Penampilan Iwan Fals & Sandrayati Fay dalam lagu 16/01 (Dok. Musica Studio's)

Begini Kisah Iwan Fals & Sandrayati Fay Membuat Lagu Berjudul 16/01

03 August 2021   |   17:47 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Iwan Fals untuk tetap berkarya. Menggandeng musisi muda perempuan berbakat, Sandrayati Fay, Iwan Fals merilis lagu berjudul "16/01" yang bercerita tentang keresahannya menghadapi pandemi yang juga dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

“Ini keresahan saya ya. Lagu ini tidak merekayasa dan memiliki pretensi apa-apa. Jadi, benar-benar menggambarkan suasana hati, tiba-tiba jadilah lagu ini,” kata penyanyi bernama lengkap Virgiawan Listanto itu pada konferensi pers virtual baru-baru ini.

Dalam proses pembuatan lagunya, Iwan Fals mengatakan bahwa dirinya tidak mengusung tema tertentu. Dia hanya mencatat apa saja yang dirasakan dan dipikirkan, sehingga lirik dari lagu itu terjadi dan mengalir begitu saja.

“Saya enggak tahu pasti tentang apa. Saya hanya perlu terus menulis lagu, harus terus survive dalam hidup dengan sehat, dan akhirnya bisa bikin lagu dan menyanyi. Itu aja yang saya lakukan,” terangnya.

Melalui lagu yang berdurasi hampir 8 menit itu, Iwan Fals menumpahkan segala keresahannya selama hidup dalam kondisi pandemi Covid-19. Dia juga dengan lugas menuturkan hal-hal yang ditemuinya di media sosial akhir-akhir ini, dan itu mendominasi lirik lagunya.

“Ketidakadilan begitu jelas di depan mata. Pilih kasih membuat orang jadi tak percaya. Pancasila yang dipuja di mana, begitu pun dengan agama. Sementara di hapeku semakin banyak iklannya,” tulisnya dalam lirik lagu "16/01".
 

grg

Penampilan Iwan Fals & Sandrayati Fay dalam lagu 16/01 (Dok. Musica Studio's)

Selain itu, Iwan Fals juga mengatakan bahwa kolaborasinya dengan Sandrayati Fay tak lepas dari dukungan anaknya, Cikal, yang telah lebih dulu mengenal sosok Sandrayati Fay. Menurutnya, Sandrayati Fay adalah sosok anak muda yang luar biasa dan komunikatif bukan hanya di panggung melainkan juga dengan orang lain.

“Awalnya enggak kepikiran bahwa akan sama Sandra, tapi karena bantuan Cikal akhirnya lagu ini tumbuh begitu saja dan Sandra support syair di bagian tertentu dari lagu ini sehingga menjadi cerita yang penting,” tuturnya.

Sementara itu, Sandrayati Fay juga mengungkapkan antusiasmenya berkolaborasi dengan sosok Iwan Fals. Terlebih baginya, lagu "16/01" benar-benar mencerminkan situasi hari ini sekaligus mengajak banyak orang untuk bisa kuat menghadapi pandemi.

“Lagu ini seperti jendela yang bisa mengintip kehidupan sehari-hari sosok Om Iwan saat ini yang juga dirasakan oleh banyak orang. Misalnya kita lebih sering bermain gadget,” terangnya.

Adapun, lagu "16/01" merupakan satu dari beberapa lagu Iwan Fals yang akan dirilis dalam bentuk album pada September. Tak hanya Sandrayati Fay, beberapa musisi lain seperti Nadin Amizah, Danilla Riyadi, Rara Sekar dan Maya Hasan juga dikabarkan ikut meramaikan album itu.

Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Selain Mudah dan Menyenangkan, Bertanam Hidroponik Juga Bisa Jadi Penghasilan Baru

BERIKUTNYA

5 Manfaat Micellar Water, Pembersih Wajah Tanpa Kandungan Alkohol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: