Ilustrasi bolu kukus mekar. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Resep Bolu Kukus Mekar, Kudapan Manis Nan Lembut untuk Akhir Pekan

10 September 2023   |   03:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bolu kukus adalah salah satu kue tradisional yang sering dijumpai di pasaran. Sering disebut sebagai kue jadul, bolu kukus memiliki bentuk seperti bunga yang sedang mekar dengan warna-warna yang cerah seperti merah muda, hijau, dan kuning. Selain itu, bolu kukus juga memiliki tekstur yang lembut dan ringan.

Bahan-bahan utama dalam membuat bolu kukus umumnya menggunakan tepung terigu, gula, telur, susu, dan soda sebagai bahan pengemulsi. Selain itu, ditambahkan pula berbagai penyedap rasa sekaligus warna seperti vanila, coklat, pandan, dan stroberi yang diperoleh dari sari penyedap makanan.

Baca juga:  20 Tahun Sejak Pumpkin Spice Latte Dirilis, Yuk Coba Buat Sendiri Di Rumah

Bentuk kue yang mekar dari bolu kukus didapatkan dari cara memanggang atau mengukusnya yang menggunakan cetakan kue seperti cup lalu diberi alas kertas roti. Jika takaran dan komposisi bahan-bahannya benar, kalian akan mendapatkan bolu kukus yang mekar dengan tekstur yang lembut dan empuk seperti kue tart atau sifon.
 


Di pasar-pasar tradisional, masih banyak dijumpai kue bolu kukus. Biasanya, bolu kukus dinikmati sebagai pelengkap minum teh hangat pada pagi hari atau untuk teman bersantai di rumah. Selain itu, bolu kukus juga masih kerap ditemui di berbagai acara seperti hajatan pernikahan ataupun syukuran sebagai pilihan makanan ringan.

Selain rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut, bolu kukus juga cenderung mudah dibuat karena menggunakan bahan-bahan yang terjangkau. Bagi kalian yang sedang mencari ide kudapan akhir pekan untuk keluarga di rumah, berikut adalah resep Bolu Kukus Mekar yang bisa dicoba.

Resep Bolu Kukus Mekar
Bahan-bahan:
  • 275 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 185 ml air soda (sprite)
  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1 1/2 sdt emulsifier (SP)
  • Pasta pandan dan pewarna makanan secukupnya

Cara Membuat:
  1. Siapkan wadah lalu masukkan gula pasir, telur, air soda atau sprite, tepung terigu dengan cara diayak dengan saringan, dan vanili bubuk.
  2. Campurkan semua bahan dengan alat mixer kecepatan rendah. Setelah tercampur rata, ubah kecepatan mixer menjadi maksimal hingga seluruh bahan larut dan menjadi adonan yang lembut. Lalu tambahkan emulsifier dan aduk kembali menggunakan mixer.
  3. Setelah sekitar 10 menit diaduk, adonan pun akan berubah putih dan mengembang lalu matikan mixer. Lanjut aduk adonan menggunakan spatula.
  4. Bagi adonan menjadi tiga mangkuk atau sesuai dengan jumlah pewarna yang digunakan pada bolu kukus. Dua adonan dengan jumlah yang kecil untuk yang bewarna, sementara sisanya yang lebih banyak untuk adonan dasar berwarna putih.
  5. Beri pasta pandan dan pewarna makanan berwarna biru pada adonan lalu aduk hingga tercampur rata.
  6. Siapkan cetakan bolu kukus lalu alasi dengan paper cup. Masukkan terlebih dahulu adonan yang berwarna putih sekitar setengah cetakan. Jika sudah, tambahkan adonan warna hijau,  adonan putih, dan adonan hijau lagi hingga penuh. Begitupun pada adonan berwarna biru.
  7. Panaskan panci kukus yang sudah diisi air mendidih dan beruap. Masukkan adonan bolu kukus dengan berjarak supaya mekar maksimal. 
  8. Sebagai tip, agar bolu kukus mekar, pastikan masukkan air kukusan hanya 1-2 ruas jari. Selain itu, jangan buka tutup panci selama mengukus sampai bolu mekar. Setelah 10 menit dikukus, angkat bolu dari panci lalu sisihkan. Bolu Kukus Mekar pun siap dinikmati.
Baca juga: Resep Pumpkin Soup with Cinnamon Croutons, Enak Dicicipi untuk Sarapan

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

4.000 Penonton Saksikan TRUST Orchestra The Legends 8-Replay: Symphonic Tales from Ghibli

BERIKUTNYA

Cara Membatalkan Langganan Disney+ Hotstar lewat Handphone & PC

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: