Telur merupakan bahan utama menu masakan telur kukus sayuran (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Daniel Reche)

Inilah Ragam Sayuran untuk Resep Telur Kukus

03 November 2023   |   16:35 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Telur kukus sayuran merupakan menu makanan yang bisa menjadi pilihan Genhype untuk diet selain berolahraga lantaran diolah tanpa minyak dan menggunakan sayuran. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga mudah dicari lantaran Kalian dapat menggunakan beragam sayuran.

Dirangkum dari berbagai sumber, telur kukus sayuran merupakan makanan yang kerap menjadi hidangan masyarakat di dalam negeri. Makanan yang satu ini kerap dipilih lantaran pembuatannya yang termasuk tidak sulit dan enak dibandingkan dengan beberapa menu diet.

Saat membuat, Genhype hanya memerlukan telur, sayuran, dan bumbu-bumbu seperti garam, lada, dan sebagainya. Sayuran yang dapat digunakan juga bervariasi dan sehat untuk dikonsumsi oleh Genhype.

Berikut sayur-sayuran yang dapat digunakan untuk resep menu telur kukus sayuran yang enak dan sehat:

1. Wortel

Sayuran pertama yang dapat menjadi pilihan Genhype untuk membuat menu makanan telur kukus adalah wortel. Sayur yang identik dengan makanan kelinci ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya dan baik bagi tubuh.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, umbi-umbian ini terkenal dengan kandungan vitamin A meskipun di dalamnya juga terdapat vitamin lainnya, seperti vitamin B, K, dan kalium yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, baik bagi jantung, dan paru-paru.

Satu wortel mentah biasa dengan berat 60 gram disebut memiliki 25 kalori dan dapat memenuhi hampir 72 persen kebutuhan vitamin A orang dewasa wanita dan 56 persen laki-laki dewasa.

 

Jagung (sumber foto: Freepik)

Jagung (sumber foto: Freepik)




2. Jagung

Sayuran lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk digunakan dalam menu telur kukus sayuran adalah jagung. Selain memiliki rasa yang manis dan enak, jagung juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus bagi tubuh.

Kementerian Kesehatan menuliskan bahwa jagung termasuk dalam tanaman serealia yang mengandung serat pangan yang dibutuhkan tubuh. Sayuran yang satu ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah jika dibandingan beras, sehingga kerap menjadi rekomendasi bagi penderita diabetes.



3. Buncis

Buncis menjadi sayuran lain yang dapat dimasukan ke dalam menu telur kukus sayuran. Pemilik nama latin phaseolus vulgaris l itu merupakan makanan yang baik untuk kesehatan karena kaya dengan protein dan vitamin.

Di dalam 100 gram buncis terdapat 1,8 gram protein, 6 mg natrium, 209 mg kalium, vitamin C, zat besi, vitamin B6, kalsium, magnesium, dan sebagainya. Keberadaan buncis di dalam resep telur kukus memberikan rasa yang nikmat selain sehat.

4. Kol/ kubis

Kol atau kubis juga bisa menjadi bagian dalam menu telur kukus sayuran yang dibuat oleh Genhype. Keberadaan sayuran ini dalam masakan kukusan tersebut akan menambah kenikmatan dan sehat bagi tubuh.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menanam Sayuran dengan Teknik Hidroponik

Sayuran ini juga tercatat memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh. Selain protein, kol juga memiliki kandungan vitamin, zat besi, kalsium, karbohidrat, dan sebagainya.

Editor: M R Purboyo

 

SEBELUMNYA

TXT & Sawano Hiroyuki Isi Opening Lagu Anime Solo Leveling

BERIKUTNYA

Berkelasnya Kereta Makan Suite Class Compartment yang Segera Dioperasikan KAI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: