Steam Year in Review (Sumber gambar: Steam)

Cara Membuat Steam Year in Review 2023, Ajang Gamers Unjuk Game yang Dimainkan dalam Setahun

21 December 2023   |   19:32 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Akhir tahun selalu disemarakkan dengan kilas balik atau rangkuman aktivitas dalam setahun. Momen ini turut dimanfaatkan oleh berbagai platform. Tren rangkuman aktivitas ini rutin dilakukan oleh platform musik seperti Spotify dalam Spotify Wrapped, hingga platform game seperti Steam yang rutin mengadakan Steam Year in Review.

Tahun ini, Steam juga menghadirkan fitur rangkuman game yang dimainkan selama setahun tersebut. Melalui fitur ini, gamers bisa membagikan beragam aktivitas bermain game melalui Steam sepanjang 2023. Fitur ini memungkinkan pengguna Steam menemukan genre game teratas yang sering dimainkan hingga statistik lengkap permainan game sepanjang tahun.

Pengguna bisa mendapatkan rangkuman fakta ini dalam 1 halaman dan melihat tiap rincian statistiknya lebih lengkap saat menggulir ke bagian bawah akun.
 

Steam Year in Review (Sumber gambar: Steam)

Steam Year in Review (Sumber gambar: Steam)


Steam membuat fitur ini lengkap dengan total keseluruhan game yang dimainkan, termasuk game baru yang diunduh sepanjang 2023 dan game-game unduhan tahun sebelumnya yang masih dimainkan pengguna Steam pada tahun ini. Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah persentase permainan gamers saat memainkan game dengan atau tanpa kontroler.

Karena Steam dikenal populer dengan fitur achievements atau pencapaian dalam game, Steam Year in Review juga menjabarkan total pencapaian yang diraih oleh gamers melalui keseluruhan game. Kemudian akan ditampilkan pula game teratas yang dimainkan oleh pengguna Steam lengkap dengan persentase bermain, jumlah bermain, hingga waktu bermain.

Kemudian pada bagian akhir, gamers dapat melihat statistik perbandingan permainan game dengan seluruh komunitas yang tergabung sebagai pengguna Steam. Statistik tersebut menampilkan jumlah pencapaian, game, total hari bermain, genre game, hingga aktivitas akun seperti jumlah penambahan teman dan jumlah perangkat yang digunakan dalam memainkan sebuah game termasuk di Steam Deck.

Steam juga membuat fitur dalam Steam Year in Review ini dalam statistik bulanan, sehingga gamers bisa mengetahui waktu terlamanya dalam memainkan sebuah game dari bulan ke bulan selanjutnya. Agar bisa mendapatkan informasi kilas balik Steam ini, pengguna harus memiliki akun Steam yang aktif mengunduh dan bermain game paling tidak pada tahun ini.

Untuk membuat Steam Year in Review 2023, pengguna Steam bisa mengikuti cara berikut:
  1. Login ke akun Steam dengan mengisi username dan password Steam
  2. Ketik Steam Year in Review 2023, lalu klik tautan kilas balik di laman Steam
  3. Statistik mengenai kilas balik game di platform Steam selama setahun akan otomatis ditampilkan
  4. Jika ingin membagikan rangkuman Steam Year in Review 2023 ke media sosial lain, pengguna bisa mengklik tombol share dan mengunduh format gambar yang sesuai dengan cara menyimpan gambar
  5. Selanjutnya, gambar statistik tersebut dapat dibagikan ke media sosial seperti Instagram Story, X, dan lainnya.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Steam Hadirkan Fitur Privasi Terbaru, Pengguna Bisa Sembunyikan Gim Favorit

BERIKUTNYA

PHR Zona 1 Sabet Penghargaan Dua Emas dan Empat Hijau di Ajang PROPER 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: