Ilustrasi sosok Guru Oemar Bakri dalam lagu Iwan Fals (Sumber gambar: Youtube Musica Studios)

Hari Guru Nasional 2023, Simak Makna Lagu Iwan Fals Berjudul Guru Oemar Bakri

25 November 2023   |   08:27 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Siapa yang tidak mengetahui lagu berjudul Guru Oemar Bakri. Karya yang melekat secara lintas generasi tersebut diciptakan dan dipopulerkan oleh musisi legendaris Indonesia yaitu Iwan Fals. Lagu Guru Oemar Bakri termasuk dalam album Iwan Fals yang bertajuk Sarjana Muda yang dirilis pada 1981.
 
Guru Oemar Bakrie dalam karya lagu Iwan Fals menceritakan tentang sosok guru dengan kesederhanaan dan pengabdiannya sebagai guru selama 40 tahun yang merupakan bentuk loyalitasnya pada negeri.
 
"Oemar Bakrie, 40 tahun mengabdi, Jadi guru jujur berbakti memang makan hati," demikian sepenggal bait yang ditulis Iwan Fals dalam lagu Guru Oemar Bakri.
Atas jasanya sebagai guru, sosok Oemar Bakri dalam lagu tersebut mampu menciptakan berbagai macam muridnya dapat sukses meraih profesi yang berbeda-beda, mulai dari menteri, profesor, doktor, dan insinyur.
 
Sosok guru yang ditulis pada lagu Iwan Fals dalam lagu Guru Oemar Bakti merupakan representasi dari guru yang teladan. Selain teladan, Oemar Bakri juga tanpa pamrih dan setia dengan profesinya sebagai guru.
 

Dilansir dari kanal Youtube Iwan Fals dalam sesi "Ngalor Ngidulnya Iwan Fals" musisi 62 tahun itu menceritakan sosok guru yang dia jadikan lagu tersebut. 
 
"Namanya Abdul Gani, tapi karena teman saya keberatan pakai nama Abdul Gani karena ayahnya atau bapaknya namanya Abdul Gani, terpaksa saya ubah ‘Oemar Bakrie’. Awalnya itu,” kata Iwan Fals dalam Youtube Iwan Fals Musica.
 
Sang maestro juga memberikan penjelasan mengenai lagu tersebut yang berbicara tentang seorang guru. Dalam lagu itu, Oemar Bakrie yang digambarkan oleh Iwan Fals memiliki sikap yang baik dan begitu peduli dengan murid-muridnya.
 
“Lagu Oemar Bakrie, beliau adalah seorang guru yang baik, sederhana, bersahaja, ramah sama murid-muridnya. Sebenarnya cukup bijaksana juga. Tapi, karena gajinya dipotong sana sini untuk pengeluaran ini itu oleh pihak lain,” ucap Iwan Fals.
 
Dalam memperingati Hari Guru Nasional yang dirayakan setiap 25 November, lagu tersebut tampaknya sangat cocok untuk Genhype dengarkan, karena lagu Guru Oemar Bakri mampu merepresentasikan sosok guru yang tanpa pamrih telah mengajarkan cara membaca, menulis, dan terus mengamalkan ilmunya bagi generasi Bangsa.

Walaupun dengan berbagai kesederhanaanya, sosok guru mampu memberikan yang terbaik kepada murid-muridnya.

Iwan Fals, yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto, adalah salah satu ikon musik Indonesia yang tak tergantikan. Karya-karyanya yang penuh makna, terutama dalam lagu-lagu balada, membawa realitas keseharian dan kritik sosial sukses disajikan menjadi karya lagu yang enak dinikmati.

Baca juga: Lirik dan Pesan Lagu 'Kanjuruhan' Karya Iwan Fals yang Merespons Tragedi Sepak Bola Indonesia

Sampai saat ini, Iwan Fals sudah merilis 37 album sejak album pertamanya yang bertajuk Canda Dalam Nada pada 1979. Dalam lirik-liriknya, Iwan Fals mencerminkan kehidupan dan budaya sosial masyarakat Indonesia dari tahun 1970-an hingga saat ini. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Pemuda Ini Harumkan Nama Indonesia di Ajang World Coffe Roasting Champion 2023 Taiwan

BERIKUTNYA

Polusi Udara Bisa Picu Kasus Pubertas Dini pada Anak, Bagaimana Kaitannya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: