Ilustrasi es kopi americano. (Sumber gambar: Riccardo Andolfo/Unsplash)

Resep Americano Lemonade, Es Kopi Limun yang Menyegarkan

09 December 2023   |   07:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Menikmati secangkir kopi telah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat saat ini. Tak hanya menjadi kegiatan mengisi waktu luang bersama teman atau kolega, mereka umumnya menikmati kopi dalam keseharian untuk sekadar membangkitkan mood atau menjadi teman kala berkeja. 

Salah satu jenis kopi yang sering dikonsumsi adalah amerikano (americano). Kopi berbahan dasar espreso yang diseduh air panas ini memiliki rasa yang pahit. Namun, beberapa tahun terakhir hadir varian americano yang dipadukan dengan lemon, yang dikenal dengan nama americano lemonade/lemonade coffee atau kopi limun.

Seperti namanya, kopi limun adalah minuman perpaduan rasa kopi dan limun. Kopi limun dibuat dengan menambahkan kopi yang diseduh dengan perasan limun atau lemon. Pahitnya kopi dan asamnya lemon menghasilkan cita rasa yang unik. Ditambah dengan es baru, menjadikan minuman satu ini pilihan yang sempurna untuk menemani hari-hari pada musim panas. 

Baca juga: Resep Membuat Kopi Espresso Mudah di Rumah ala Barista
 

Menukil dari laman Eater, kopi limun disebutkan telah menjadi tren sejak 2015. Varian kopi ini pertama kali disajikan di Stand Coffee di Brooklyn, New York, AS, lalu populer hingga ke Swedia, dan negara-negara Eropa seperti Jerman dan Rusia. 

Mulanya, kopi limun dihidangkan dalam keadaan dingin yakni mencampurkan es kopi dengan sirup lemon, vanila, dan sedikit susu almon. Namun, beberapa orang lebih suka mencampurkan kopi espreso dengan limun bersoda. Menurut para editor di Epicurious, rasio ideal antara kopi dan limun adalah 3:2, meskipun resepnya bebas dikreasikan sesuai dengan selera peracik atau barista.

Sensasi aroma segar yang khas dari lemon dipadukan dengan aroma dan rasa kopi yang memberi energi, menjadikan es kopi limun sebagai pilihan terbaik untuk semangat menjalani hari. Untuk kalian yang penasaran dengan rasanya, berikut adalah resep americano lemonade yang bisa dicoba di rumah.
 


Resep Americano Lemonade


Bahan-bahan:

  • 4 sdt kopi bubuk
  • 250 ml air 
  • 50 gram gula pasir
  • 50 ml air perasan lemon
  • 3 buah irisan lemon
  • Es batu secukupnya
  • Air soda secukupnya

Cara Membuat:
  1. Pertama-tama, buat terlebih dahulu sirup gula. Panaskan panci kecil dengan api sedang lalu campurkan gula dengan 70 ml air.
  2. Aduk selama 5 menit sampai gula larut menjadi sirup. Angkat dari api dan biarkan dingin.
  3. Siapkan gelas lalu seduh kopi dengan air mendidih dan dinginkan.
  4. Dalam gelas yang berbeda, campurkan air perasan lemon, sirup gula, dan air secukupnya lalu aduk merata.
  5. Siapkan gelas lain lalu tambahkan batu es, kopi, serta campuran perasan lemon dan sirup gula. Aduk hingga merata.
  6. Lalu tambahkan irisan buah lemon dan soda secukupnya dan aduk kembali hingga semua cairan tercampur sempurna. Americano Lemonade pun siap untuk dinikmati.
Baca juga: 4 Kopi Populer di Indonesia yang Masuk Daftar Minuman Terbaik Versi TasteAtlas

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tren Korean Beauty, Pertimbangkan Kandungan Sebelum Beli Produk Skincare

BERIKUTNYA

Rekomendasi 6 Film Natal 2023 yang Cocok Ditonton Bareng Keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: