Ilustrasi bolu ketan hitam (Sumber gambar: Unsplash/Lindsay Cotter)

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Rumahan yang Lembut dan Anti Bantat

19 November 2023   |   17:43 WIB

Bolu. Siapa yang tak kenal dengan kudapan manis dan legit ini? Cita rasa khas yang legit dan teksturnya yang lembut, bikin bolu jadi pilihan kue manis favorit banyak orang. Di Indonesia, bolu tersedia dalam berbagai macam jenis dan rasa seperti bolu ketan hitam, bolu pisang, dan bolu pandan, hingga bolu talas.

Walaupun biasanya tekstur tepung ketan lebih terasa kasar, tetapi bolu ketan hitam dapat dibuat lembut dan tidak seret saat dimakan. Ditambah, bolu ketan hitam ini termasuk kue bebas gluten karena terbuat dari tepung beras ketan hitam, sebagaimana dikutip dari indonesianchefassociation.

Dengan menggunakan takaran bahan yang tepat, Genhype bisa membuat bolu ketan hitam kukus yang empuk dan lembut, loh. Kalian juga bisa memilih cara memasak bolu ini dikukus atau dipanggang. Resep yang akan dibahas kali ini yaitu dengan metode kukus ala rumahan.

Buat Genhype yang ingin mencobanya di rumah, berikut ini adalah resep dan cara membuat bolu ketan hitam yang lembut dan anti bantat. Yuk simak. 

Baca juga: Resep Bolu Kukus Mekar, Kudapan Manis Nan Lembut untuk Akhir Pekan
 

Resep Bolu Ketan Hitam 


Bahan-bahan 

  • 4 butir telur
  • 175 gram tepung ketan hitam
  • 125 gram gula pasir
  • 1 bungkus santan instan
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 1 sdt cokelat bubuk
  • 100 ml minyak sayur
  • 1/2 sdt vanili


Cara Membuat

  1. Campurkan telur, gula pasir, emulsifier, dan vanili secukupnya di dalam sebuah wadah, lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. 
  2. Kocok adonan hingga mengembang, yang ditandai dengan tekstur adonan agak kaku dan warnanya yang berubah menjadi putih seperti busa. 
  3. Setelah adonan mengembang, tambahkan tepung ketan hitam yang dituangkan secara perlahan. Pada tahap ini pastikan kalian mengurangi kecepatan mixer menjadi paling rendah atau kalian dapat mengaduknya pakai spatula. (Tip: jangan terlalu sering mengaduk adonan agar tekstur bolu tidak bantat saat dikukus.)
  4. Setelah itu, tambahkan santan instan dan minyak sayur dengan teknik aduk balik saat mencampur semua bahan secara merata. Cara melakukan teknik ini yaitu dengan mengaduk adonan dari bawah ke atas secara perlahan saja dan pastikan tidak ada endapan minyak di adonan, karena ini penyebab tekstur bolu menjadi bantat. Ingat, disarankan menggunakan spatula untuk mengaduknya.
  5. Tahap mengukus. Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang sebelumnya sudah dilumuri mentega agar tidak lengket. Jangan lupa panaskan kukusan terlebih dahulu sebelumnya, ya.
  6. Genhype bisa mengukus adonan selama 30 menit menggunakan api kecil. Pastikan tutup kukusan dibungkus dengan kain yang bersih agar uap air yang muncul tidak menetes pada adonan bolu.
  7. Setelah dirasa sudah matang, angkat dan diamkan sebentar di suhu ruang. Keluarkan adonan dari loyang secara perlahan, lalu sajikan di piring.
  8. Bolu ketan hitam kukus anti bantat dan legit ini siap disantap bersama orang tersayang. 

Baca juga: Resep Kue Lamington Khas Australia, Bolu Lembut Berlapis Cokelat dan Kelapa Parut

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep STMJ, Ramuan Dopping dengan Kearifan Lokal untuk Menyegarkan Badan

BERIKUTNYA

Serba-serbi Single Kunto Aji Jangan Melamun Saat Hujan, Ternyata Ini Makna Lagunya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: