Hallstatt (Sumber gambar: unsplash/Nikolaykovalenko)

Bak Negeri Dongeng di Film Frozen, Simak 5 Fakta Desa Hallstatt di Austria

30 October 2023   |   17:30 WIB

Jika Genhype hendak mencari destinasi liburan berupa pemandangan indah, maka kalian bisa coba ke benua Eropa. Daratan Eropa dikenal dengan pemandangannya yang menakjubkan karena, banyak daerah pegunungan yang masih asri dan terjaga serta udaranya sangat sejuk dan minim polusi.

Hal ini dapat memberikan Genhype ketenangan jiwa dan pikiran jika berkunjung kesana. Salah satu daerah yang wajib kalian kunjungi yaitu, Desa Hallstatt. Melansir dari Wanderlustale, tempat tersebut adalah salah satu desa terindah yang berlokasi di wilayah Salzkammergut, Austria, Eropa Tengah.

Baca juga: Resep Strudel Apel, Dessert Lezat Khas Austria yang Populer di Indonesia

Desa ini menjadi tempat produksi garam tertua dan terletak di kaki gunung Salzkammergut, dikelilingi pegunungan Alpen, serta dikelilingi danau yang indah. Selain itu, ternyata terdapat beberapa hal menarik lainnya dari desa yang menawan ini. Kalian bisa lihat 5 fakta tentang Desa Hallstatt di penjelasan berikut ini ya, Genhype!


1. Menjadi Warisan UNESCO

Lembah pegunungan Alpen merupakan bagian dari lanskap budaya Salzkammergut, dan telah dihuni lebih dari 3.000 tahun. Tambang garam kuno di kawasan ini melestarikan bangunan bersejarah, serta keindahan alamnya membuat Desa Hallstatt berhasil meraih gelar UNESCO pada 1997.

Tidak hanya pemandangan yang menakjubkan, desa ini juga menyuguhkan bangunan-bangunan klasik dan gereja yang dibangun pada abad ke-16, perahu dayung yang bisa kalian sewa, dan pusat kota buku cerita dengan warna bangunan pastel, serta air terjun kecil.

Baca juga: 11 Biosfer Baru yang Ditetapkan UNESCO, Salah Satunya dari Indonesia


2. Warganya yang Sedikit

Desa ini hanya memiliki luas 59,8 km maka, Desa Hallstatt bukanlah desa padat penduduk. Menurut data dari 2021, desa indah tersebut memiliki jumlah penduduk tidak lebih dari 1.000 yakni, hanya sebesar 946 jiwa penduduk.


3. Wisatawan Membludak

Dibalik keindahannya, ada fakta bahwa Desa Hallstatt mengalami overtourism. Sepanjang musim ramai (high season), wisatawan dapat mencapai angka 10.000 jiwa. Karena itu, Wali Kota Hallstatt, Alexander Scheutz mengatakan bahwa pihaknya akan segera memotong jumlah turis sampai sepertiganya.


4. Bangunan Tua

Hallstatt terletak di sekitaran industri pertambangan garam. Ternyata, ini merupakan pertambangan garam tertua. Ditambah lagi, tepat di sebelah danau dan di kaki pegunungan Salzkammergut, ada berbagai bangunan klasik khas abad ke-16 yang indah nan menawan. Salah satunya yaitu, bangunan gereja tua yang didirikan sejak 1785.


5. Desa di Film Frozen

Film animasi Disney berjudul Frozen yang tayang perdana pada 2013, diperkirakan mengambil inspirasi dari pemandangan Desa Hallstatt untuk desain kota Arendelle pada film tersebut. Informasi ini menyebar cepat atau viral pada saat itu, sehingga menambah kunjungan wisatawan mancanegara ke desa tersebut sebab, wisatawan penasaran dan datang demi melihat panorama desa asli dari film Frozen.

Baca juga: Disney Akan Rilis Sekuel Animasi Frozen 3, Toy Story 5 & Zootopia 2

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Razia Uji Emisi di Jakarta Kembali Diadakan 1 November 2023, Ini Alasannya

BERIKUTNYA

Daftar Hari Penting Nasional dan Internasional Sepanjang November 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: