Penyanyi Jesenn saat berkunjung ke kantor Hypeabis.id, Rabu (22/11/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Ungkapan Kerinduan Penyanyi Jesenn Tercurah dalam Single Butuh Bertemu

22 November 2023   |   20:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Belantika musik Indonesia terus diramaikan dengan kemunculan penyanyi pop-R&B yang mencuri perhatian, salah satunya adalah Jesenn. Setelah merilis single Bukan Pilihan dan Beruntung, solois bernama asli Jason Gunawan itu menghadirkan lagi nomor pop-R&B anyarnya dalam single, Butuh Bertemu.

Lagu Butuh Bertemu sarat akan ungkapan kerinduan Jesenn pada seseorang yang sempat hadir dalam hidupnya. Seperti judulnya, lagu tersebut merupakan curahan hatinya yang ingin bertemu kembali dengan sosok, yang pernah berarti dan mengisi hari-harinya. Namun, semua kenangan manis itu tidak bisa terulang.

Baca juga: Penyanyi Maira Bagikan Cerita di Balik Proses Produksi Single Debut Tak Semanis Dulu
 
"Butuh Bertemu ini ceritanya tentang gue yang terjebak di masa lalu. Jadi gue sekarang merindukan semua momennya. Lagu ini tentang perasaan gue yang ingin ketemu sama orang itu lagi," katanya saat berkunjung ke kantor Hypeabis.id, Rabu (22/11/2023).
 
Meski begitu, secara pribadi, Jesenn juga memaknai lagu ini sebagai karya dengan makna yang bersifat spiritual. Menurutnya, lagu ini bisa dilihat juga sebagai ekspresi kerinduan seseorang kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
 
"Kesimpulannya, lagu ini adalah karya yang paling mewakili kepribadian aku sejauh ini. Aku juga berharap semua orang yang mendengarkan lagu ini bisa merasakan apa yang aku rasakan ketika menulis lagu ini," imbuhnya.
 

B

Artwork single Butuh Bertemu. (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Lirik lagu Butuh Bertemu ditulis oleh Jesenn bersama musisi indie Farrel Hilal, termasuk dalam mengomposisi demo rekamannya. Namun, akhirnya proses produksinya seperti mixing dan mastering digarap oleh tim produser dari Music by S/EEK, yang pernah menggarap musik untuk sejumlah musisi seperti Afgan, Raisa, Lyodra, dan Ahmad Dhani.
 
Sementara untuk rekamannya dilakukan di Backbeat Studio by Yusup Albantani, dengan Mohammed Kamga sebagai backing sekaligus direktur vokal.
 
Dari segi aransemen musik, Jesenn mengatakan lagu Butuh Bertemu kental dengan nuansa pop-R&B. Lagu itu juga menjadi pembuktian pemahaman dan kecintaannya yang lebih mendalam terhadap aliran musik rhythm and blues tersebut. Baginya, lagu itu menjadi titik terbaru dalam perjalanan karier bermusiknya.
 
"Kali ini gue ingin mencoba menekankan sisi yang lebih ke ranah R&B, tapi dengan cita rasa yang lebih kekinian. Tentunya gue masih harus terus belajar banyak mengenai musik," ucapnya.
 

Meski demikian, dia tidak mengonsepkan genre tertentu sejak awal memproduksi karyanya. Dia hanya berusaha untuk membuat lagu dengan jujur, sesuai dengan imajinasi dan perasaannya. "Gue tidak berusaha mengidentifikasi sebagai musisi genre tertentu. Tapi lebih ke sebagai musisi, gue pengen nulis pesan dan menyampaikan sesuatu ke banyak orang," katanya.
 
Hanya, diakui olehnya, belakangan dia memang sedang gemar mendengarkan lagu-lagu R&B. Dua musisi Indonesia yang turut menginspirasinya dalam membuat lagu tersebut ialah Adrian Khalif dan Glenn Fredly. Jesenn terinspirasi dari kedua musisi itu lantaran karakter musik dan cara penyampaian lagu mereka yang khas.
 
Sementara itu, sebagai co-songwriter, Farrel Hilal menilai kelebihan utama Jesenn sebagai penyanyi ada pada caranya dalam menyalurkan emosi ke dalam kreativitas musik. Menurutnya, Jesenn adalah tipe penulis lagu yang mempunyai kerangka pemikiran jelas.
 
Sang solois dinilai tahu bagaimana cara yang paling tepat untuk menuangkan rasa miliknya ke dalam sebuah lagu."Secara pribadi, aku membayangkan lagu Butuh Bertemu ini bisa menjadi pengingat bagi semua orang untuk selalu menghargai waktu, usaha dan kedekatan teman- teman dengan orang-orang tersayang," katanya dalam keterangan resminya.

Baca juga: Karya Cemerlang Penyanyi Muda Dere dalam Album Rubik

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

RM, Jimin, V, dan Jungkook BTS Kompak Daftar Wajib Militer Bersama dan Comeback 2025

BERIKUTNYA

Inspirasi Desain Meja Dapur Granit yang Estetik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: