Kuliner Dendang Rasa Sumatra & Jawa (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Pesta Kuliner Ragam Warisan Leluhur di Dendang Rasa Sumatra & Jawa

02 January 2024   |   22:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sama seperti negara-negara di dunia yang memiliki kuliner khas, Indonesia juga tak mau kalah menyajikan hidangan ikonik yang telah menjadi warisan bangsa. Aneka ragam masakan tradisional ini telah diwariskan turun-temurun dari nenek moyang hingga generasi terkini.

Masakan khas wilayah Sumatra dan Jawa misalnya, selalu sukses membuat para perantau merindukan kampung halamannya. Tak perlu jauh pulang ke tanah kelahiran, para perantau tetap bisa menikmati makanan khas Sumatra dan Jawa yang dihadirkan Bunga Rampai, sebuah restoran fine dining yang khusus menyajikan menu-menu khas nusantara. 

Baca juga: Kaleidoskop 2023: 8 Kuliner yang Viral & Bisa Jadi Ide Bisnis, Ada Seblak Rafael & Cromboloni

Sebagai restoran hidangan Nusantara di ibu kota, Bunga Rampai membawa aneka kuliner warisan nenek moyang sebagai cara merayakan keberagaman masakan Indonesia melalui festival rutin. Tahun ini, festival makanan Bunga Rampai mengambil tema Dendang Rasa Sumatra & Jawa.

Sajian makanan khas Jambi, Palembang, Jepara, Betawi, dan lainnya mewarnai daftar menu restoran Bunga Rampai selama Desember 2023. Festival ini tak hanya bertujuan merayakan kelezatan menu  Nusantara, tetapi juga menyambut momen Hari Ibu, Natal, dan Tahun Baru 2024. 
 
Festival makanan ini dibagi menjadi dua bagian mengikuti pilihan menunya. Kelezatan makanan khas Jawa, mulai dari gurihnya Soto Gandul hingga legitnya jajanan pasar Jawa tersaji di ruangan sebelah kiri restoran Bunga Rampai.  Sementara penggemar gurihnya rempah khas Sumatra tak boleh ketinggalan mencicipi sup ikan patin, sate lidah, rendang, hingga pempek di ruangan menu-menu Sumatra di sebelah kanan restoran Bunga Rampai.
 

Kuliner Dendang Rasa Sumatra & Jawa (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Kuliner Dendang Rasa Sumatra & Jawa (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Chef Bunga Rampai Harna Riyanto menyebutkan, menu-menu tersebut telah melalui proses kurasi yang ketat. Tim juga memilih jenis makanan yang terasa familiar di lidah masyarakat Indonesia secara umum. “Kita punya seluruh daftar makanan Sumatra dan Jawa, lalu kita pilih  sekitar 60 menu terbaik, 30 menu masakan Jawa dan 30 menu masakan Sumatra,” kata Chef Harna.
 
Di antara 60 menu tersebut, Chef Harna menyatakan bahwa rendang merupakan menu yang menjadi highlight untuk masakan Sumatra, sementara nasi liwet merupakan menu yang diandalkan untuk masakan Jawa. Dia menjelaskan, seluruh olahan masakan dalam festival ini mengikuti resep asli turun-temurun dengan cita rasa otentik.

Kuliner Dendang Rasa Sumatra & Jawa (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Kuliner Dendang Rasa Sumatra & Jawa (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Bahkan, untuk mempelajari makanan asli Palembang, Chef Harna sempat terjun langsung ke Bumi Sriwijaya untuk mengulik makanan otentiknya. “Kita pure autentik dari menu daerahnya, makanya kita sempat riset ke daerah untuk mengetahui cara pengolahan masakannya,” imbuhnya.

Ke depannya, Chef Harna bersama tim Bunga Rampai pun berencana mengeksplorasi menu-menu khas dari daerah lainnya. “Kuliner Indonesia itu ada banyak sekali. Ke depannya akan kita eksplorasi lagi. Dalam waktu dekat, mungkin nanti ada beberapa menu tambahan seperti sate Padang,” katanya. 

Baca juga: Hypereport: Menjelajah Kuliner Legendaris di Jakarta, dari Glodok hingga Blok M

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Melirik Naiknya Tren Martial Arts di Balik Fenomena Resolusi Tahun Baru

BERIKUTNYA

7 Hal yang Bakal Jadi Tren Desain Interior Ruang Tamu 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: