Jakarta Film Week 2023 (Sumber gambar: X/jakartafilmweek)

5 Film Perwakilan Oscar 2024 yang Tayang di Jakarta Film Week 2023

24 October 2023   |   14:51 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ajang Jakarta Film Week akan kembali digelar tahun ini pada 25 Oktober sampai 29 Oktober 2023. Sejumlah karya dari para sineas dalam negeri dan luar negeri akan hadir dalam pekan film tahunan yang kini telah memasuki edisi ketiga sejak pertama kali diadakan pada 2021 tersebut.

Tahun ini Jakarta Film Week hadir dengan mengusung tema Evolve yang menggambarkan pertumbuhan festival sekaligus berkembangnya industri film sejak pandemi terjadi. Ajang ini ingin memotret perkembangan berbagai aspek sinema yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini.

Seiring dengan bertumbuhnya umur festival, tahun ini film-film yang akan dihadirkan juga memiliki nuansa, cara bertutur, dan gaya penceritaan yang lebih beragam. Berbagai sudut pandang dan gaya sinema yang akan ditonton makin membentang dari benua Eropa-Amerika hingga Asia.

Baca juga: Jakarta Film Week 2023, Dibuka Budi Pekerti & Ditutup Tiger Stripes

Terlebih, gelaran Jakarta Film Week tahun ini cukup ditunggu karena hadirnya sejumlah film yang masuk ke dalam deretan submisi Oscar 2023. Film submisi Oscar merupakan film yang menjadi perwakilan masing-masing negaranya untuk berebut nominasi Best International Feature Film pada ajang tersebut.

Namun, sebelum berkompetisi di Oscar tahun depan, film-film tersebut kini bisa ditonton terlebih dahulu di Indonesia lewat Jakarta Film Week. Tentunya, film-film tersebut cukup dinanti oleh pencinta film Indonesia.

Lantas apa saja film submisi Oscar yang dihadirkan di Jakarta Film Week 2023? Berikut ulasannya.


1. Hanging Gardens


Hanging Gardens merupakan film perwakilan dari Iraq yang akan berkompetisi di Oscar 2024. Disutradarai Ahmed Yassin Aldaradji, film ini telah mendapatkan world premier di Venice International Film Festival 2022, Best Film & Best Cinematic Contribution pada Red Sea International Film Festival 2022, dan Special Jury Prize New Directors Competition pada Seattle International Film Festival 2023.

Film ini bercerita tentang As’ad (12) dan Taha (28), seorang kakak beradik yang hidup sebagai pemulung di tempat pembuangan akhir. Suatu hari, As’ad menemukan boneka seks dari Amerika. Saat boneka itu dibawa ke rumah, Taha tak menyukainya dan memukul As’ad.

Sebuah keajaiban terjadi ketika boneka tersebut rupanya bisa berbicara. As’ad kemudian mengajarkan boneka itu merayu dan bekerja. Perjalanan As’ad melewati konsekuensi dari pilihan hidupnya itu pun dimulai. Film ini akan tayang di Jakarta Film Week pada 29 Oktober 2023 pukul 14.00 WIB di Audi 6 CGV Grand Indonesia.


2. The Breaking Ice


Disutradarai oleh Anthony Chen, The Breaking Ice menjadi film asal perwakilan Singapura yang akan berkompetisi di Oscar 2024. Film ini terpilih menjadi bagian Un Certain Regard untuk Cannes Film Festival 2023.

Film ini bercerita tentang Haofeng yang adalah seorang pemuda kota dari Shanghai. Dia merasa dijebak di Yanji, sebuah kota berudara dingin di utara China. Pada saat itu, dirinya bertemu pemandu wisata cantik bernama Nana dan seorang lain yang menjadi pekerja restoran. Ketiganya lalu bercengkrama bersama dan menghangatkan suasana yang sebelumnya dingin.

Film ini akan tayang di Jakarta Film Week pada 29 Oktober 2023 pukul 14.50 WIB di Audi 3 CGV Grand Indonesia.


3. Totem


Totem merupakan film drama yang ditulis dan disutradarai oleh Lila Aviles. Film ini terpilih menjadi film submisi Oscar 2024 untuk negara Meksiko. Sebelumnya, berbagai penghargaan telah diraih film ini, dari Best Picture Cumenical Jury Award di Berlin International Film Festival 2023, Bright Horizons Special Jury Mention di Melbourne International Film Festival 2023, dan Grand Prix Firebird Award di Hong Kong International Film Festival 2023.

Film ini bercerita tentang kehidupan Sol, seorang perempuan berumur tujuh tahun yang mesti mempersiapkan acara ulang tahun ayahnya di rumah kakek. Selama persiapan tersebut, Sol harus berhadapan dengan berbagai konflik keluarga dan pahitnya rasa kehilangan.

Film ini akan tayang di Jakarta Film Week pada 27 Oktober 2023 pukul 16.55 WIB di Audi 7 CGV Grand Indonesia.


4. Sweet Dreams


Film Sweet Dreams besutan sutradara Ena Sendijarevic masuk dalam nominasi Oscar 2024 untuk negara Belanda. Film ini telah meraih berbagai penghargaan, dari Junior Jury Award-International Competition & Best Performance di Locarno International Film Festival 2023, Centrepiece Section di Official Selection Toronto International Film Festival 2023, dan di Chicago International Film Festival 2023.

Film ini bercerita tentang kehidupan Jan dan Agathe di suatu pulau terpencil di Indonesia ketika masa kolonial berakhir. Jan dan Agathe adalah penguasa lokal yang memiliki satu perkebunan tebu. Berbagai intrik mewarnai kehidupan mereka. Film ini juga menampilkan masa-masa ketika terjadi pemberontakan buruh.

Film ini akan tayang di Jakarta Film Week pada 26 Oktober 2023 pukul 19.05 WIB di Audi 11 CGV Grand Indonesia.


5. Tiger Stripes


Tiger Stripes merupakan film submisi Oscar 2024 dari Malaysia. Film yang disutradarai Amanda Nell Eu ini pernah memenangkan berbagai penghargaan, misalnya Grand Prize Critics’ Week di Cannes Film Festival 2023 dan ikut berkompetisi di Bucheon International Fantastic Film Festival 2023.

Film ini bercerita tentang Zaffan, seorang anak umur 12 tahun yang merasakan menstruasi pertama di antara teman-teman seumurannya. Namun, ada keanehan di tubuhnya. Hal itu membuatnya dijauhi. Akan tetapi, Zaffan kemudian mulai menerima perubahan yang terjadi di tubuhnya.

Film ini akan tayang di Jakarta Film Week pada 29 Oktober 2023 pukul 19.00 WIB di Audi 1 CGV Grand Indonesia.

Baca juga: Past Lives Karya Celine Song Bakal Tayang di Jakarta Film Week 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cek Rangkaian Acara Festival Teater Jakarta 2023, Sebuah Perayaan Eksistensi 50 Tahun

BERIKUTNYA

Rekomendasi 7 Film & Serial Horor untuk Rayakan Halloween di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: