Guru tengah mengajar kepada murid (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Suselo Jati)

Rangkaian Acara untuk Memperingati Hari Guru Nasional 2023

24 November 2023   |   15:23 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Pada 25 November tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Momen tersebut bisa menjadi kesempatan masyarakat untuk mengapresiasi sosok guru yang digambarkan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa di seluruh penjuru Indonesia. 

Peringatan Hari Guru di dalam negeri juga sekaligus sebagai bentuk perayaan untuk organisasi yang menghimpun guru se-Indonesia, yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Organisasi ini resmi berdiri pada 25 November 1945, yang berarti pada tahun ini PGRI akan merayakan hari jadinya yang ke-78. 

Baca juga: Rekomendasi Film Indonesia untuk Merayakan Hari Guru Nasional

Logo resmi Hari Guru Nasional 2023 (Sumber gambar: kemdikbud.go.id)

Logo resmi Hari Guru Nasional 2023 (Sumber gambar: kemdikbud.go.id)

Dilansir dari laman resmi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), dalam edaran Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2023, tema yang diangkat pada perayaan tahun ini adalah "Bergerak Bersama Merdeka Belajar". 

Adapun, berikut ini adalah rangkaian acara untuk memperingati Hari Guru Nasional 2023 yang akan berlangsung besok, mulai dari upacara bendera sampai pekan raya belajar. Cek selengkapnya. 
 

1. Upacara bendera

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan menyelenggarakan kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional pada, Sabtu 25 November 2023, Pukul 08.00 WIB secara tatap muka. Kegiatan itu akan dilaksanakan di kantor pusat kementerian dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kemendikbud RI
 

2. Puncak acara Hari Guru Nasional

Selain upacara bendera, Kemendikbudristek juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan lain yang mencakup agenda Apresiasi GTK, Salam GTK, pekan raya belajar dan berkarya, Simposium Program Organisasi Penggerak, serta Puncak kegiatan Hari Guru Nasional 2023. Rangkaian kegiatan ini juga akan disiarkan di platform YouTube
 

3. Ragam aktivitas lainnya

Sesuai yang tertuang dalam Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2023, satuan pendidikan, kantor Instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan berbagai aktivitas atau kegiatan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2023. 

Acara itu diharapkan melibatkan partisipasi publik dengan berbagai kegiatan yang mendorong semangat dan memberi apresiasi para guru, karena telah berjasa membersamai anak-anak Indonesia dalam menemukan minat, bakat dan potensi terbaiknya.

Kemendikbudristek juga mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk turut serta dalam merayakan dan memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional di media sosial. Salah satu caranya adalah lewat unggahan konten perayaan dengan menyertakan tagar #HGN2023 dan #terimakasihguruku.

Baca juga: Sambut Hari Guru Nasional, Begini Sejarah & Perjuangan PGRI dari Masa ke Masa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Dikabarkan Telah Menikah, Simak Fakta-fakta Hubungan Adele & Rich Paul

BERIKUTNYA

Hasil Drawing Piala Asia U-23, Indonesia Satu Grup dengan Tuan Rumah Qatar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: