Es krim (Sumber gambar:Teejay/Pexels)

Sering Dianggap Sama, Yuk Kenali Perbedaan Es Krim dan Gelato

23 October 2023   |   20:00 WIB

Es krim dan gelato merupakan dua jenis makanan penutup yang populer di seluruh dunia. Hidangan yang sama-sama disajikan dalam kondisi dingin, manis, dan punya berbagai pilihan rasa ini digemari segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak ayal, ada banyak toko yang menyediakan dessert ini. 

Meskipun keduanya terlihat serupa, tapi apakah es krim dan gelato sebenarnya sama? Sebagian orang mungkin berpikir demikian. Namun, ternyata keduanya memiliki sejumlah perbedaan, lho. Genhype penasaran bedanya? Yuk simak informasi selengkapnya, sebagaimana dilansir dari The Spruce Eats

Baca juga: Kedai-kedai Es Krim Ikonik Dunia Sejak Abad ke-19 Ini Masih Eksis, Sebagian di Indonesia Lho


1. Bahan pembuatan 

Bahan utama pembuatan es krim maupun gelato adalah susu dan krim, tapi jumlah takaran yang menghasilkan hidangan penutup ini berbeda. Es krim mengandung lebih banyak krim dibandingkan susu, sedangkan gelato dibuat dengan proporsi susu lebih tinggi daripada krimnya. 

Bahan lain yang membedakan keduanya yaitu telur. Es krim menggunakan kuning telur sedangkan gelato sering kali sama sekali tidak mengandung telur.

Perbedaan ukuran dan bahan ini dapat mempengaruhi jumlah lemak pada hidangan penutup, serta tekstur di mulut saat di makan. Umumnya, es krim mengandung minimal 10 persen lemak, sementara gelato hanya mengandung 5-7 persen lemak. 

Saat menikmati es krim rasanya cenderung lebih creamy. Sedangkan, gelato memiliki tekstur yang lebih pekat serta konsisten karena gelato lebih sedikit lemak dan belum sepenuhnya beku. Hal ini menjadikan sering kali gelato dianggap lebih lembut dan halus daripada es krim.
 

2. Cara pembuatan & penyimpanan 

Selain bahan yang membedakan keduanya, cara pembuatan juga berbeda. Es krim dan gelato harus melalui proses pengadukan untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan mudah untuk disendok, tapi kecepatan pengadukan dan jumlah udaranya yang berbeda.

Gelato diaduk dengan kecepatan yang lebih lambat dibanding es krim, sehingga menghasilkan konsistensi yang lebih padat karena lebih sedikit udara yang masuk ke dalam campurannya. Gelato mengandung sekitar 25 hingga 30 persen udara, sedangkan es krim mengandung 50 persen udara.

Penyimpanan es krim dan gelato pada suhu tertentu untuk menjaga konsistensi yang tepat juga membedakan keduanya. Es krim biasanya disajikan dalam keadaan beku,sedangkan gelato biasanya disimpan dan disajikan dalam keadaan belum sepenuhnya beku. 
 

3. Varian rasa

Jika Genhype mampir ke toko es krim, kalian akan menemukan banyak rasa yang tersedia, mulai dari es krim vanila, cokelat, stroberi hingga rasa yang agak tidak biasa seperti kemangi dan ubi jalar. Namun untuk gelato, rasanya jauh lebih sedikit seperti vanilla, coklat, hazelnut, tiramisu, pistachio, dan rasa buah.

Baca juga: Bukan Es Krim, Ternyata Ini Dessert yang Paling diminati Masyarakat Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek 5 Agenda Seru untuk Merayakan Momen Halloween hingga Tahun Baru di Hong Kong 

BERIKUTNYA

5 Makanan Khas Pontianak yang Jadi Buruan Penikmat Kuliner

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: