Belinda Christina. (Sumber gambar: Masterchef Indonesia/Instagram)

Profil Belinda Christina, Lulusan Le Cordon Bleu yang Jadi Pemenang Masterchef Indonesia Season 11

28 November 2023   |   07:01 WIB
Image
Luke Andaresta Reporter Hypeabis.id| Menulis seputar arsitektur, desain interior, buku, musik, dan film.

Masterchef Indonesia musim ke-11 resmi berakhir. Ajang kompetisi memasak bergengsi itu mendapuk Belinda Christina sebagai pemenangnya. Belinda berhasil mengalahkan Rizkisyah Putra Singarimbun alias Kiki, berkat beberapa menu menggugah selera yang disajikannya untuk para juri di momen Grand Final Masterchef Indonesia Season 11.

Di momen grand final, baik Belinda maupun Kiki harus menyajikan tiga hidangan untuk para juri yang terdiri dari Chef Renatta, Chef Juna, dan Chef Arnold. Mereka harus memasak hidangan Nusantara, menduplikasi menu dari Chef Hans Christian, dan membuat signature dish atau makanan murni hasil kreasi masing-masing peserta.

Baca juga: Tip Bikin Croissant Anti Gagal Ala Chef Pastry Kevin Zwygart, Kuncinya Ada di Butter

Dari ketiga tantangan tersebut, Belinda dan Kini mendapatkan hasil skor yang berbeda tipis. Belinda berhasil mencatatkan skor 1867, sedangkan Kiki hanya berbeda 10 poin yakni 1857. Dengan demikian, Belinda pun keluar sebagai pemenang Masterchef Indonesia musim ke-11.
 


Kendati demikian, kemenangan Belinda justru menuai kontroversi di kalangan warganet. Tak sedikit dari mereka yang justru kecewa dengan keputusan juri tersebut, dan menilai bahwa Kiki lebih layak menjadi pemenang Masterchef Indonesia. 

Kolom komentar beberapa unggahan akun resmi Masterchef Indonesia di Instagram dibanjiri komentar warganet. Banyak dari mereka yang menganggap bahwa Belinda tidak lebih kompeten dalam memasak dibandingkan Kiki. Kredibilitas juri Masterchef Indonesia pun akhirnya dipertanyakan oleh warganet.

Mereka menduga Belinda dipilih sebagai pemenang lantaran statusnya sebagai lulusan sekolah kuliner kenamaan dunia, Le Cordon Bleu New Zealand. Sementara itu, meskipun hanya lulusan SMK, Kiki justru dinilai memiliki kemampuan memasak yang baik utamanya dalam membuat hidangan-hidangan Nusantara.

Tak ayal, sejak diumumkannya pemenang Masterchef Indonesia Season 11, nama Belinda seliweran di media sosial, sehingga tak sedikit orang penasaran siapa sosoknya yang sebenarnya.

Belinda Christina lahir dengan nama asli Belinda Christina Sianto di Surabaya pada 22 September 2000. Dara berusia 23 tahun tersebut saat ini dikenal sebagai pemenang Masterchef Indonesia musim ke-11. 

Meski lahir di Surabaya, Belinda menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Malang, Jawa Timur. Dia merupakan anak keenam dari enam bersaudara pasangan Samuel Sianto dan Ngirana Prima Wati. Kedua orang kakaknya masing-masing bernama Yoel Octafian Sianto dan Yulia Evangelista Sianto, sedangkan tiga orang kakaknya yang lain meninggal dunia sewaktu kecil.

Pada 2019, Belinda lulus kursus dari kampus memasak bergengsi dunia Le Cordon Bleu di Selandia Baru. Le Cordon Bleu sendiri adalah sekolah kuliner dan perhotelan ternama dan terbesar yang berpusat di Paris, Prancis. Berdiri sejak tahun 1895, kini lembaga pendidikan tersebut sudah mendirikan 35 sekolah di 20 negara di dunia.
 


Le Cordon Bleu diketahui membuka program studi khusus Grand Diplôme dengan berbagai spesialisasi di bidang kuliner. Selain itu, sekolah ini juga menawarkan kursus singkat bagi siapa saja yang tertarik dengan dunia memasak, baik itu pemula maupun mereka yang sudah bekerja secara profesional di bidang kuliner.

Le Cordon Bleu menjadi sangat terkenal karena telah mencetak banyak chef maupun praktisi kuliner ternama di dunia, sebut saja Julia Child, Giada De Laurentils, Ming Tsai, Brad Farmerie, dan Gaston Acurio. Sementara beberapa chef terkenal di Indonesia yang juga lulusan sekolah tersebut ialah Chef Renatta, Chef Marinka, dan Chef Degan.

Selain menekuni dunia kuliner dengan kursus di Le Cordon Bleu, Belinda juga diketahui tengah mengenyam pendidikan di King's Own Institute di Kota Sydney, Australia. Pada April 2023, Belinda akhirnya mengikuti audisi Masterchef Indonesia musim ke-11. 

Setiap calon peserta yang ingin mengikuti kompetisi itu harus mengunggah video tutorial masak selama 15 menit di aplikasi RCTI+. Kemudian setelah mengunggah video audisi daring, peserta dapat melanjutkan audisi secara luring yang berlangsung di beberapa kota di Indonesia.

Pada saat babak audisi yang ditayangkan pada tanggal 26 Agustus 2023, Belinda mengolah hidangan Thai Duck Red Curry yang berhasil membuatnya lolos ke babak boot camp atau karantina, setelah mendapatkan 'yes' dari dua juri yakni Chef Juna dan Chef Arnold.

Baca juga: Resep Hummingbird Cake Free Gluten Ala Chef Marinka, Cocok Buat Menu Diet

Selama babak bootcamp, Belinda berhasil lolos ke galeri MasterChef Indonesia setelah melewati babak Elimination Test yakni membuat masakan berbahan dasar daging sapi nebraska dalam waktu 60 menit. Sepanjang di kompetisi itu, Belinda kerap menyajikan hidangan Asia, fusion, dan Barat. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

7 Cara Mendeteksi Toxic People di Lingkungan Pergaulan

BERIKUTNYA

3 Resep Minuman dari Bunga Telang yang Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: