Ilustrasi perlombaan lari. (Sumber gambar: Nicolas Hoizey/Unsplash)

Perhatikan 4 Suplemen untuk Meningkatkan Stamina saat Mengikuti Marathon

19 October 2023   |   18:09 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Olahraga lari  merupakan aktivitas yang kian digandrungi masyarakat saat ini. Cabang dari atletik ini selain praktis, terjangkau juga dinilai memberikan banyak manfaat bagi kebugaran. Namun, olahraga yang manfaat bagi kesehatan jantung, paru-paru dan tulang ini, juga membutuhkan outfit, aksesoris, dan sepatu yang nyaman.
 
Selain outfit, seorang pelari juga perlu memperhatikan suplemen makanan agar  dapat meningkatkan stamina saat berlari. Lantas apa saja suplemen makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat saat akan mengikuti perlombaan lari?
 
Siti Nur Khailila, seorang pekerja di Strave Indonesia, produsen support  nutrition, menjelaskan beberapa nutrisi yang wajib diperhatikan bagi seorang pelari
 

1. Energy Bar

Energy bar merupakan salah satu camilan yang dapat dikonsumsi oleh pelari. Bagi sebagian pelari, mengonsumsi suplemen dapat   membantu memaksimalkan performa saat berlari. Selain itu, suplemen kananan yang dikonsumsi digunakan agar tubuh tidak mudah kelelahan atau drop setelah beraktivitas. 

"Di sini kami menyediakan energy bar, ada bar protein dan juga bar biasa. Kalau bar biasa itu dapat digunakan sebelum lari, ini berguna untuk menambah stamina sih, bagi pelari," jelas Khailila kepada Hypeabis.id di sela-sela acara bazar perlengkapan olahraga Jakarta Marathon, Kamis (19/10/2023), 

Dia menambahkan, bahan yang digunakan dalam bar energy dibuat dari bahan alami yang rendah gula, sedangkan rasa manis pada camilan ini diperoleh dari buah kurma. Bahan yang digunakan dalam energy bar berupa oats, biji bunga matahari, biji labu, peanut butter, dan almond.
 

2. Energy Gel

Energy gel merupakan salah satu energy booster yang dapat dikonsumsi bersama energy bar, agar menghasilkan stamina yang lebih baik. Khailila menambahkan, penggunaan energy gel dapat dikonsumsi sebelum beraktivitas.

Dia juga menjelaskan bahwa kandungan dalam energy gel berupa maltodekstrin dapat membantu proses pembakaran lemak. Selain itu, energy gel juga mengandung vitamin B1, B6, ekstrak kurma, ekstrak jahe, asam amino guarana, dan elektrolit.

"Selain energy bar, juga ada energy gel yang biasanya digunakan sebelum lari untuk menambah tenaga. Ya, bisa dibilang sama fungsinya dengan energy bar. Ini juga bisa dikonsumsi saat pertengahan lari," paparnya.
 

3.  Protein Bar


Jika sebelum lari seseorang harus memperhatikan penggunaan  suplemen, hal ini juga berlaku setelah beraktivitas. Salah satu asupan yang penting untuk mengganti energi yang hilang adalah protein bar. Kandungan yang terdapat dalam bar protein memiliki kesamaan dengan energy bar.

"Kalau habis olahraga itu kami sarankan untuk mengonsumsi bar protein. Dengan mengonsumsi makanan ini, energi yang digunakan selama olahraga itu bisa dipulihkan," jelas Khailila.
 

4. Susu protein

Selain mengonsumsi camilan, seorang pelari juga perlu menambah stamina dengan mengonsumsi susu protein. Khailia merekomendasikan konsumsi susu protein yang mengandung whey protein dapat membantu fungsi kerja jantung. "Kalau untuk penggunaanya, [susu ini] dapat diminum sebelum lari dengan varian rasa vanila" jelas Khailila.
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

5 Resep Smoothies Anti Gagal, Siap Temani Harimu

BERIKUTNYA

Kiat Jitu Memilih & Merawat Speaker Portable Supaya Awet

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: