(Sumber gambar: unsplash/Amrtaha™)

Mengenal Teknik Mewing, Apa Benar Bisa Memperbaiki Struktur Rahang?

07 November 2023   |   06:32 WIB

Apakah Genhype pernah mendengar istilah mewing? Beberapa waktu belakangan, teknik mewing cukup populer dan viral, hingga banyak orang yang mencoba melakukannya. Hal ini dipercaya bisa memperbaiki bentuk wajah dan rahang yang miring menjadi bagus dan lebih menarik.

Untuk mengetahui apakah teknik ini menampakan hasil sungguhan atau justru berbahaya, simak penjelasannya lebih lanjut.


Apa itu Mewing?

Teknik mewing merupakan teknik dengan gerakan yang diklaim dapat membantu meniruskan wajah kalian. Melansir dari mewing.coach, teknik ini dipopulerkan oleh seorang ayah berserta anaknya, yang berprofesi sebagai ortodontis atau dokter gigi spesialis yang menangani kelainan pada gigi dan rahang.


Manfaat Mewing

Hal dasar dari teknik ini yaitu, dilakukan dengan cara memosisikan lidah dengan menempel di langit-langit mulut. Manfaat utama dari teknik mewing sendiri yakni, untuk memperbaiki dan memperjelas garis rahang, sehingga wajah akan terlihat lebih tirus. Hal lainnya, teknik ini pun dipercaya dapat mengatasi sleep apnea dan meredakan masalah mendengkur atau ngorok.

Baca juga: Mencari Mekanisme Koping yang Tepat dan Belajar Teknik Mindfulness

Berikut ini bagaimana cara melakukan mewing
1. Rapatkan bibir.
2. Posisikan rahang hingga gigi depan bawah berada tepat di belakang gigi depan atas.
3. Posisikan lidah menempel sepenuhnya di langit-langit mulut.
4. Tempatkan ujung lidah tepat di belakang gigi depan atas, tapi jangan sampai menyentuh.

Mungkin, saat pertama Genhype melakukan teknik ini bisa merasa lelah atau pegal pada bagian wajah atau rahang. Tetapi, jika teknik ini dilakukan secara teratur maka lama-kelamaan kalian akan terbiasa serta manfaatnya bisa lebih terlihat. Oleh sebab itu, teknik mewing disarankan agar dilakukan sesering mungkin. Namun sebaiknya dilakukan atas pantauan ahli ortodentis.
 

Efek Samping Mewing

Penting untuk dipahami bahwa teknik ini juga memiliki beberapa risiko dan sebaiknya kalian pastikan cara mewing yang dilakukan aman dan tepat. Ternyata, rahang adalah bagian tubuh dengan fungsi yang agak rumit. Maka dari itu, adanya perubahan pada rahang berisiko memengaruhi bagian tubuh yang lain.

Singkatnya, walaupun teknik ini berhasil memperbaiki bentuk atau posisi rahang kalian, perubahan ini ternyata bisa berpengaruh pada fungsi hingga berbahaya untuk bagian tubuh lainnya.

Berikut ini dampak buruk dari mewing:
-Rahang atas dan bawah tidak sejajar.
-Gigi menjadi tidak rata.
-Gigi bisa copot atau patah akibat tidak sejajar hingga tertekan.
-Nyeri sendi rahang atau gangguan fungsi engsel rahang (tempomandibular joint syndrome atau nyeri TMJ).


Jika Genhype tidak ingin mengambil risiko dari teknik mewing, kalian disarankan mencoba teknik lain yang sudah terbukti dan aman untuk memperbaiki gigi dan rahang seperti penggunaan kawat gigi dan alat latihan rahang.

Baca juga: Kenali Breathwork, Teknik Bernapas dengan Segudang Manfaat

Tentunya lebih baik jika periksa langsung oleh dokter gigi agar kalian bisa mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat.
Ditambah, video atau foto di internet tentang teknik mewing tidak bisa dijadikan patokan dalam menilai apakah teknik ini akan efektif dalam memperbaiki bentuk wajah.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Film Horor Anyar Rizal Mantovani Berjudul Pusaka Bakal Tayang 2024

BERIKUTNYA

Duh, Penyakit Degeneratif Malah Jadi Benang Kusut yang Mengintai Usia Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: