Ilustrasi donat. (Sumber gambar: Serghei Shavchiuc/Unsplash)

Resep Donat Kentang Lembut & Empuk, Cobain Yuk Genhype!

05 January 2024   |   09:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat musim hujan seperti sekarang, kalian mungkin jadi lebih sering menyeduh secangkir kopi atau teh guna menghangatkan badan. Menikmati minuman hangat tentu kurang lengkap tanpa kudapan, misalnya donat. Penganan berbentuk cincin itu menjadi sajian yang sering dihidangkan sebagai camilan saat sedang luang.

Donat adalah roti goreng yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, kuning telur, ragi, dan mentega. Donat paling umum berbentuk seperti cincin dan biasanya ditaburi dengan meses atau gula halus. Sedangkan donat dengan bentuk bundar diisi dengan isian (topping) manis seperti selai, jelly krim, cokelat, atau custard. Adapun, lubang pada donat berbentuk cincin dimaksudkan agar adonan cepat matang sewaktu digoreng. 

Donat juga merupakan penganan yang mudah didapatkan, mulai dari pedagang keliling, gerai-gerai kecil, hingga di kafe-kafe besar. Donat dijajakan dengan beragam bentuk, topping, hingga bahan adonannya. Salah satu yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima adalah donat kentang. 

Baca juga: Resep Donat Bomboloni Super Empuk Isi Selai Strawberry dan Vanilla Custard
 

f

Ilustrasi donat. (Sumber gambar: Z Graphica/Unsplash)

Tekstur kentang yang lembut membuat adonan donat pun menjadi lebih empuk. Selain itu, donat kentang juga bisa menjadi alternatif makanan yang lebih sehat khususnya bagi kelompok yang menghindari makanan gluten, lantaran pembuatannya meminimalisir penggunaan tepung terigu.

Di samping itu, sebagai salah satu sumber karbohidrat, mengonsumsi kentang juga bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh antara lain membantu mengendalikan kadar gula darah, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan tekanan darah, hingga menjaga kesehatan jantung.

Meski membuat donat kentang terkesan mudah, kalian harus cermat dalam memasaknya agar adonan yang dihasilkan bisa empuk dan lembut. Jika tidak, bukan tidak mungkin donat yang dibuat justru akan bantet alias tidak mengembang. Bagi kalian yang ingin membuat camilan di rumah, berikut adalah resep donat kentang empuk yang bisa dicoba. 
 

Resep Donat Kentang Empuk & Lembut
 

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram kentang, kukus dan haluskan
  • 2 kuning telur
  • 80-90 ml susu cair dingin
  • 30 gram margarin
  • 40 gram gula pasir
  • 1 1/2 sdt ragi
  • 1/4 sdt garam


Bahan-bahan Taburan:

  • Margarin secukupnya
  • Meses secukupnya
  • Gula halus secukupnya


Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah yang agak besar lalu masukkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi lalu aduk sampai tercampur rata.
  2. Tambahkan kentang halus, kuning telur, dan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk. Uleni adonan menggunakan tangan sampai setengah kalis.
  3. Tambahkan margarin dan garam lalu uleni lagi adonan sampai benar-benar kalis sekitar 20 menit. Jika perlu, uleni adonan di atas meja bersih lalu taburkan sedikit tepung terigu.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Bulatkan adonan sampai seluruh permukaannya halus lalu sisihkan di wadah loyang yang telah ditaburi tepung terigu.
  5. Tutup loyang menggunakan kain dan istirahatkan adonan selama 25 menit agar mengembang. Pipihkan adonan secara perlahan lalu buat lobang pada tengahnya hingga berbentuk cincin. Lalu, diamkan lagi adonan sekitar 20 menit.
  6. Siapkan wajan dan panaskan minyak secukupnya. Goreng donat dengan api kecil hingga mengembang dan warnanya kecokelatan. Agar tidak banyak menyerap minyak, cukup balik donat satu kali saat digoreng.
  7. Jika sudah matang, angkat donat lalu tiriskan. Taburkan meses atau gula pasir pada permukaan donat sesuai selera sebagai pelengkap. Donat Kentang pun siap dinikmati.
Baca juga: Resep Donat ala J.CO, Begini Rahasianya Agar Adonan Lembut

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Spesifikasi & Fitur Huawei FreeClip, Rilis 11 Januari 2024 di Indonesia

BERIKUTNYA

Daftar Pemain Serial The Brothers Sun di Netflix, Ada Michelle Yeoh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: