TikTok Shop Buka Lagi di Indonesia, Transaksi Dilakukan Lewat Tokopedia
11 December 2023 |
15:57 WIB
TikTok Shop resmi dibuka kembali mulAI 12 Desember 2023. Fitur promosi lewat video pendek tersebut sempat booming beberapa waktu lalu karena memberikan kemudahan bagi para penjual untuk mempromosikan dagangannya. Pembeli juga jadi lebih praktis dalam mendapatkan barang yang mereka inginkan melalui fitur keranjang kuning.
Namun, seperti yang kita ketahui, TikTok Shop sempat ditutup di Indonesia sejak 4 Oktober 2023. Keputusan tersebut diambil berdadarkan ketetapan Permendag 31 Tahun 2023 yang melarang platform media sosial memiliki peran ganda sebagai e-commerce.
Baca juga: TikTok Shop Comeback, Pengamat Prediksi Peta Bisnis Digital Bakal Makin Ketat
Tiktok dianggap tidak mematuhi regulasi pemeritah Indonesia. Oleh karenanya pemerintah meminta platform tersebut memisahkan fungsi media sosial dari e-commerce. Dengan demikian, aplikasi TikTok tidak lagi digunakan untuk kegiatan transaksi, melainkan hanya media promosi saja. Sedangkan untuk kegiatan jual beli, pemerintah meminta TikTok untuk membuat e-commerce sendiri.
Kabar baiknya baru-baru ini TikTok Shop mengumumkan kerjasamanya dengan salah satu e-commerce lokal yakni PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Keduanya mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo) merupakan salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia yang terdiri dari on-demand services (mobilitas, pesan antar makanan, dan logistik), e-commerce (marketplace pihak ketiga + official store, instant commerce, interactive commerce, dan rural commerce), financial technology (pembayaran, layanan keuangan, dan solusi teknologi untuk pedagang), serta logistik (fulfilment dan pengiriman) melalui platform Gojek, Tokopedia, GoTo Financial, dan GoTo Logistics.
Sebagai bagian dari kemitraan strategis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia pun akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
TikTok menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia. Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaatnya bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia.
Adapun pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia diprediksi akan membawa keuntungan bagi GoTo, di mana mereka menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek. Selain itu GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut.
Kemitraan strategis ini akan diawali dengan kampanye Beli Lokal yang dimulai pada 12 Desember, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di aplikasi Tokopedia dan TikTok. Kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Sementara program Beli Lokal di aplikasi TikTok memungkinkan para penggunanya untuk berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.
Lebih lanjut TikTok menjelaskan penjual bisa mengakses dan mengelola produk di Seller Center per Senin hari ini 11 Desember 2023 dan pelanggan sudah bisa mulai membeli produk melalui Shop Tab, Video Pendek, dan sesi Live di aplikasi Tiktok pada Selasa, (12/12/2023).
Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.
Melalui kolaborasi kedua bisnis besar tersebut, lebih dari 90 persen merchant yang merupakan pelaku UMKM akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berupa:
Untuk Genhype yang ingin kembali berbelanja menggunakan TikTok Shop, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Penjual tetap bisa mempromosikan produknya di TikTok melalui sesi Live atau menyematkan link 'keranjang kuning di Shop Tab atau video pendek. Nantinya, seluruh transaksi jual-beli akan dialihkan ke Tokopedia, artinya kalian harus memiliki akun Tokopedia untuk berbelanja di TikTok Shop.
Namun, seperti yang kita ketahui, TikTok Shop sempat ditutup di Indonesia sejak 4 Oktober 2023. Keputusan tersebut diambil berdadarkan ketetapan Permendag 31 Tahun 2023 yang melarang platform media sosial memiliki peran ganda sebagai e-commerce.
Baca juga: TikTok Shop Comeback, Pengamat Prediksi Peta Bisnis Digital Bakal Makin Ketat
Tiktok dianggap tidak mematuhi regulasi pemeritah Indonesia. Oleh karenanya pemerintah meminta platform tersebut memisahkan fungsi media sosial dari e-commerce. Dengan demikian, aplikasi TikTok tidak lagi digunakan untuk kegiatan transaksi, melainkan hanya media promosi saja. Sedangkan untuk kegiatan jual beli, pemerintah meminta TikTok untuk membuat e-commerce sendiri.
Kabar baiknya baru-baru ini TikTok Shop mengumumkan kerjasamanya dengan salah satu e-commerce lokal yakni PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Keduanya mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo) merupakan salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia yang terdiri dari on-demand services (mobilitas, pesan antar makanan, dan logistik), e-commerce (marketplace pihak ketiga + official store, instant commerce, interactive commerce, dan rural commerce), financial technology (pembayaran, layanan keuangan, dan solusi teknologi untuk pedagang), serta logistik (fulfilment dan pengiriman) melalui platform Gojek, Tokopedia, GoTo Financial, dan GoTo Logistics.
Sebagai bagian dari kemitraan strategis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia pun akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
@tiktokshop_indonesia Halo Teman Setia TikTok Shop. Sesuai dengan peraturan pemerintah setempat, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober. Untuk keluhan terkait dengan pembayaran, pengembalian uang dan pengiriman barang yang telah dipesan dari TikTok Shop, silakan menghubungi kami melalui link https://tiktok.com/feedback/email dan untuk informasi lebih lanjut bisa klik https://shorturl.at/dA037. Terima kasih telah menjadi teman setia TikTok Shop selama ini. #TikTokShopIndonesia ? Nice Day - Muspace Lofi
TikTok menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia. Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaatnya bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia.
Adapun pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia diprediksi akan membawa keuntungan bagi GoTo, di mana mereka menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek. Selain itu GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut.
Kemitraan strategis ini akan diawali dengan kampanye Beli Lokal yang dimulai pada 12 Desember, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di aplikasi Tokopedia dan TikTok. Kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Sementara program Beli Lokal di aplikasi TikTok memungkinkan para penggunanya untuk berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.
Lebih lanjut TikTok menjelaskan penjual bisa mengakses dan mengelola produk di Seller Center per Senin hari ini 11 Desember 2023 dan pelanggan sudah bisa mulai membeli produk melalui Shop Tab, Video Pendek, dan sesi Live di aplikasi Tiktok pada Selasa, (12/12/2023).
Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.
Melalui kolaborasi kedua bisnis besar tersebut, lebih dari 90 persen merchant yang merupakan pelaku UMKM akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berupa:
- Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok;
- Huluisasi UMKM - mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumberdaya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan)
- Dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang
- Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional
- Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia; dan
- Memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.
Untuk Genhype yang ingin kembali berbelanja menggunakan TikTok Shop, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Penjual tetap bisa mempromosikan produknya di TikTok melalui sesi Live atau menyematkan link 'keranjang kuning di Shop Tab atau video pendek. Nantinya, seluruh transaksi jual-beli akan dialihkan ke Tokopedia, artinya kalian harus memiliki akun Tokopedia untuk berbelanja di TikTok Shop.
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.