Rendy Pandugo. (Sumber gambar: P.O.P Records)

Rendy Pandugo Merilis Lagu Biarku Merindu, Single Kedua untuk Album Terbaru

11 October 2023   |   17:15 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Penyanyi Rendy Pandugo kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis lagu anyar berjudul Biarku Merindu. Karya ini merupakan lagu kedua dari album penuhnya yang akan diluncurkan pada 2024 mendatang. Sebelumnya, sang solois telah merilis lagu Senandung Lara pada Juli 2023.
 
Biarku Merindu juga menjadi lanjutan dari eksplorasi Rendy dalam menciptakan lagu berbahasa Indonesia. Selama ini, penyanyi kelahiran Medan itu memang dikenal lebih sering membuat lagu-lagu dengan lirik bahasa Inggris. Sebagai musisi, dia ingin bermusik dengan bebas dan tidak terbatas dalam bahasa tertentu.
 
Sebagaimana judulnya, lagu Biarku Merindu merupakan ungkapan sekaligus wujud selebrasi Rendy tentang perasaan rindu terhadap seseorang. Rasa rindu tersebut kemudian berkembang menjadi satu lirik lagu yang utuh.

Baca juga: Rendy Pandugo Berdamai dengan Luka dalam Single Senandung Lara
 
Jika dilihat dari liriknya, lagu Biarku Merindu mengisahkan tentang seseorang yang merindukan mantan kekasihnya. Dia rindu akan masa-masa membahagian dan penuh nostalgia dengan orang yang dicintainya. Namun, rasa rindu itu hanya bisa dipendamnya lantaran sang pujaan telah memiliki kehidupannya sendiri.
 
"Buat gue kok lucu aja gitu kata-katanya. Seakan-akan kita enggak boleh merindukan lseseorang. Padahal kalo mau kangen, ya tinggal kangen aja gitu. Eggak perlu banyak orang juga yang tau kalo kita sedang rindu sama seseorang. Tapi kadang ada hati yang harus dijaga, jadi engggak bisa sembarangan rindu sama orang," kata Rendy dalam keterangan resminya, Rabu (11/10/2023).
 

Dalam menggarap lirik lagu Biarku Merindu, Rendy juga melibatkan Vega Antares. Sementara dari segi aransemen musik, penyanyi berusia 38 tahun itu terinspirasi dari lagu-lagu mendiang Chrisye dan pop Indonesia tahun 1970-an hingga 1990-an, yang dipadukan dengan kreasi musikalitasnya.
 
Di samping sebagai penulis lagu, Rendy juga bertindak sebagai produser. Dia memproduksi sendiri lagu Biarku Merindu dengan label rekaman miliknya yaitu P.O.P Records. Dengan labelnya itu, Rendy juga terlibat dalam penggarapan lagu sejumlah musisi dalam negeri. Hal ini mengukuhkan posisinya sebagai salah satu musisi, pencipta lagu, sekaligus produser musik bertalenta di Tanah Air.
 
Biarku Sendiri menjadi lagu kedua yang diproduksi Rendy sendiri dengan label P.O.P Records setelah Senandung Lara. Rilisan itu juga menjadi penanda dimulainya kerja sama Rendy dengan KithLabo, perusahaan distributor musik digital, dalam mengemas bentuk promosi yang sesuai untuk memperluas jangkauan pendengar karya-karya musiknya. 
 

Profil Rendy Pandugo

Sebagai informasi, Rendy Pandugo merupakan penyanyi sekaligus pencipta lagu kelahiran Medan, 7 Mei 1985. Meski tidak terlahir dari keluarga yang memiliki latar belakang di bidang musik, Rendy telah tertarik dengan dunia tarik suara sejak di kelas 4 SD.
 
Namun, dia baru serius menuangkan bakatnya sejak usia 12 tahun. Berbekal belajar alat musik gitar dengan om dan tantenya, Rendy memutuskan untuk belajar di sekolah musik selama setahun sebelum akhirnya memilih untuk belajar musik secara otodidak.
 

Rendy Pandugo. (Sumber gambar: P.O.P Records)

Rendy Pandugo. (Sumber gambar: P.O.P Records)

Rendy mulai aktif dalam grup musik sejak SMP dan semakin aktif saat SMA dan sering mengikuti festival musik. Ketika kuliah, Rendy meneruskan hobinya bermusik. Bersama dengan teman-teman kampusnya, dia membentuk grup musik bernama Rivera dan sempat menjadi juara ketiga dalam ajang musik nasional. Bersama grup tersebut, dia bertahan selama tiga tahun.
 
Pada 2011, dia juga sempat menjadi vokalis dan gitaris di grup band Di-Da dan merilis album Duography. Namun, dia memilih untuk keluar dari grup tersebut pada 2015. Di sepanjang waktu itu, Rendy juga aktif membuat portofolio musiknya di SoundCloud. Dari situ, perlahan namanya mulai dikenal para penikmat musik di Tanah Air.
 
Setelah nyaris putus asa untuk berkarier musik, pada 2015, Rendy akhirnya bergabung dengan label Sony Music Entertainment Indonesia dengan merilis single I Don't Care. Dengan label mayor itu, kariernya pun terus menanjak seiring dengan banyaknya tawaran kolaborasi sekaligus belajar musik hingga ke luar negeri.
 
Pada 2017, Rendy akhirnya merilis album perdananya bertajuk The Journey yang berisikan 11 lagu berbahasa Inggris dan dikemas dengan genre pop dengan adanya sentuhan musik elektronik. The Journey merupakan rangkuman perjalanan bermusik Rendy selama 5 tahun mulai dari 2010 hingga 2015.
 
Sepanjang kariernya, dia juga telah meraih sejumlah penghargaan diantaranya Karya Produksi Urban Terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia 2018 berkat lagu Heaven, Male Singer of the Year di Indonesian Choice Awards 2018, serta Kolaborasi Paling Ngetop di ajang SCTV Music Awards 2018.

Baca juga: Kejutan! Rendy Pandugo Bawakan Single Baru di BNI Java Jazz Festival 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Link Live Streaming Futsal Indonesia vs Arab Saudi di Kualifikasi AFC Futsal Asian Cup 2024

BERIKUTNYA

Masih Tersedia, Begini Cara Beli & Harga Tiket MotoGP Mandalika 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: