Jungkook (Sumber gambar: Instagram.com/bts.bighitofficial)

Jungkook Raih 1 Miliar Penyiaran Tercepat di Spotify Lewat Lagu Seven

03 November 2023   |   13:53 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Anggota termuda dalam boy group BTS, Jungkook resmi memecahkan rekor terbaru di platform streaming musik Spotify. Pria bernama asli Jeon Jeong-guk ini sukses menggemparkan dunia K-Pop dengan hits solonya bertajuk Seven.

Lagu orisinal yang rilis pada 14 Juli 2023 tersebut sempat duduk di posisi paling atas di berbagai tangga nada dunia selama berbulan-bulan.

Lagu tersebut mendapat banyak angka siaran tinggi di berbagai platform musik. Khusus di Spotify, Jungkook kini dinobatkan sebagai solois yang meraih 1 miliar penyiaran lagu paling cepat. Rekor itu dipecahkan Jungkook pada Senin (30/10/2023).

Hanya dalam waktu 108 hari setelah single tersebut rilis, nama Jungkook kini bertengger dalam Spotify Billions Club, playlist resmi yang khusus menampilkan lagu-lagu dengan jumlah 1 miliar streaming.

Capaian 1 miliar penyiaran ini menandai jajakan baru bagi solois Korea. Debut solo perdana Jungkook pun disambut baik sejak perdana rilis dengan capaian 15,9 juta penyiaran di Spotify. Itu membuat Seven melenggang sebagai raja tangga nada di Spotify. Seven sukses duduk di tangga lagu harian dunia dalam Daily Top Songs Global Spotify sebelum kini masuk dalam chart miliaran penyiaran.
Kepada Spotify, Jungkook pernah menceritakan bagaimana Seven dibuat dengan dukungan anggota BTS lainnya. Salah satunya, Taehyung atau V BTS yang paling pertama mengetahui rencana pembuatan lagu bertajuk romantis ini. V BTS menjadi orang pertama yang diperdengarkan lagu Seven. Dalam proses pembuatan lagunya, Jungkook dan V banyak berdiskusi dan saling berkirim lagu.

Seven membawa irama musik elektronik dengan sentuhan akustik dan gaya musik Inggris 90-an. Seven menceritakan tentang keinginan seseorang untuk terus menemani orang yang disayanginya setiap hari. Oleh karena itu, Seven dalam lagu ini merujuk pada nama-nama hari mulai Senin hingga Minggu.
 

Berkat tempo yang ringan dengan lirik lagu yang familiar, Seven pun sudah diputar sebanyak 62 juta kali hanya dalam waktu 2 hari setelah music video-nya rilis di platform YouTube. Per Jumat (3/11/2023), Seven telah disaksikan hingga 269 juta kali di kanal YouTube Hype Labels.

Lagu kolaborasinya bersama Latto ini bukan yang pertama kalinya memecahkan rekor. Melansir laman Billboard, Seven pernah mendarat di posisi ketiga  dalam Official U.K Singles Chart pada 21 Juli lalu. Itu menandai debut chart tertinggi dari seluruh artis solo asal Korea Selatan.

Baca juga: Jungkook BTS Siap Rilis Debut Album Solo Golden, Gandeng Jack Harlow hingga Shawn Mendes

Selain itu, Seven juga perna bertengger di peringkat pertama dalam Billboard Global 200 dan Billboard Global Excl Chart Amerika Serikat pada 29 Juli lalu. Dengan capaian ini, Seven juga menandai Jungkook sebagai anggota BTS pertama dalam daftar solois dengan lagu paling banyak didengarkan.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Jungkook BTS Rilis Album Solo Golden, Cek Tracklist Lengkapnya

BERIKUTNYA

Danau Toba, Destinasi Wisata Luar Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: