Konser Panggung Rakyat: Bongkar (Sumber Foto: Instagram/@konsernextevent)

Jadwal & Lineup Konser Panggung Rakyat: Bongkar, 9 Desember 2023

08 December 2023   |   22:48 WIB
Image
Kintan Nabila Reporter Hypeabis.id

Konser Panggung Rakyat: Bongkar akan dimeriahkan oleh deretan musisi papan atas seperti Jamrud, Kotak, Pas Band, Iwa K hingga Endank Soekamti. Acara digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu (9/12/2023). Konser dibuka untuk umum tanpa harus membeli tiket masuk alias gratis.

Panggung Rakyat: Bongkar merupakan acara yang diinisiasi oleh Aliansi Selamatkan Demokrasi Indonesia (ASDI) yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Mulai dari komunitas seniman, budayawan, akademisi, mahasiswa, agamawan, aktivis anti KKN, korban pelanggaran HAM, lembaga swadaya masyarakat, dan tokoh masyarakat.

Perhelatan ini merupakan bentuk peringatan Hari Anti Korupsi pada 9 Desember dan Hari HAM atau Hak Asasi Manusia Sedunia pada 10 Desember. Adapun, acara besok akan digelar mulai pukul 13.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Sebelum masuk ke area Stadion Madya GBK, penonton akan mendapatkan gelang, selanjutnya akan dilakukan body checking dan bag checking. Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman botol dan kaleng dari luar. Apabila ingin makan dan minum, di dalam sudah ada 10 booth UMKM yang menjual berbagai jajanan.

Panggung konser ini akan menampilkan sejumlah musisi dengan reputasinya dalam menciptakan karya lagu kritikal. Seperti lagu Bongkar yang dipopulerkan oleh grup band Swami (Sawung Jabo, Iwan Fals, Jockie Suryoprayogo, Totok Tewel, Naniel, Inisisri, Nanoe). Adapun diksi Bongkar sendiri dipilih sebagai tema sentral dari panggung rakyat tersebut.

Sejumlah musisi yang akan tampil besok mulai dari Kotak, Anto Baret feat Andi Malewa, Endank Soekamti, Tony Q. Rastafara, Jamrud, Dead Squad, Pas Band, Iwa K, Young Lex & Friends, dan lainnya.
 

Selain menyaksikan pertunjukan musik, Genhype juga bisa menyaksikan orasi kebangsaan dari sejumlah tokoh ASDI antara lain Usman Hamid, Faisal Basri, Ikrar Nusa Bhakti, Zoemrotin K. Soesilo, Danang Widoyoko, M. Roni Syamsuri, Abdullah Riansyah, Arya Dewi Prayetno, Ahmad Tomi Wijaya, Ririn Sefsani, Horja Bius, Fajar Merah, Muhammad Suhud, Bivitri, Lilik dan nama-nama lainnya dari berbagai elemen masyarakat.

Tanpa melupakan tujuan utamanya memperingati hari Hari HAM, acara ini memperlihatkan kembali pada penonton mengenai sejarah panjang dan kelam Indonesia yang tak terlupakan. Dikemas dalam bentuk Seni Instalasi yang menyajikan Foto Peristiwa Kerusuhan Mei 1998, serta foto berbagai pelanggaran HAM yang sampai saat ini masih meninggalkan luka mendalam.

Panggung Rakyat: Bongkar terselenggara berkat peran penting sejumlah pengundang yang berasal dari kalangan akademisi, seniman, budayawan, aktivis, dan tokoh masyarakat. Mereka di antaranya adalah Usman Hamid (Pegiat HAM), Goenawan Mohamad (Budayawan), Faisal Basri (Ekonom), Lukman H. Saifudin (Tokoh Masyarakat), Laode M. Syarif (Pegiat anti Korupsi), Erry Riana Hardjapamekas (Pegiat anti Korupsi), Ikrar Nusa Bhakti (Akademisi), Zoemrotin K. Susilo (Pegiat HAM), Alex A. Junaidi (Jurnalis Keberagaman), hingga Sulistiyowati Irianto (Akademisi).

Dari dunia musik ada The Black Stone feat Once Mekel dan Fajar Merah, Pas Band, Iwa Q, Young Lex & Friends, Tony Q, Kotak, Marjinal, Anto Baret & Andi Malewa, Endank Soekamti, Jamrud, Sandy Canester, Adi Adrian, Reynold Affandi eks Gitaris Slank, Robby Navicula, hingga Ferdy Tahier ‘Element’.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Libatkan Ahli dari Luar Negeri, Restorasi Museum Nasional Dilakukan dengan Kehati-hatian Tinggi

BERIKUTNYA

Waspada, Ini Ciri-ciri Sesak Napas yang Jadi Gejala Pneumonia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: