Timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/timnas.indonesia)

Timnas Indonesia Jadi Juru Kunci Grup F, Bagaimana Peluang Lolos Piala Dunia 2026?

22 November 2023   |   13:29 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hasil klasemen terbaru Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia (AFC) kurang menguntungkan bagi Timnas Indonesia. Dari dua pertandingan yang sudah dijalani, tim Garuda hanya mampu mengumpulkan satu poin dan harus puas berada di juru kunci Grup F.

Timnas Indonesia gagal meraih poin penuh pada dua pertandingan pembuka kualifikasi. Pada laga pertama, Indonesia harus takluk dengan skor telak 5-1 saat melawan Irak. Hasil kurang menggembirakan juga terjadi pada laga kedua.

Baca juga: Piala Dunia U-17 2023, Pertandingan Prancis vs Senegal Diprediksi Akan Ketat

Garuda kembali tidak bisa membawa poin penuh ketika melawan Timnas Filipina pada matchday kedua. Bertandang ke Rizal Memorial Stadium, tim asuhan Shin Tae Yong ini justru harus kebobolan terlebih dahulu setelah tembakan Patrick Reichelt tak bisa dibendung Ernando Ari.

Beruntung, Timnas Indonesia bisa menyamakan kedudukan lewat gol cantik dari Saddil Ramdani di babak kedua. Bermain imbang dengan Filipina membuat posisi Indonesia masih jauh dari kata aman untuk bisa lolos ke putaran selanjutnya kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Saat ini, Indonesia bersama Filipina menjadi dua tim terbawah di Grup F dengan sama-sama mengoleksi satu poin. Namun, nasib Filipina lebih baik karena jumlah kebobolan mereka lebih rendah sehingga berada di peringkat ketiga, sedangkan Indonesia berada di posisi keempat.

Adapun posisi puncak klasemen sementara saat ini diduduki Irak dengan koleksi enam poin. Irak meraih poin sempurna setelah mengalahkan Indonesia, lalu disusul kembali dengan kemenangan saat melawan Vietnam.

Kemenangan ini membuat Irak makin dijagokan sebagai tim yang punya peluang terbesar untuk lolos ke babak ketiga KualifikAsi Piala Dunia 2026. Adapun, Vietnam yang saat ini berada di posisi kedua sejauh ini juga jadi tim yang punya peluang besar untuk lolos.

Berikut adalah hasil klasemen sementara Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026
1. Irak 6 poin
2. Vietnam 3 poin
3. Filipina 1 poin
4. Indonesia 1 poin

Meskipun demikian, secara hitung-hitungan, posisi kedua yang ditempati Vietnam masih rawan. Terlebih masih ada empat pertandingan tersisa. Matchday ketiga dan keempat kualifikasi ini akan berlangsung pada Maret 2024.

Jika Indonesia ingin lolos, mereka harus mengamankan enam poin penuh dalam matchday ketiga dan keempat. Jika berhasil, Indonesia akan mengoleksi tujuh poin sehingga posisinya cukup aman sebelum menatap laga matchday kelima dan keenam pada Juni 2024.

Sayangnya, asa untuk meraih kemenangan penuh pada matcday ketiga dan keempat tidak akan mudah dilakukan. Sebab, pada dua pertandingan itu, Indonesia akan melawan Vietnam, yang dalam beberapa tahun terakhir tampak jadi musuh bebuyutan.

Namun, melihat papan klasemen sementara Grup F saat ini, pertandingan Indonesia vs Vietnam ini memang akan jadi kunci penting nasib kedua negara. Tim yang mampu meraih kemenangan penuh bakal memperbesar peluang mereka untuk lolos. Sebab, di sisi lain, Irak akan berhadapan dengan Filipina juga.

Sebagai informasi, hanya dua tim teratas grup F yang akan dinyatakan lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Di babak ketiga nanti, tim yang masih bertahan tinggal selangkah lagi untuk memiliki tiket menuju ke putaran final Piala Dunia.

Berikut adalah jadwal pertandingan selanjutnya di Grup F:

21 Maret 2024
Indonesia vs Vietnam
Irak vs Filipina

26 Maret 2024
Vietnam vs Indonesia
Filipina vs Irak

6 Juni 2024
Indonesia vs Irak
Vietnam vs Filipina

11 Juni 2024
Irak vs Vietnam
Indonesia vs Filipina


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mobile Legends: Bang-Bang Gelar Kejuaraan M5 World Championship di Filipina

BERIKUTNYA

Serba-serbi Film Napoleon Karya Ridley Scott, Dapat Kritik Negatif di Prancis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: