Kereta makan suite class membuat konsumen seperti berada di Kereta Suite Class Compartment (Sumber gambar: PT KAI)

Berkelasnya Kereta Makan Suite Class Compartment yang Segera Dioperasikan KAI

03 November 2023   |   17:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah meluncurkan kereta Suite Class Compartment, PT Kereta Api Indonesia menghadirkan kereta makan dengan suasana suite class. Kereta ini digabung dengan rangkaian KA Bima dan KA Argo Semeru, relasi Gambir -Surabaya Gubeng. Adapun, desain yang dihadirkan mengusung tema Nature with Harmony.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia Joni Martinus mengatakan bahwa kehadiran kereta makan dengan suasana suite class itu guna meningkatkan layanan terhadap pelanggan KA Bima dan KA Argo Semeru. “Baik pelanggan Kereta Suite Class Compartment maupun kereta kelas eksekutif dapat menikmati kereta makan baru ini,” kata Joni dalam pernyataan yang diterima Hypeabis.id, Jumat (3/11/2023). 

Baca juga: Yuk Intip Desain & Fasilitas Kereta Suite Class Compartment yang Mewah dan Futuristik
 

Kereta makan suite class (Sumber gambar: PT KAI)

Kereta makan suite class (Sumber gambar: PT KAI)

Kedua kereta makan itu akan mulai beoperasi berbeda-beda. Kereta makan suite class yang dirangkaikan di KA Bima Relasi Gambir – Surabaya Gubeng akan mulai beroperasi lebih dahulu, yakni Sabtu, 4 November 2023. Sementara itu, kereta maka yang menjadi bagian dalam rangkaian KA Argo Semeru dengan relasi Gambir – Surabaya Gubeng ditargetkan dapat beroperasi pada Desember 2023.

Keberadaan kereta makan suite class itu akan menggantikan kereta makan yang selama ini ada di KA Bima dan KA Argo Semeru. Perusahaan sendiri mendesain kereta tersebut menyerupai Kereta Suite Class Compartment. “Seluruh pelanggan KA Bima dan KA Argo Semeru nantinya dapat menikmati hidangan di kereta makan dengan nuansa yang lebih mewah,” ujarnya.

Dengan tema Nature with Harmony, desain kereta ini memadukan warna dan motif alam dengan kearifan budaya nasional untuk desain kereta makan itu. Di interior kereta, bagian dinding lorong kereta menggunakan motif lingkar Borobudur, dengan sudut pandang dari atas yang terangkai, dan menggunakan warna toska.
 

Kereta makan suite class (Sumber gambar: PT KAI)

Kereta makan suite class (Sumber gambar: PT KAI)


Toska menjadi pilihan guna mencerminkan alam yang terdiri atas warna hijau bumi dan warna biru laut samudera, sehingga memberikan kesan sejuk. Sementara itu, filosofi motif Borobudur mencerminkan konsep kosmos dengan struktur dan tata letaknya yang melambangkan alam dan perjalanan menuju pencerahan atau kejayaan, dengan pondasi yang kuat dan kokoh menjaga kestabilannya.

Di bagian plafon, ukiran Perisai Talawang dari material kayu dengan motif Burung Enggang yang dianggap suci dan gagah juga terpasang. Keberadaannya memiliki filosofi perlindungan diri sekaligus menumbuhkan keberanian dan tekad keras memperjuangkan cita-cita. Adapun ornamen lantai kereta tersebut menggunakan material tahan air dan ramah lingkungan dengan motif kayu.

Joni menambahkan, kereta makan suite class itu juga memiliki sejumlah fasilitas seperti sofa yang lebih empuk, musala yang mewah dan dilengkapi dengan tempat wudu, display menu, area pemesanan yang lebih menawan, dan perlatan yang modern serta baru.

Kereta makan bernuansa suite class tersebut juga merupakan hasil modifikasi KAI di Balai Yasa Manggarai dengan masa pengerjaan 45 hari kerja.

Baca juga: Ini Alasan KAI Gunakan Nama Blambangan Untuk Kereta Api Baru Rute Semarang Banyuwangi

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Inilah Ragam Sayuran untuk Resep Telur Kukus

BERIKUTNYA

Drama Korea yang Penuh Dramatis: 4 Rekomendasi untuk Pecinta Emosi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: