Pemain Iran U -17 saat melawan Brasil U-17 (Sumber gambar: FIFA)

Piala Dunia U-17 2023 Indonesia: Tim Unggulan Bertumbangan pada Pertandingan Pertama

12 November 2023   |   17:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Piala Dunia U-17 2023 FIFA tengah berlangsung. Kompetisi tertinggi dalam dalam kelompok umur 17 tahun itu telah merampungkan pertandingan hari keduanya, dan berbagi hasil mengejutkan tersaji pada Sabtu, 11 November 2023. Tim - tim yang dijagokan tercatat tumbang dalam pertandingan pertamanya di kompetisi itu. 

Pada Sabtu, 11 November 2023, terdapat total empat pertandingan babak penyisihan grup, yakni Kaledonia Baru melawan Inggris dan Brasil berhadapan dengan Iran di Grup C. Sementara di Grup D, tim yang bertanding adalah Jepang vs Polandia dan Argentina melawan Senegal.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Piala Dunia U-17 12 November 2023, Adu Sengit Grup E dan F

Pertandingan pertama di Grup C antara Kaledonia Baru melawan Inggris memperlihatkan kelas yang berbeda antara keduanya. Tim yang berjuluk The Three Lions itu berhasil meggasak Keledonia Baru dengan skor 10 – 0.

Gol – gol tim nasional U-17 Inggris ke gawang Kaledonia Baru dilesatkan oleh Reiss Denny, Justin Oboavwoduo, tyler Dibling, Josh- Kofi Acheampong, Sam Amo – Ameyaw, Ethan Nwaneri, Harrison Murray-Campbell, dan Finley McAllister.

Sementara itu, satu gol lainya dari untuk Inggris tercipta dari pemain asal Kaledonia Baru yang melakukan gol bunuh diri pada menit ke-80, yakni Wadria Hanye. Dalam pertandingan itu juga, satu pemain Kaledonia Baru mendapatkan kartu merah, yakni Nolhann Alebate.

Statistik FIFA menunjukkan bahwa pengusaan bola Inggris mencapai 64 persen dan Kaledonia Baru sebesar 22 persen. Selama 90 menit pertandingan, Inggris melesatkan tendangan tepat sasaran sebanayk 20 kali.

Kemudian, 12 kali lainnya melenceng dari sasaran. Tim tersebut juga melakukan tendangan dari dalam kotak pinalti mencapai 29 kali dan di luar area 12 pas sebanyak 12 kali.

Sementara itu, Kaledonia Baru hanya melesatkan satu tembakan melenceng ke gawang dan melakukan percobaan menembak dari luar kotak pinalti sebanayk 2 kali.

Masih dalam grup yang sama, Brasil yang merupakan juara bertahan harus tunduk dari lawannya dalam laga yang berlangsung pada Sabtu, 11 November 2023 pukul 19.00 WIB di Jakarta International Stadium, Jakarta.

Tim nasional yang berjulukan Selecao itu kalah 2 – 3 dari Iran. Brasil sebenarnya unggul lebih dahulu dengan gol dari pemain bernama Rayan dan gol bunuh diri pemain Iran, yakni Abolfazl Zamani. Namun, Iran berhasil bangkit dan membalikkan keadaan.

Gol pertama Iran dicetak oleh Yaghoob Barajeh pada menit ke-54. Kemudian, tim ini menambah pundi-pundi golnya melalui pemain bernama Kasra Taheri pada menit ke-69. Esmaeil Gholizadeh berhasil memperbesar skor Iran pada menit ke-73.

Brasil tidak mampu menyamakan kedudukan atau membalikkannya sampai wasit meniup peluit dengna panjang. Kekalahan ini membuat Selecao belum memiliki poin dan harus bekerja keras untuk lolos fase grup.

Di Grup D, Jepang berhasil mengalahkan Polandia dengan skor 1 – 0. Bertanding di Si Jalak Harupat Stadium, Negeri Sakura itu baru mampu unggul pada ujung babak kedua lewat pemain Rento Takaoka pada menit 76.

Rento Takaoka adalah pemain yang baru masuk pada menit ke-69. Dia menggantikan Gaku Nawata, dan berhasil menjawab kepercayaan yang diberikan oleh pelatih. Polandia yang berusaha mengejar ketertinggalan tidak mampu berbuat banyak.

Pertandingan mengejutkan lainnya datang dari Grup D saat Argentina melawan Senegal. Tim Tango tidak mampu meraih kemenangan pada pertandingan pertamanya di Si Jalak Harupat Stadium, Bandung.

Argentina tercatat kebobolan dengan cepat pada menit ke-6 lewat pemain Amara Diouf. Alih-alih menyusul, Tim Tango malah kemasukan lagi pada menit ke-38. Lagi – lagi, Amara Diouf menjadi pemain yang membuat kiper memungut bola dari dalam gawang.

Argentina baru bisa memecah kebuntuan pada menit 90 + 2, sehingga skor berubah menjadi 1 – 2. Agustin Ruberto adalah pemain yang berhasil melesatkan bola ke dalam gawang Senegal.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Pertemuan Argentina vs Senegal di Piala Dunia U-17

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jadwal Pertandingan Piala Dunia U-17 12 November 2023, Adu Sengit Grup E dan F

BERIKUTNYA

Ada Apa Saja sih di Indonesia Arena? Tempat Konsernya Sejumlah Grup K-Pop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: