Dendeng balado. (Sumber gambar: YouTube/Devina Hermawan)

Resep Dendeng Balado Crispy yang Renyah & Tahan Lama

08 December 2023   |   07:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Daging sapi bisa diolah menjadi beragam masakan lezat, salah satunya dendeng balado. Makanan khas Sumatra Barat ini terbuat dari daging sapi yang digoreng hingga garing lalu dilumuri bumbu balado yang pedas dan kemerahan. Dendeng balado memiliki cita rasa yang enak, gurih, pedas, dan paling nikmat disantap dengan nasi hangat.

Dendeng balado umumnya dibuat dari daging sapi bagian has dalam yang diiris tipis dan lebar lalu direbus terlebih dahulu hingga empuk. Setelah itu, daging dijemur lalu dikeringkan, yang dilanjutkan dengan digoreng hingga garing atau crispy. Tujuan memotong daging hingga tipis dan pipih adalah agar bumbu dapat menyerap sempurna.

Sementara untuk sambal baladonya, menggunakan beberapa bahan yaitu cabai merah, bawang merah, dan garam yang ditumis hingga minyaknya menjadi kemerahan. Meskipun prosesnya terbilang mudah, mengolah dendeng harus dilakukan dengan benar terutama saat proses penggorengan.

Baca juga: Resep Balado Bola Daging, Sajian Nikmat untuk Lauk Makan di Rumah
 

Jangan sampai dendeng yang dihasilkan justru menjadi alot dan kenikmatannya berkurang lantaran bumbunya tak meresap ke dalam daging. Ada baiknya daging dimasukkan oven terlebih dahulu selama 40 menit pada suhu 150 derajat celcius untuk menghilangkan kandungan airnya, sehingga ketika digoreng hasilnya menjadi lebih renyah.

Saat menggoreng, sebaiknya menggunakan api kecil agar irisan daging bisa betul-betul renyah sampai ke bagian dalam. Lalu, agar dendeng tahan lama, daging yang sudah digoreng harus disimpan dalam toples setelah ditiriskan. Dendeng yang dilumuri sambal balado bisa bertahan sekitar 3 hari, sedangkan dendeng kering biasa bisa bertahan maksimal hingga 2 bulan.

Tekstur dendeng balado crispy yang kering tentunya bisa menjadi opsi kalian untuk menyetok lauk bekal sehari-hari, karena sifatnya yang tahan lama untuk disimpan. Kalau kalian tertarik mencobanya, berikut adalah resep dendeng balado crispy yang tahan lama. Begini resepnya dan cara membuatnya. 
 

Bahan-bahan

  • 500 gram daging sapi, diiris tipis
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 8 siung bawang merah
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm asam jawa
  • 2 lembar daun salam
  • 700 ml air putih
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Jeruk nipis secukupnya


Cara Membuat 

  1. Siapkan wadah lalu masukkan daging sapi, lalu tambahkan asam jawa dan garam secukupnya. Campurkan bumbu hingga merata ke seluruh permukaan daging. 
  2. Siapkan panci untuk merebus lalu masukkan daging, tambahkan daun salam, dan air. Rebus daging sampai empuk lalu angkat.
  3. Siapkan ulekan lalu geprek daging secara perlahan, lalu pipihkan daging menggunakan alat ampia sehingga tipisnya lebih merata.
  4. Panaskan wajan dengan minyak secukupnya lalu goreng daging sapi dengan api yang kecil. Goreng daging sampai teksturnya crispy dan warnanya kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan. Jika sudah dingin, masukkan dalam toples agar lebih awet.
  5. Siapkan bumbu balado dendeng. Ulek kasar cabai merah keriting, bawang merah, dan garam.
  6. Panaskan wajan dengan sedikit minyak lalu tumis bumbu balado. Jika ada, tambahkan lemak sapi rebus ke dalam tumisan, untuk menghasilkan minyak balado yang gurih pada sambalnya. Tambahkan jeruk nipis agar rasanya lebih segar. Tumis bumbu hingga wangi dan tidak langu, lalu sisihkan.
  7. Siapkan piring lalu taruh dendeng secukupnya dan taburi dengan sambal balado di atasnya. Dendeng balado crispy pun siap untuk dinikmati.
Baca juga: Resep Jengkol Balado yang Empuk & Enak, Auto Tambah Nasi!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Siap Liburan Akhir Tahun? Yuk Cek 10 Hal Penting Ini pada Mobil sebelum Road Trip

BERIKUTNYA

Daftar Pemain Drakor Soundtrack #2, Ada Geum Sae-rok & Noh Sang-hyun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: