Ilustrasi Kota Bandung (sumber gambar Unsplash/Zulfikar Arifuzzaki)

Masuk 10 Kota dengan Makanan Terbaik Versi TasteAtlas, Cek 5 Kuliner Khas Bandung

19 December 2023   |   22:41 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki keberagaman kuliner, baik makanan maupun minuman khas dengan cita rasa yang lezat dan terkenal. Bahkan, tidak sedikit wisatawan mancanegara yang sengaja datang ke Tanah Air untuk berburu kuliner lokal karena kelezatan rasa yang autentik.

Belum lama ini, TasteAtlas membuat daftar 100 kota degan kuliner terenak di dunia, dan memasukkan Kota Bandung, ke daftar 10 besar kota tersebut. Bahkan, kota Kembang ini berhasil mengalahkan kota wisata kuliner terkenal di dunia.

Ibu kota Jawa Barat itu bersaing dengan kota seperti Roma, Naples, Tokyo, Osaka, Hong Kong, dan Turin. Selain itu, Bandung juga berhasil menyingkirkan nama-nama kota dengan kulinernya yang maknyus seperti Beijing, Paris, dan Bangkok.

Baca juga: 10 Jajanan Pinggir Jalan Terbaik di Dunia Versi Taste Atlas, Ada Siomay & Batagor
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TasteAtlas (@tasteatlas)


Selain Bandung, tujuh kota di Indonesia juga masuk dalam daftar ini. Kota-kota itu adalah Jakarta yang berada di urutan 11, Surabaya ke-16, Padang ke-42, dan Malang ke-49. Kemudian ada juga Yogyakarta di peringkat ke-58, Seminyak posisi ke-67, dan Ubud di peringkat ke-86.

Lantas, kuliner apa saja yang populer di Bandung, dan direkomendasikan oleh laman panduan perjalanan seputar kuliner yang berbasis di Kroasia itu? Nah, biar enggak penasaran, berikut Hypeabis.id rangkumkan 5 di antaranya.


1. Batagor 

Bagi masyarakat Indonesia, batagor merupakan salah satu jajanan yang sering dijumpai di setiap hampir setiap sudut-sudut kota besar, termasuk Bandung. Adapun, menurut TasteAtlas, salah satu yang terkenal adalah Batagor Kingsley dan Batagor Yunus.

"Rahasia rasa autentiknya ada pada bumbu kacangnya yang hadir dalam dua variasi, pedas dan biasa," kata Evi Sri Rezeki yang menulis di laman TasteAtlas. 

Batagor sendiri, dibuat dari bahan berupa pangsit ikan goreng yang disajikan dengan sambal kacang. Ikan yang paling umum digunakan untuk membuat hidangan ini adalah tuna, mackerel, dan udang. 
 

2. Mie kocok

Kuliner lain yang juga direkomendasikan oleh TasteAtlas adalah mie kocok. Sebagai surga kuliner, Bandung memang banyak memiliki tempat mie kocok legendaris, mulai dari mie kocok Persib, mie kocok Mang Dadeng, dan masih banyak lagi.

Sesuai dengan namanya, mie kocok merupakan hidangan mi memiliki cita rasa kaldu sapi khas kota Bandung. Hidangan ini terdiri atas mie kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil, tauge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng. 

Istilah penggunaan nama kocok dalam nama hidangan ini merujuk kepada proses memasaknyam yaitu dengan mengocok-ngocok mi dalam wadah logam bolong-bolong bergagang, seraya mencelupkannya ke dalam air panas hingga mie-nya matang. 
 

3. Kupat tahu

Rekomendasi kuliner selanjutnya adalah kupat tahu, yang juga bisa banyak ditemui di pinggir jalan Kota Bandung. Secara umum, hidangan ini hampir mirip dengan tahu campur, atau tahu gimbal di Jawa Tengah, tapi dengan isian, dan bumbu yang sedikit berbeda.

Adapun, beberapa warung makan kupat tahu di Bandung yang populer di masyarakat adalah kupat tahu Pasar Cihapit, kupat tahu Gempol, dan kupat tahu Padalarang. Kemudian, ada juga kupat tahu Cicendo, kupat tahu Petis Alkateri, dan masih banyak lagi.
 

4. Soto Bandung

Soto memang telah menjadi salah satu makanan populer dan mudah ditemukan hampir di setiap kota di Indonesia, tak terkecuali di Bandung. Adapun, salah satu ciri khas Soto Bandung dibanding varian soto lainnya di Indonesia, adalah memiliki kuah bening, dan ada irisan lobak di dalamnya.

Adapun, beberapa tempat Soto Bandung yang wajib dikunjungi saat pelesiran ke kota ini adalah Soto Bandung Pak Simon, dan Soto Bandung Boscha 16. Kendati begitu, berbagai varian soto lain  seperti Soto Madura, Soto Lamongan, Soto Boyolali, atau Soto Kudus, bisa juga ditemukan di kota ini.
 

5. Nasi kuning

Nasi kuning juga menjadi salah satu rekomendasi kuliner yang harus disantap saat berkunjung ke Kota Bandung. Namun, selain itu TasteAtlas juga mencatat beberapa tempat populer untuk menikmati makanan tradisional di kota Paris van Java ini.

Beberapa di antaranya seperti, Warung Nasi Ibu Imas, yang terkenal dengan menu karedoknya. Lalu ada pula Serabi Kinca Suji, Armor Kopi, Lemper Purnama, Baso Tahu Mang Ade, dan masih banyak lagi kuliner lain yang bakal memanjakan lidah Genhype.

Baca juga: Rawon Jadi Sup Terenak di Dunia Versi Taste Atlas, Ini Daftar Lengkapnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Film yang Bakal Tayang Pada Penghujung 2023

BERIKUTNYA

Thomas Lionar dan Pesan Pembelajaran dari Pameran Clap

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: