Jakarta Bird Land (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Menjelajah Jakarta Bird Land, Wahana Edukasi Kehidupan Burung yang Ramah Anak

02 November 2023   |   15:55 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Menarik untuk menyaksikan bagaimana kehidupan hewan-hewan penerbang di langit sana. Hewan yang kerap disebut sebagai penjaga langit ini memiliki lebih dari 10.000 spesies dengan total puluhan miliar burung di dunia. Jenisnya pun beragam, mulai dari burung pemangsa, burung endemik, burung hias, dan lainnya.

Genhype bisa mengenal beragam jenis burung secara mendalam, mulai dari habitat dan kebiasaan tiap jenis burung dengan mengunjung wahana edukasi burung.

Baca juga: Intip 5 Destinasi Wisata Mistis di Indonesia, Ada Jakarta

Salah satunya adalah Jakarta Bird Land. Sebuah destinasi yang cocok untuk mengenal  kehidupan berbagai jenis burung di pusat atraksi fauna penerbang yang ada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.  Telah resmi dibuka sejak November 2022, Jakarta Bird Land menghadirkan ratusan burung yang diberi slogan 'Kawan Jaga Langit'.
 
Pengunjung dapat menyaksikan kehidupan burung lebih dekat, mengetahui bagaimana hewan berdarah panas ini bertahan hidup dan berinteraksi dengan berbagai cara. Sebab, Jakarta Bird Land menyediakan area Free Range Bird yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan habitat asli burung di alam liar. Sehingga, pengunjung bisa melihat bagaimana kehidupan alami berbagai jenis burung yang ada di sana.
 
Untuk menambah interaksi yang lebih dekat, pengunjung diperbolehkan memberi makan burung-burung di Jakarta Bird Land secara langsung untuk menggugah pengalaman berinteraksi dengan hewan yang ada di sana. Pengalaman memberi makan ini juga akan didampingi oleh educator guide yang akan memandu dan menjelaskan tentang kehidupan sekitar 600 burung yang ada di dalam area ini.
 

Jakarta Bird Land (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Jakarta Bird Land (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


Memasuki area depan, pengunjung akan disambut dengan kehadiran burung-burung penuh warna yang hinggap di tengah. Kemudian pengunjung bisa mengeksplorasi area Jakarta Bird Land dari sebelah kiri, menyaksikan keindahan burung Makau Amerika dan Kakatua Indonesia dengan bulunya yang indah. Berkeliling ke area tengah, jangan heran jika pengunjung akan melihat burung rangkong berukuran besar di berbagai tempat. Sebab, burung yang memiliki paruh melengkung ini kerap hinggap di papan-papan penunjuk Jakarta Bird Land.
 
Di area tengah menuju belakang, area burung perairan atau water bird siap memukau pengunjung dengan ragam spesiesnya yang unik. Salah satunya adalah hewan yang diklaim sebagai unggas paling cantik di dunia yaitu bebek mandarin. Hewan ini telah ditetapkan Badan Konservasi Alam Internasional sebagai hewan yang dilindungi karena populasinya kian mengalami penurunan. Bebek mandarin dikenal dengan paduan pola, motif, dan warna yang berbeda-beda sehingga memberikan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

Jakarta Bird Land (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Jakarta Bird Land (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Selagi menyaksikan unggas langka tersebut, pengunjung dapat  memalingkan pandangan ke sebelah kanan dengan beberapa jenis unggas yang saling berinteraksi. Misalnya angsa hitam, gagang bayam, pecuk padi hitam, hingga jenis itik lainnya. Karena terdapat area kolam dengan genangan air dan air terjun buatan, banyak burung perairan di area ini yang berenang secara berkelompok mengikuti naluri dan cara hidup mereka.
 
Bagi pengunjung yang ingin melihat kehidupan burung-burung kecil, Jakarta Bird Land menyediakan pengalaman unik lain yang berada di lantai kedua.Dengan ruangan yang terbuka, pengunjung bisa mengeksplorasi area atas Jakarta Bird Land sembari memberi  biji bunga matahari sebagai pakan burung kecil yang sering hinggap di atas.


Atraksi Unik Para Burung Pemangsa

Mini show di Jakarta Bird Land (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Mini show di Jakarta Bird Land (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


Tidak hanya menampilkan aneka ragam burung, Jakarta Bird Land mengadakan mini show yang berlangsung setiap hari di tribun berkapasitas 150 orang. Pertunjukan ini bermaksud memberikan pengalaman edukasi yang menyenangkan kepada anak-anak tentang kehidupan burung-burung pemangsa. Ini juga bisa menjadi kesempatan pengunjung melihat lebih dekat bagaimana cara hidup burung pemangsa yang telah dilatih oleh trainer.
 
Pertunjukan tersebut dikemas dengan drama berdurasi 10 menit yang mengangkat kisah keindahan pulau burung bernama Paradise oleh dua kawanan pendatang. Kemudian pulau ini didatangi oleh para pemburu yang bermaksud mengambil bagian tubuh burung untuk kepentingan pribadi. Diceritakan bahwa pemburu ini mengincar burung julang emas yang digadang memiliki nilai fantastis.
 
Untuk berinteraksi dan menyaksikan pertunjukan burung ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp60.000 untuk weekdays dan Rp80.000 untuk weekend. Dengan membayar tiket tersebut, pengunjung sudah dapat mengakses seluruh atraksi yang ada di Jakarta Bird Land.
 
Untuk sampai di Jakarta Bird Land, pengunjung dengan kendaraan pribadi bisa mengambil rute menuju Gunung Sahari ke kawasan Pademangan Jakarta Utara. Bagi yang ingin menggunakan transportasi umum, disarankan menggunakan kereta komuter KRL dengan tujuan akhir Stasiun Ancol. Dari stasiun, pengunjung tinggal menyebrang ke area Taman Impian Jaya Ancol menuju ke Sea World Ancol. Pengunjung bisa menemukan Jakarta Bird Land tepat berseberangan dengan Sea World Ancol.

Baca juga: Jepang & Bali Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Nusantara Saat Liburan Nataru


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Review Film Budi Pekerti: Saat Gawai Menjelma Moncong Senjata & Rimba Perisakan di Media Sosial

BERIKUTNYA

Cek Daftar Rekomendasi Hotel Dekat Lokasi Konser Ed Sheeran di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: