Pengguna Kereta Cepat Whoosh (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P)

Jumlah Penumpang KCIC Cetak Rekor Tertinggi, Tiket Ludes Terjual Lebih dari 200.000

06 November 2023   |   13:09 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Rasa penasaran masyarakat mencoba menaiki Kereta Cepat Whoosh cukup tinggi. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat bahwa tiket yang telah dipesan oleh masyarakat sampai keberangkatan Sabtu, 11 November 2023 mencapai 216.000 tiket.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menuturkan bahwa dari total tiket tersebut, Kereta Cepat Whoosh sudah memberangkatkan 170.000 orang sampai 4 November 2023. “Saat ini Tiket Kereta Cepat Whoosh November sudah dibuka penjualannya secara bertahap di aplikasi Whoosh kereta cepat, Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, web ticket.kcic.co.id, serta loket dan ticket vending machine di stasiun,” katanya dikutip Senin (6/11/2023).

Baca juga: KCIC Tambah Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Sampai 30 Oktober 2023

Sementara itu, jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh mampu mencapai 18.000 orang dalam satu hari pada 4 November 2023. Jumlah ini yang tertinggi selama moda transportasi berbasis rel dengan kecepatan 350 km/ jam itu dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023.

Mereka yang bepergian dengan pada akhir pekan mayoritas untuk berlibur, diikuti untuk urusan bisnis, bekerja, dan kepentingan lainnya.

Jumlah penumpang yang mencapai sekitar 18.000 orang tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan Sabtu, 28 Oktober 2023, yang mencapai 13.490 orang. Pertumbuhan penumpang itu dapat terjadi lantaran jumlah perjalanan kereta mengalami penambahan sebesar 28 persen, yakni dari 25 perjalanan menjadi 32 perjalanan per hari.

Penambahan jumlah kereta tersebut guna mengakomodir permintaan masyarakat untuk menggunakan kereta tersebut.

Manajemen mengimbau penumpang memperhatikan jadwal keberangkatan karena Kereta Cepat Whoosh berangkat tepat waktu, sebab pihaknya tidak dapat menunggu penumpang yang telat.

Tidak hanya itu, gate boarding juga ditutup 5 menit sebelum kereta diberangkatkan. Dengan begitu, perusahaan meminta penumpang untuk datang setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan agar tidak tertinggal kereta.

Dia menuturkan bahwa manajemen melakukan evaluasi layanan kereta secara berkala, baik jadwal perjalanan, integrasi moda transportasi, fasilitas di area stasiun, sampai layanan penumpang dari petugas.

"KCIC akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang Kereta Cepat Whoosh. Evaluasi terhadap pelayanan dan operasional akan terus dilakukan bersama seluruh stakeholder untuk menghadirkan layanan Kereta Cepat Whoosh yang nyaman, aman, dan selamat," ujar Dwiyana

Menurutnya, keamanan dan kenyamanan penumpang menjadi prioritas manajemen dalam menyediakan layanan Kereta Cepat Whoosh di dalam negeri.  

Untuk diketahui, Kereta Cepat Whoosh merupakan kereta pertama di Indonesia yang memiliki kecepatan 350 km/ jam. Moda transportasi berbasis rel ini dapat melaju dengan kecepatan itu lantaran beberapa faktor.

Selain tipe kereta yang digunakan adalah yang paling canggih, Kereta Cepat Whoosh juga memiliki dukungan listrik besar yang pada akhirnya berpengaruh terhadap kinerja mesin yang digunakan oleh kereta tersebut.

Dia menambahkan, masyarakat dapat menghubungi layanan konsumen KCIC di stasiun, email ke [email protected], telepon ke 121, website kcic.co.id, dan sosial media KCIC di Kereta Cepat ID untuk informasi lebih lanjut dan layanan pelanggan.

Baca juga: KCIC Sediakan Layanan Refund Tiket Kereta Cepat Whoosh

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mengolah Rasa Karya-karya Benyamin Suaeb di Museum Mini ICAD 2023

BERIKUTNYA

Konser The Legends 9: Adventures from Disney – Pixar Mengubah Stereotip Orkestra yang Ngebosenin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: