Indonesia Arena berada di kawasan Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (Sumber foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Ada Apa Saja sih di Indonesia Arena? Tempat Konsernya Sejumlah Grup K-Pop

12 November 2023   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Grup musik asal Korea Selatan, yakni NCT 127, Red Velvet, dan Key SHINee diagendakan akan menggelar konser di Indonesia. Mereka akan menghibur para penggemarnya di Indonesia di Indonesia Arena, kawasan Gelora Bung Karno, Senaya, Jakarta. 

Sebelumnya, venue tersebut sempat dijadikan tempat kejuaraan dunia olahraga bola basket FIBA atau FIBA Basketball World Cup 2023. Indonesia Arena merupakan fasilitas dalam ruangan baru yang baru saja digunakan pada tahun ini.  Tempat olahraga dalam ruangan multiguna ini memiliki sejumlah fasilitas yang aduhai bagi para pengunjungnya.

Baca juga: Menengok 6 Fasilitas Indonesia Arena Untuk FIBA Basketball World Cup 2023

Venua ini memiliki konsep green building, dibangun dengan mengadopsi filosofi tenun yang merepresentasi semangat gotong royong bangsa Indonesia. Filosofi itu juga menggambarkan berbagai perbedaan yang bersatu membentuk negara yang kuat.  

Indonesia Arena didesain dengan semangat tersebut, yakni seperti keranjang anyaman. Prinsip tumpang tindih anyaman diwujudkan dalam bentuk massa bangunan yang ditumpuk satu sama lain dengan variasi pola yang unik.

Kemudian, bangunan itu juga memiliki kapasitas lebih dari 16.000 orang dan sejumlah fasilitas yang mumpuni. Nah, berikut serba-serbi tentang Indonesa Arena yang perlu diketahui oleh Genhype dirangkum dari berbagai sumber.


Lapangan Utama & Latihan

(Sumber foto: Hypeabis.id/Sufendi)
Indonesia Arena memiliki lapangan utama dan latihan di dalamnya. Lapangan utama tentu menjadi fasilitas utama dari tempat olahraga ini. Selain sebagai ajang kompetisi, fasilitas ini juga bisa menjadi tempat ketika beberapa kegiatan dilakukan, seperti acara musik atau kegiatan lainnya. Lapangan ini terletak di tengah-tengah gedung dengan dikelilingi oleh kursi penonton.

Selain lapangan utama, Indonesia Arena juga disebut memiliki dua lapangan latihan yang bisa digunakan oleh atlet ketika hendak berlaga di tempat ini. Mereka dapat menggunakan lapangan tersebut untuk berlatih sebelum melakoni pertandingan utama.

Dua lapangan itu terletak bersebelahan satu sama lain. Tidak hanya itu, lapangan yang dibangun juga memiliki standarisasi untuk berlatih.


Ruang Ganti Pemain

Selain lapangan, Indonesia Arena juga memiliki fasilitas lain yang dapat digunakan oleh para tim yang akan berlaga berupa ruang ganti pemain. Di tempat ini, para pemain bisa beristirahat, berganti pemain, atau berbicara tentang strategi yang akan dijalani ketika berlaga.

Ruang ganti pakaian yang ada di Indonesia Arena disebut-sebut juga memberikan kenyamanan bagi para pemain lantaran sudah dilengkapi pengatur suhu ruangan.


Kolam Jakuzi

Siapa sangka, salah satu prasarana yang ada di arena khusus tersebut adalah kolam jakuzi. Sebuah kolam besar disediakan untuk berendam dan telah dilengkapi dengan sistem yang dapat memijat tubuh.

Dengan keberadaan kolam tersebut, maka pemain yang sedang lelah setelah bertanding dapat bersantai dan menenangkan tubuh. Mereka diharapkan dapat kembali segar dan siap untuk bertanding pada waktu berikutnya.


Kamar Bilas


Kamar bilas adalah fasilitas lain yang di Indonesia Arena. Di kamar ini, para pemain dapat membilas tubuh setelah bertanding dan berkeringat. Dengan begitu, maka para pemain diharapkan dapat lebih segar dan juga bisa kembali beraktivitas setelah bertanding dengan lawan mereka di lapangan utama.


Skybox

Fasilitas lainnya yang ada di Indonesia Arena adalah Skybox, yang dapat membuat penonton menikmati pertandingan dengan cara yang eksklusif dan nyaman. Di tempat ini, para penonton dapat menyaksikan pertandingan dari atas.

Tidak hanya itu, interior seperti sofa, mini bar, dan sarana lainnya juga yang tersedia di Skybox, yang akan membuat penonton bisa menyaksikan pertandingan piala dunia dengan lebih berkesan.

Baca juga: Intip Kecanggihan dan Desain Indonesia Arena yang Bakal Jadi Venue Indonesia Open 2024
 

SEBELUMNYA

Piala Dunia U-17 2023 Indonesia: Tim Unggulan Bertumbangan pada Pertandingan Pertama

BERIKUTNYA

Hypereport: Desainer Muda Ikuti Jejak Para Tokoh Mode Nasional, dari Albert Yanuar sampai Rama Dauhan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: