High heels (Sumber Foto: Unsplash/Bas van den Eijkhof)

5 Tip Membersihkan High Heels Supaya Awet dan Selalu Terlihat Baru

14 October 2023   |   15:14 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sepatu menjadi salah satu item fesyen wajib. Selain dilihat dari aspek modis, sepatu juga harus memiliki kualitas yang baik supaya bisa dikenakan dalam jangka panjang. Salah satunya sepatu high heels yang sangat rentan. Tak jarang kita lihat high heels yang kulitnya terkelupas atau hak nya lepas 

Salah satu hal yang menyebabkan masa pakai high heels sangat singkat adalah perawatannya yang belum tepat, misalnya saat saat dicuci dan dikeringkan. Nah Genhype, yuk simak cara merawat high heels supaya tetap awet dan terlihat seperti baru.

Baca juga: High Heels Lover, Intip 5 Cara Atasi Varises Yuk
 

1. Cuci Dengan Air Hangat

Jadwalkan satu hari dalam seminggu, kapan kamu akan membersihkan koleksi high heels. Saat dicuci, gunakanlah air hangat untuk menjaga kualitas material dan warna sepatunya. Selain itu juga supaya debu dan kotoran yang menempel bisa luruh dengan mudah sehingga tidak menyisakan noda.

Namun, mencuci pakai air hangat bukan berarti kamu mengguyur atau merendam heels dengan air hangat. Cara yang benar adalah menggunakan kain lembut atau spon yang dicelupkan pada air hangat, kemudian bersihkan nodanya pelan-pelan.
 

2. Hilangkan Noda dengan Baking Soda

Apabila ada noda membandel yang sulit dihilangkan, kamu bisa menggunakan baking soda. Bubuhkan pada bagian yang terkena kotoran secara perlahan menggunakan kain yang lembut sampai nodanya menghilang. Supaya pembersihannya malsimal dan menyeluruh, coba bersihkan bagian bawah sepatumy menggunakan sikat yang sudah ditaburi baking soda secara perlahan.
 

3. Jangan Menjemur Sepatu di Bawah Matahari

Setelah dicuci, heels jangan langsung dijemur. Hilangkan dulu sisa airnya supaya tidak menciptakan noda bekas air. Keringkan pakai kanebo atau kain microfiber yang berbahan lembut. Selanjutnya baru boleh dijemur.

Kebanyakan orang kerap melakukan kesalahan dalam menjemur high heels, yakni mengeringkannya langsung dibawah terik matahari. Padahal cara ini akan membuat warna sepatu cepat memudar dan membuat lapisannya mudah rapuh. Sebaiknya keringkan di tempat yang teduh ya.
 

4. Gunakan Pelembab Sepatu

Aplikasikan pelembab khusus sepatu supaya lebih terawat dan terhindar dari jamur. Penggunaan pelembap ini diutamakan untuk high heels yang berbahan kulit. Selain itu, gunakan juga suede protector juga untuk high heels yang berbahan suede. Penggunaannya sangat mudah, kamu hanya perlu menyemprotkan suede secukupnya pada sepatu setiap kali memakainya atau ketika kamu akan menyimpannya di dalam kotak.
 

5. Simpan Sepatu Heels dengan Benar

Langkah terakhir yang harus kamu perhatikan adalah cara menyimpan sepatu heels yang benar. Jangan menyimpannya di tempat yang gelap dan lembab utnuk mencegah sepatu jamuran dan berbau tak sedap. Selain itu, gunakan juga silica gel untuk menjaga kelembapan yang tepat. Dengan begitu, sepatu heels milikmu tidak akan ditumbuhi jamur.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Konser Jejak Candra Darusman, Sebuah Perayaan Manis Untuk Sang Maestro

BERIKUTNYA

Penulis Marchella FP Luncurkan Novel Grafis Tabi, Kisah Perempuan Berdamai dengan Luka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: