Ilustrasi kanker payudara (Sumber gambar: Angiola Harry/Unsplash)

3 Gaya Hidup yang Mendukung Pencegahan Risiko Kanker Payudara

28 October 2023   |   22:02 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Oktober merupakan bulan kesadaran kanker payudara yang diperingati di seluruh dunia. Sepanjang bulan ini, ilmu tentang pencegahan dan penanganan kanker payudara digalakkan kepada masyarakat. Di Indonesia, angka kanker payudara menempati urutan teratas sebagai jenis kanker terbanyak yang diderita di Indonesia dengan capaian kasus 68.858 pasien.

Dengan angka yang cukup besar tersebut, kanker payudara turut menjadi sala satu penyumbang kematian terbesar di Indonesia dengan total sekitar 22.000 jiwa.

Padahal banyak kasus kanker payudara terjadi karena faktor gaya hidup yan tidak sehat. Memulai aya hidup sehat bisa diterapkan sebagai langka preventif untuk mencegah bahaya kanker payudara.

Baca juga: Vidi Aldiano Bikin Netizen Melek Metastasis, Sel Kanker yang Menyebar dan Sulit Dikendalikan

Sembari rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri, wanita juga bisa fokus pada gaya hidup yang seat baik lewat olaraga dan pola makan. Gaya hidup sehat bisa dimulai dengan berbagai cara sebagai berikut:

Ilustrasi olahraga (Sumber gambar: Julia Ballew/Unsplash)

Ilustrasi olahraga (Sumber gambar: Julia Ballew/Unsplash)

1. Rutin Berolahraga

Menjaga berat badan tetap ideal membantu wanita terhindar dari beragam penyakit mulai dari obesitas hingga risiko kanker payudara. Konsultan Senior dan Onkologi Medis di Parkway Cancer Centre (PCC) See Hui Ti menjelaskan, obesitas yang ditandai dengan besarnya indeks massa tubuh membat risiko kanker payudara juga kian besar. Jadi, olahraga ringan sangat dianjurkan untuk mencegah jenis penyakit ini.

Secara umum, menjaga berat badan bisa dilakukan dengan melakukan olahraga secara rutin sekitar 30 menit per hari. Berolahraga 30 menit mengartikan tubuh aktif dalam melakukan aktivitas fisik yang berperan menjaga berat badan tetap ideal.


2. Pola Makan Seimbang

Selain rutin berolahraga, menjaga badan tetap ideal juga bisa dilakukan melalui pemenuhan kebutuhan gizi yang sehat dan seimbang. Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi upaya risiko kanker payudara antara lain jeruk, mangga, atau jenis buah lainnya dengan pigmen warna kuning yang kaya antioksidan.

Untuk jenis sayuran, cobalah mengonsumsi jenis sayuran hijau seperti selada, kale, hingga pokcoy. Selain itu, cobalah seimbangkan asupan protein tinggi dipadu dengan serat dan karbohidrat kompleks, serta kurangi asupan gula.
 

3. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Vitamin D merupakan satu di antara jenis vitamin yang berperan penting dalam pencegahan kanker payudara. Jenis vitamin D membantu mengaktifkan protein dan menghentikan pembelahan sel yang agresif. Vitamin D bisa didapatkan dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi atau melalui jenis makanan dan suplemen.

Baca juga: Sejarah Hari Kanker Payudara Sedunia, Diperingati Tiap 19 Oktober

Usahakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D sebanyak 600-800 IU per hari. Dalam makanan, vitamin D biasanya ditemukan di ikan salmon, telur, ikan tuna, hingga produk olahan susu. Selain vitamin D, wanita juga bisa melengkapi kebutuan vitamin lainnya yang krusial bagi kesehatan payudara seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan vitamin B6.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Lagi Tren, Cek Cara Membuat Poster Film ala Disney dengan AI Bing Creator Image

BERIKUTNYA

Koleksi Busana Kantor dengan Teknik Ecoprint karya Nadhila Shabrina Mejeng di Balikpapan Fashion Week 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: