Ilustrasi bendera merah putih. (Sumber gambar: Mufid Majnun/Unsplash)

Hari Pahlawan Nasional 2023: Simak Sejarah, Tema & Ucapan Peringatannya

10 November 2023   |   07:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Pahlawan Nasional diperingati pada 10 November tiap tahunnya. Peringatan ini dibuat untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia mengenang jasa-jasa pahlawan dan pejuang yang gugur di medan perang, demi merebut kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah. 

Penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan diambil dari terjadinya peristiwa pertempuran besar antara tentara Indonesia dan pasukan Inggris di Surabaya pada 10 November 1945. Pertempuran itu adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sekaligus menjadi pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional. 

Mengutip Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 dari Kementerian Sosial RI, di tengah gencatan senjata sejak 29 OKtober 1945, bentrokan-bentrokan tetap terjadi antara rakyat Indonesia dan tentara Inggris di Surabaya. Konflik itu akhirnya memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur, pada 30 Oktober 1945. 

Kematian itu membuat pihak penjajah Inggris murka hingga mengeluarkan ultimatum. Mereka meminta kepada rakyat Indonesia untuk menyerahkan persenjataan, serta menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA. Termasuk, mengancam akan menggempur kota Surabaya dari darat, laut, dan udara apabila rakyat Indonesia tidak mentaati perintah Inggris.

Baca juga: 10 Film Perjuangan untuk Merayakan Hari Pahlawan Nasional, dari Lawas hingga Kini

Mereka juga mengeluarkan instruksi yang berisikan semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945, pukul 06.00 pagi pada tempat yang telah ditentukan.

Namun, ultimatum itu tidak ditaati oleh rakyat Surabaya, sehingga terjadilah pertempuran yang sangat dahsyat pada tanggal 10 November 1945, selama lebih kurang tiga minggu lamanya.

Kala itu, Surabaya berubah menjadi medan perang yang kacau balau hingga mendapatkan julukan 'neraka', karena banyak pejuang yang gugur. Pertempuran tersebut telah mengakibatkan sekitar 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban, dengan sebagian besar adalah warga sipil.

Selain itu, diperkirakan 150.000 orang terpaksa meninggalkan kota Surabaya, dan tercatat sekitar 1.600 orang prajurit Inggris tewas, hilang dan luka-luka serta puluhan alat perang rusak dan hancur.

Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban saat itu, serta semangat membara tak kenal menyerah yang ditunjukkan rakyat Surabaya, membuat Inggris bak terpanggang di neraka dan membuat kota Surabaya kemudian dikenang sebagai kota pahlawan. 

Akhirnya, diputuskan tanggal 10 November diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang. Beberapa Pahlawan Nasional yang memiliki andil dalam Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, diantaranya KH. Hasyim Asj’ari, Gubernur Surjo, Bung Tomo dan Moestopo.

Logo dan tema Hari Pahlawan Nasional 2023. (Sumber gambar: Kementerian Sosial RI)

Logo dan tema Hari Pahlawan Nasional 2023. (Sumber gambar: Kementerian Sosial RI)


Tema Hari Pahlawan Nasional 2023

Setiap tahunnya, peringatan Hari Pahlawan Nasional selalu mengangkat tema-tema tertentu yang relevan dengan kondisi semangat zaman. Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengumumkan bahwa tema Hari Pahlawan 2023 adalah Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.

Tema itu diambil dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia menjadi bagian dari langkah mengobarkan semangat pahlawan dalam membangun ekonomi Nusantara. Tujuannya adalah untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera.

Seluruh masyarakat diharapkan bisa menjadi Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), orang-orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membebaskan diri dari ketergantungan terhadap bantuan sosial pemerintah (graduasi), dengan mengembangkan kemampuan berwirausaha.

Dengan begitu, akan semakin banyak rakyat Indonesia yang mampu mengambil peran sebagai penggerak roda ekonomi negara, pencipta lapangan kerja, dan berkontribusi positif bagi kesejahteraan rakyat.

Selain itu, ekonomi pun diharapkan menjadi lebih inklusif ketika usaha-usaha kecil dilibatkan dan dikembangkan, serta industri lokal didukung dan tumbuh menjadi pelaku-pelaku inovasi ekonomi yang bermanfaat nyata bagi masyarakat.

"Dengan semangat Pahlawan Ekonomi Nusantara yang diwujudkan dalam tindakan nyata, kita berharap genderang peperangan terhadap kemiskinan terus ditabuh agar rakyat semakin sejahtera. Semangat Pahlawan Ekonomi Nusantara harus diwujudkan secara nyata, bukan hanya sekadar asa. Inilah yang akan membawa perubahan positif bagi Indonesia," tulis Kemensos RI.


Ucapan Hari Pahlawan Nasional 2023

Pada momen Hari Pahlawan Nasional, kalian bisa berbagi ucapan yang memuat ungkapan selamat hingga harapan untuk perayaan tersebut. Berikut adalah daftar ucapan Hari Pahlawan Nasional yang bisa menjadi inspirasi.
  1. Selamat Hari Pahlawan Nasional 2023! Mari kita selalu mengenang perjuangan heroik para pahlawan.
  2. Keberanian dan dedikasi para pahlawan dalam mengorbankan segalanya demi kemerdekaan, patut menjadi suri tauladan bagi kita. Selamat Hari Pahlawan!
  3. Pahlawan adalah inspirasi bagi kita semua. Teruslah berjuang untuk mempertahankan nilai-nilai keadilan dan kebebasan. Selamat Hari Pahlawan Nasional!
  4. Keberanian pahlawan telah membentuk masa depan kita. Mari kita jaga warisan mereka dengan bangga. Selamat Hari Pahlawan Nasional!
  5. Hari ini adalah pengingat bahwa perjuangan tidak pernah sia-sia. Teruslah berjuang untuk cita-cita kebangsaan. Selamat Hari Pahlawan!
  6. Hari ini, mari kita bersatu untuk mengenang dan merayakan jasa para pahlawan kita. Selamat Hari Pahlawan Nasional!
  7. Selamat Hari Pahlawan 2023. Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan!
  8. Selamat Hari Pahlawan. Semoga terus lahir pahlawan-pahlawan muda berprestasi yang mengharumkan bangsa, memiliki semangat juang dalam membangun negeri, serta menjadi inspirasi bagi masyarakat di sekitarnya.
  9. Selamat Hari Pahlawan. Jadilah sosok pahlawan masa kini yang bisa membanggakan Tanah Air.
  10. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2023. Semoga kita bisa menjadi pahlawan untuk diri sendiri serta orang lain di sekitar kita.
  11. Di Hari Pahlawan ini, mari kita bersama-sama membangun bangsa yang lebih baik, sesuai dengan cita-cita para pahlawan kita.
  12. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Cara terbaik untuk membalas jasa pahlawan adalah meneruskan perjuangan dengan menjaga persatuan dan keutuhan bangsa. Selamat Hari Pahlawan!
  13. Hari ini, kita merayakan keberanian dan pengorbanan para pahlawan. Selamat Hari Pahlawan!
  14. Kita adalah generasi yang berutang budi pada para pahlawan. Selamat Hari Pahlawan Nasional!
  15. Pahlawan-pahlawan kita adalah pilar-pilar kemerdekaan. Terima kasih dan selamat Hari Pahlawan!
Baca juga: 5 Cara Merayakan Hari Pahlawan, Tebarkan Spirit Kepahlawanan bagi Generasi Muda!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Makin Diminati, Bisnis Kosmetik Alami Kian Wangi

BERIKUTNYA

Cek Daftar Promo Makanan 11.11, Ada Yoshinoya hingga Waroeng Steak & Shake

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: