Jungkook BTS (Twitter/@Bts_bighit)

Jungkook BTS Bawakan Magic Shop di Konser Mini, Makna Lagunya Jadi Obat Mental

22 November 2023   |   14:56 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Jungkook BTS menggelar konser mini (showcase) bertajuk Golden Live on Stage pada Senin malam (20/11/2023) di Janchung Arena, Jung-gu, Seoul. Sekitar 2.800 ARMY (fans BTS) yang beruntung bisa menyaksikan penampilan Jungkook membawakan lagu-lagu terbarunya dan lagu BTS secara langsung.

Para ARMY tersebut adalah penggemar yang membeli album Golden dan memenangkan undian berupa tiket showcase Golden Live On Stage. Saat membuka penampilannya, Jungkook menjelaskan makna dari kata Golden yang sangat berati baginya.

Pelantun 3D tersebut menyebutkan bahwa kata golden itu seolah-olah sudah bersamanya sejak masih ada dalam kandungan sang ibu. "Golden adalah kata yang bermakna untukku, mimpi kelahiranku adalah hujan emas (golden rain)," ujarnya. 

Baca juga: Gokil, Album Golden Jungkook Capai 2,32 Miliar Streaming di Spotify saat Perilisan

Berdasarkan penuturan Jungkook, ibunya bermimpi hujan emas saat sedang mengandungnya. Biasanya para ibu di Korea menganggap mimpi baik saat sedang mengandung akan membawa keberuntungan untuk anak mereka.

Selain itu, golden juga punya makna lain bagi Jungkook. Seperti yang diketahui, pria kelahiran 1997 tersebut dijuluki Golden Maknae dalam grupnya yang berarti anggota termuda BTS yang serba bisa.

Dalam showcase, Jungkook membawakan lagu-lagu dari album debut solonya, Golden yang dirilis pada 3 November 2023. Penampilan dibuka dengan lagu Standing Next to You, Yes or No, Somebody, dan Closer to You.

Saat pertengahan acara, dia memutarkan video berjudul G.C.F in Budapest, sebuah vlog yang mengisahkan perjalanannya ke Ibu Kota Hungaria untuk syuting video klip Standing Next to You.

Berikutnya, Jungkook membawakan lagu 3D, Hate You, Shot Glass of Tears, Too Sad to Dance, Please Don’t Change, lalu ditutup dengan Seven. Tak sampai disana, masih ada dua lagu encore yakni Magic Shop dari BTS dan lagu solonya Still With You. 

Showcase
berlangsung dengan intim, hangat, dan berkesan bagi para ARMY yang hadir di sana secara langsung.
 

Makna Lagu Magic Shop

Magic Shop menjadi salah satu lagu yang dibawakan oleh Jungkook di showcase Golden Live On Stage. Lagu ini ditulis oleh Jungkook, SUGA, RM, J-hope, serta para produser berbakat seperti ADORA, Candace Sosa, DJ Swivel, dan Hiss Noise.

Setiap bait liriknya memiliki makna yang mendalam bagi BTS dan para ARMY. Melalui lagu ini para anggota BTS mengatakan bahwa mereka akan selalu ada untuk mendukung serta menghibur para penggemarnya dan semua orang di dunia.

Orang-orang yang merasa putus asa dan lelah, sampai ingin melarikan diri dari kenyataan, mereka bisa membuka ‘pintu ajaib’ dalam dirinya. Di sanalah kalian akan menemukan 'magic shop' atau ‘toko ajaib’ yang akan menyembuhkan luka dan menghibur hati yang sedih.

Lagu Magic Shop didasarkan pada memoar berjudul Into the Magic Shop karya James Doty seorang ahli bedah saraf Amerika. Melalui tulisannya, Doty menjelaskan bagaimana seorang wanita pemilik toko sulap mengajarinya latihan untuk meringankan penderitaannya saat dia masih kecil.

Buku tersebut berpusat pada bagaimana cara melakukam meditasi dan fokus dalam psikiatri untuk menyembuhkan luka mental. Mengutip dari kanal YouTube psikiater dr. Oh Jinseung, dia memaparkan bahwa makna lagu Magic Shop mengacu pada bagian dari teknik psikoterapi yang juga disebut psychodrama

Salah satu latihannya adalah menjalankan rutinitas toko sulap yang melibatkan permainan peran untuk membantu pasien mengatasi trauma mereka. Psikiater berperan sebagai pemilik toko sulap dan pasiennya akan menjadi pembeli.

Baca juga: Jungkook BTS Rilis Album Solo Golden, Cek Tracklist Lengkapnya

Setiap tamu yang datang dapat membeli sifat-sifat positif dengan menjual ketakutan, kekhawatiran, dan hal-hal negatif mereka. Di ruangan yang disebut toko sulap ini, mereka bisa minum teh, mengobrol, melihat ke langit-langit, sambil berbicara mengenai diri sendiri.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Dar Al Eiman Al Haram Resmi Beroperasi, Pilihan Hotel Bintang Lima di Madinah

BERIKUTNYA

Taylor Swift Kini Berstatus Miliarder, Begini Cara Mbak Tay Gunakan Uangnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: