Ilustrasi perayaan Hari Pahlawan (Sumber gambar: Hobi Industri/Unsplash)

5 Cara Merayakan Hari Pahlawan, Tebarkan Spirit Kepahlawanan bagi Generasi Muda!

10 November 2022   |   10:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional setiap 10 November 2022. Hari ini diperingati sebagai momen bagi warga negara Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raga mereka demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Secara lebih luas, peringatan Hari pahlawan juga mengajak setiap orang untuk memaknai pahlawan masa kini yang berjasa bagi kehidupan bangsa. Dalam semangat hari pahlawan ini, kamu bisa membagikan makna pahlawan bagi generasi muda melalui kegiatan-kegaiatan positif. Agar tidak bingung, yuk simak beberapa cara merayakan Hari Pahlawan yang bisa dijadikan referensi untuk memperingati 10 November 2022!
 

Ilustrasi perayaan Hari Pahlawan (Sumber gambar: Pranata Haroun/Unsplash)

Ilustrasi perayaan Hari Pahlawan (Sumber gambar: Pranata Haroun/Unsplash)
 

1. Mengikuti upacara bendera

Bagi Genhype yang masih sekolah, mengikuti upcara bendera secara hikmat merupakan salah satu cara serderhana untuk mengapresiasi jasa para pahlawan. Dengan mengikuti upacara bendera, artinya kamu meluangkan sedikit waktu untuk mengenang jasa para pahlawan utamanya saat momen Mengheningkan Cipta. Tidak hanya di sekolah, biasanya beberapa instansi kerja dan kampus juga mengelar upacara bendera memperingati Hari pahlawan.
 

2. Mengikuti lomba dengan tema Hari pahlawan

Merayakan Hari pahlawan juga bisa dilakukan dengan semangat kompetisi yang digelorakan anak muda. Biasanya ada beberapa lomba yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah atau swasta dalam peringatan hari pahlawan. Kamu bisa mengikuti lomba yang didasarkan pada hobi atau pekerjaan misalnya lomba foto bertema Hari Pahlawan, lomba menulis tentang Makna Pahlawan, lomba melukis sosok pahlawan, hingga lomba cosplay kostum pahlawan, dan lain sebagainya.
 

3. Posting mengenai makna pahlawan dan sosoknya

Semangat memperingati hari pahlawan juga bisa disebarkan melalui media sosial. Caranya, kamu cukup memposting mengenai makna pahlawan menurutmu. Cara lainnya dapat dilakukan denganmengunggah sosok pahlawan favorit disertai deskripsi mengenai jasanya dalam memerdekakan atau memajukan Indonesia.
 

4. Membahas pahlawan masa kini

Genhype hobi berdiskusi? Kamu bisa membuka atau terlibat dalam diskusi-diskusi mengenai pahlawan. Tidak hanya membahas pahlawan di masa kemerdekaan, kamu juga bisa membahas mengenai pahlawan masa kini dan sumbangsihnya bagi bangsa Indonesia. Selain menjadi cara memperingati hari pahlawan, diskusi mengenai hal ini juga bisa menambah wawasan sejarah dan lainnya.


5. Belajar tentang sejarah kemerdekaan

Cara sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk memperingati 10 November 2022 ini adalah dengan mempelajari tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Kamu bisa membaca buku tentang sejarah perjuangan bangsa dan sosok penting di balik kemerdekaan Indonesia. Selain membaca buku, Genhype juga bisa berkunjung ke perpustakaan nasional, museum, atau monumen penting yang ada di Indonesia.

Genhype, itulah beberapa cara merayakan Hari Pahlawan 10 November 2022. Selamat Hari Pahlawan!


Editor: Roni Yunianto 

 

SEBELUMNYA

Aktor Lee Jung-jae & 8 Aktor Ini Akan Bintangi Serial Star Wars The Acolyte

BERIKUTNYA

Sambut Hari Imunisasi Sedunia, Ini Daftar Vaksin Penting Berdasarkan Usia Menurut CDC

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: