik car free day adalah Jl. Sudirman – Thamrin. Di ruas itu, banyak warga ibu kota menikmati Jakarta pada pagi hari dan gedung-gedung tinggi di sekitarnya ketika tanpa kendaraan dan asap yang ditimbulkan.

Jl. Sudirman-Thamrin hanyalah salah satu saja. Di ibu kota negara, ada banyak ruas jalan yang menjadi tempat pelaksanaan car free day. Berikut sejumlah jalan yang menjadi spot ajang hari bebas kendaraan di Jakarta pada 21 Januari 2024 atau Minggu ketiga.


1. Jl. Jenderal Sudirman – Jl. M.H. Thamrin

Pada Minggu, 21 Januari 2024, masyarakat bisa menikmati CFD lantaran jadwal pelaksanaan hari tersebut adalah setiap Minggu dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Pelaksanaan car free day di tempat ini adalah dari Bunderan Hotel Indonesia sampai Bunderan Senayan.

Aktivitas CFD di Jl. Jenderal Sudirman – Jl. M.H. Thamrin kerap menjadi pilihan banyak orang di dalam negeri. Selain untuk berolahraga, tempat ini juga menyajikan pemandangan gedung-gedung tinggi karena salah satu jalan utama di Jakarta.


2. Jl. Suryopranoto, Jakarta

Minggu, 21 Januari 2024 adalah akhir pekan ketiga pada Januari tahun ini. Jadi, tempat hari bebas kendaraan lainnya yang ada di Jakarta adalah di Jl. Suryopranoto. Penerapan CFD di ruas jalan ini adalah pada Minggu ketiga setiap bulan.

Penyelenggaraan CFD di Jl. Suryopranoto berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Saat CFD diterapkan, tidak satu kendaraan pun yang dapat melintas, sehingga mayarakat bisa melakukan berbagai kegiatan.


3. Jalan layang non-tol Pangeran Antasari

Tempat lainnya yang juga menjadi titik penerapan hari bebas kendaraan pada Minggu, 21 Januari 2024 adalah jalan layang non-tol Pangeran Antasari lantaran pemberlakuan CFD di ruas jalan ini setiap minggu dalam satu tahun.

Jadwal CFD di jalan layang non-tol Pangeran Antasari biasanya berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Sama dengan tempat lain, Genhype juga bisa melakukan berbagai aktivitas di ruas jalan ini tanpa perlu khawatir terganggu atau tertabrak dengan kendaraan yang melintas.


4. Jl. Karet Pedurenan

Hari bebas kendaraan di Jakarta juga akan ada di Kecamatan Setiabudi, yakni sepanjang Jalan Karet Pedurenan lantaran di ruas jalan ini pemerintah menerapkan CFD pada minggu ketiga setiap bulannya.

Waktu CFD di jalanan ini satu jam lebih cepat jika dibandingkan dengan banyak tempat di ibu kota DKI Jakarta. Genhype dapat menikmati jalan tanpa kendaraan dari pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB dan melakukan berbagai aktivitas.


5. Jl. Danau Sunter Selatan

Hari bebas kendaraan bermotor juga ada di Jl. Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara pada 21 Januari 2024 lantaran di ruas ini CFD diadakan setiap Minggu ketiga setiap bulan.

Tempat persis pelaksanaan CFD di Jl. Danau Sunter Selatan adalah dari persimpangan Danau Sunter Selatan/Danau Permai Timur sampai dengan persimpangan Danau Sunter Selatan/Danau Sunter Utara.

Baca juga: 9 Lokasi Car Free Day 24 Desember 2023 di Jabodetabek

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Sutradara Kate Herron Dikabarkan Garap Salah Satu Episode The Last Of Us Musim ke-2

BERIKUTNYA

Waspadai Apa Itu Computer Vision Syndrome, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: