Proses penjurian lomba foto Hypeabis.id dan Bisnis Indonesia bertema Solidaritas Merawat Kebhinekaan (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)

Dewan Juri Siap Menyeleksi Ratusan Karya dalam Lomba Foto Solidaritas Merawat Kebhinekaan

07 December 2023   |   14:45 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Proses submisi dalam perlombaan foto yang digelar Hypeabis.id bersama Bisnis Indonesia dengan tema Solidaritas Melawan Kebhinekaan telah resmi ditutup pada Minggu (3/12/2023) lalu. Kini, perlombaan foto ini telah memasuki tahap penjurian.

Penjurian lomba foto bertema Solidaritas Merawat Kebhinekaan ini dilakukan oleh dewan juri yang terdiri atas Pewarta Foto Associated Press Achmad Ibrahim, Fotografer & Mentor Pannafoto Institue Edy Purnomo, dan Redaktur Foto Bisnis Indonesia Yayus Yuswoprihanto di Wisma Bisnis Indonesia pada Kamis (7/12/2023).

Melalui proses kurasi yang panjang, dewan juri melakukan seleksi untuk memilih karya terbaik yang sesuai dengan persyaratan dan penilaian dari perspektif fotografi. Penyeleksian dilakukan dengan mempertimbangkan aspek solidaritas sebegai pesan persatuan dan kesatuan yang mencerminkan sisi kebhinekaan. 

Baca juga: Dewan Juri Lomba Foto Cari Representasi Terbaik Terkait Tema Solidaritas Merawat Kebhinekaan
 

Proses penjurian lomba foto Hypeabis.id dan Bisnis Indonesia bertema Solidaritas Merawat Kebhinekaan (Sumber gambar:

Proses penjurian lomba foto Hypeabis.id dan Bisnis Indonesia bertema Solidaritas Merawat Kebhinekaan (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)

Ketua Acara Hypeabis.id Photo Competition Desember 2023 Eusebio Chrysnamurti menjelaskan, tema ini sengaja diambil di tengah kondisi politik bangsa yang sedang memasuki masa pemilu. “Maka tema ini akan berfokus membidik human interest yang bertujuan membangun kesadaran nasional dan pesan persatuan di tahun politik ini,” ungkap Eusebio dalam pesan pembuka agenda penjurian lomba foto Solidaritas Merawat Kebhinekaan pada Kamis (7/12/2023).

Seperti tahun sebelumnya, submisi foto bertema poltik, ekonomi, dan sosial ini juga dibanjiri total 1.304 yang dikirim oleh 197 peserta. Eusebio melaporkan, dari total foto tersebut, yang lolos verifikasi administrasi sebanyak 713 foto dari 182 peserta. Adapun submisi telah dibuka sejak 19 Oktober 2023 hingga 3 Desember 2023.

Acara ini terselenggara berkat dukungan dari para sponsor yang memiliki keselarasan misi dalam mendukung kreativitas dan minat generasi muda penyuka fotografi. Lomba foto bertema Solidaritas Merawat Kebhinekaan ini didukung oleh Adaro, PLN, XL Axiata, Telkom Indonesia, Mandiri, Bank BTN, Bank BJB, dan Bank BSI.
 


General Manager Content Hypeabis.id Diena Lestari mengatakan, lomba foto ini memiliki tujuan untuk meregenerasi penggiat fotografi. “Tujuan lainnya juga tentu memberi wadah dan ruang di media mainstream, supaya generasi baru pecinta foto akan terus ada,” kata Diena.

Lomba foto ini merupakan event tahunan yang diselenggakan Hypeabis.id dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-38 Bisnis Indonesia. Setiap tahunnya, lomba foto yang telah terselenggara ini mampu menjaring ratusan karya anak muda dengan tujuan meningkatkan kreativitas masyarakat umum, khususnya mahasiswa dalam mendalami fotografi dan menjadikan Hypeabis.id sebagai wadah berekspresi mereka di media mainstream.

Dalam proses penjurian, dewan juri akan memilih 3 juara utama yang tiap-tiap pemenangnya akan mendapatkan hadiah utama. Juara 1 akan mendapatkan total hadiah Rp10 juta, juara 2 akan mendapatkan hadiah Rp7 juta, dan Juara 3 akan mendapatkan hadiah Rp5 juta. Selain itu, 10 nominasi teratas juga akan mendapatkan uang tunai masing-masing sejumlah Rp1 juta.

Peserta terpilih juga berkesempatan dinominasikan dalam 5 foto terfavorit yang akan mendapatkan hadiah Rp1 juta. Hypeabis.id juga membuka kateori likes terbanyak bagi peserta yang berhasil mengumpulkan jumlah likes paling banyak pada karya mereka yang diunggah di Hypeabis.id.

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Mengenal Sejarah Kapal Pinisi, Teknologi Perahu Nenek Moyang yang Jadi Warisan Budaya Tak Benda

BERIKUTNYA

Survei Ini Ungkap 32% Masyarakat Bakal Lebih Banyak Belanja pada Ramadan 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: