Kepala Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (Sumber gambar: laman PSSI)

Kalah dari China, Ini Posisi Indonesia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

16 October 2024   |   09:54 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional Indonesia mengalami kekalahan pertama di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia saat berhadapan dengan tim nasional China pada Selasa, 15 Oktober 2024 malam, meskipun skuad Garuda tampil mendominasi. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal meraih poin. 

Berdasarkan laman FIFA, kekalahan dari China membuat Garuda – julukan tim nasional Indonesia – tetap berada di posisi 5 sementara dari 6 tim. Adapun, China masih tetap menghuni dasar klasemen sementara Grup C, meski telah menang dari Indonesia.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan total meraih poin 3 atau sama dengan China yang baru saja mendapat kemenangan pertamanya. Namun, anak asuh dari Shin Tae-yong itu unggul dari selisih gol. 

Baca juga: Head to Head Timnas Indonesia vs China Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2024

Sementara itu, Jepang kokoh berada di puncak klasemen sementara dengan poin 10 dari 4 pertandingan. Samurai Biru – julukan tim nasional Jepang – berhasil memenangkan 3 pertandingan dan seri sebanyak satu kali. 

Pada pertandingan antara Indonesia melawan China, Garuda kebobolan 2 gol pada babak pertama melalui tendangan Behram Abduweli pada menit ke-21 yang menerima umpan di dalam kotak penalti Indonesia.

23 menit kemudian atau pada menit ke-44, giliran Zhang Yuning yang berhasil memasukkan bola ke gawang Indonesia yang dijaga oleh Maarten Paes. Zhang berhasil lolos dari penjagaan pemain belakang Indonesia setelah menerima umpan terobosan.

Skor 2-0 untuk China berakhir sampai wasit meniup dengan panjang tanda babak pertama usai. Pada babak kedua, Kepala Pelatih Tim Nasional Shin Tae-yong yang enggan kalah memastikan tim nasional Indonesia berusaha lebih keras mendobrak pertahanan China.

Indonesia pun terlihat mendominasi jalannya pertandingan. Tidak hanya itu, berbagai upaya tendangan ke gawang juga dilakukan oleh para pemain. Namun, pertahanan yang kokoh dari Negeri Tirai Bambu membuat gawangnya tidak kebobolan.

Pada babak kedua, Tae-yong juga memasukkan Rizky Ridho menggantikan Shayne Pattynama, Marselino Ferdinan menggantikan Witan Sulaeman, dan Thom Haye yang menjadi pengganti Mees Hilgers.

Tidak hanya itu, sang pelatih kepala juga memasukkan Malik Risaldi menggantikan Ivar Jenner dan Pratama Arhan yang mengganti Asnawi Mangkualam. Perubahan itu membuahkan hasil lantaran pada menit ke-86 Thom Haye berhasil mencetak gol dan membuat skor menjadi 2-1.

Tim nasional Indonesia yang berusaha terhindar dari kekalahan berusaha menekan China. Namun, upaya itu tidak membuahkan hasil sampai wasit meniup peluit dengan panjang sebagai tanda babak kedua telah usai.

Berikut klasemen semntara Grup C
  1. Jepang: 10
  2. Australia: 5
  3. Arab Saudi: 5
  4. Bahrain: 5
  5. Indonesia: 3
  6. China: 3
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fakta Menarik Serial Aku Tak Membenci Hujan, Sudah Mulai Proses Produksi

BERIKUTNYA

JKT48 Gelar Konser Wonderland 13th Anniversary & Sousenkyo, Cek Harga Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: