Phantom X2 Pro yang dirilis akhir tahun lalu. (Sumber gambar : Tecno)

Tecno Kenalkan 3 Teknologi Kamera Canggih, Bakal Ada di Seri Phantom X

12 December 2023   |   06:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tecno meluncurkan tiga teknologi kamera mutakhir untuk ponsel cerdasnya. Mulai dari aperture variable berbentuk W, lensa makro telefoto cari, hingga universal tone untuk menyempurnakan kulit manusia, kombinasi ini diklaim tidak hanya meningkatkan kualitas gambar tetapi memberikan pengalaman fotografi profesional.

Diumumkan dalam acara Tecno Fitire Lens di Shanghai, teknologi aperture yang dapat disesuaikan menjadi bentuk W yang sudah dipatenkan merupakan terobosan baru dalam mengelola cahay lebih presisi dan mencegah silau pada gambar.

Terinspirasi dari mata sotong (keluarga cumi-cumi), bukaan lensa ini membantu pengguna untuk menangani situasi cahaya latar dengan mudah, sehingga menghasilkan gambar yang tidak hanya lebih jelas, namun juga lebih kaya dalam detail dan warna. 

Baca juga: Hypereport: Upgrade Cip, Kamera & Fitur AI Bakal Jadi Tren Gawai Pintar 2024

Mengutip Gizmochina, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bentuk aparture variable bionik ini membantu menyeimbangkan tingkat cahaya yang tidak merata pada lingkungan sekitar objek.

“Melalui dedikasi tanpa henti terhadap penelitian dan pengembangan independen, kami secara konsisten mendorong batas-batas teknologi pencitraan,” ujar Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Citra TECNO Xiaohan Huang, dikutip dari Gizmochina, Senin (11/12/2023).

Teknologi berikutnya, lensa makro telefoto cair. Tecno menggabungkan kekuatan lensa telefoto dan makro dalam bentuk yang ringkas. . Dengan bantuan sensor berukuran besar, fitur ini dikatakan menawarkan keluaran gambar dengan detail yang sangat kecil dan presisi namun dalam bentuk yang ringkas.

Langkah yang cukup signifikan dalam menjadikan fotografi kelas profesional dapat diakses di ponsel pintar. Sejauh ini, lensa telefoto pada ponsel terjebak dalam struktur lensa sehingga menyulitkan fokus pada subjek dalam jarak dekat. 

Pada Xiaomi 11 sebagai contoh, lensanya secara khusus memungkinkan pengambilan gambar makro dengan lensa telefoto, sedangkan rentang fokusnya dibatasi pada rentang yang sempit (misalnya 3-7cm). Hasilnya, lensa telefoto hanya untuk pemotretan makro namun tidak untuk pemandangan jauh. 

Nah, lensa cair mirip dengan mata manusia ini dapat memotret dari jarak dekat (makro) dan jauh, tetapi dengan panjang fokus (sudut pandang) yang solid. Cairan transparan yang dibungkus film dimodelkan sebagai lensa, dan motor tegangan yang mengontrol kelengkungan cairan mirip dengan otot siliaris mata manusia.

Teknologi kamera terakhir yang dikenalkan Tecno yakni universal tone. Teknologi yang dikembangkan melalui penelitian ekstensif ini menggunakan AI agar secara akurat menampilkan spektrum warna kulit yang luas dalam foto. 

Dengan teknologi universal tone, memastikan bahwa kualitas warna hidup dan sesuai dengan subjeknya, terkhusus kulit manusia. Dengan demikian, setiap warna kulit dari seluruh penjuru dunia bisa menjadi lebih tegas, meskipun hanya berasal dari sistem kamera ponsel. 

Baca juga: Kamera Canggih VIVO V29e, Merekam Kenangan Liburan dengan Detail

Belum diketahui pasti produk mana yang akan dibenamkan ketiga teknologi kamera ini. Namun beberapa pengamat gadget menyebut, kemungkinan sebagian besar fitur ini dikemas dalam seri Tecno Phantom X berikutnya. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kasus Covid-19 Melonjak, Begini Cara Dapat Vaksin Gratis

BERIKUTNYA

Cek Daftar Promo Makanan Harbolnas 12.12, Ada Gokana hingga Sushi Mentai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: