Festival film menjadi tempat bagi para sineas film untuk bertemu dengan para penontonnya (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ skitterphoto)

Moviegoers Merapat, Ada 3 Festival Film yang Berlangsung pada Oktober 2023

10 October 2023   |   11:15 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Oktober 2023 akan menjadi bulannya bagi movigoers (pencinta film), lantaran ada sejumlah festival film yang dihelat. Tercatat, ada lima festival film yang akan dilangsungkan pada bulan ini. Setiap festival yang akan diselenggarakan memiliki beragam program dan acara yang tidak boleh dilewatkan.

Sebagai contoh adalah Jakarta Film Week. Ajang yang akan diselenggarakan di ibu kota Jakarta ini akan menyajikan beberapa film yang sayang jika tidak ditonton. Tidak hanya dari dalam negeri, beberapa karya yang akan tayang di ajang itu juga dari luar negeri.

Baca juga: Kembali Dihelat, MIFF 2023 Siap Rayakan Keberagaman Lewat Festival Film

Berikut sejumlah festival film yang akan diselenggarakan di dalam negeri:


1. Jakarta Film Week (JFW) 2023

 

(Sumber foto: Twitter/Jakarta Film Week)

(Sumber foto: Twitter/Jakarta Film Week)

Jakarta Film Week 2023 akan diselenggarakan dari 25 sampai 29 Oktober 2023 di empat lokasi. Festival yang mengusung tema Evolve ini juga akan memiliki beragam program, mulai dari Pemutaran Film, Master Class, Talks, Community, dan Road to Jakarta Film Week.

Film-film yang akan tayang seperti Budi Pekerti, Tiger Stripes, Past Lives, dan sebagainya. Ajang ini akan diselenggarakan di CGV Grand Indonesia, Kineforum Taman Ismail Marzuki, Galeri Kaya Indonesia, dan Hotel Ashley Wahid Hasyim.

Rina Damayanti, Festival Director Jakarta Film Week, mengatakan bahwa ajang yang lahir pada masa pandemi Covid -19 tersebut telah mengalami pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai hal. Mulai dari karya, keterampilan sumber daya manusia, teknologi, hingga fasilitas.

“Sampai aspek ekshibisi dan apresiasi penonton. Ini yang menjadi latar kita memilih tema Evolve. Spirit kata Evolve juga menjadi dasar dalam mengembangkan program-program dan kerja sama pada tahun ini,” ujarnya


2. Madani International Film Festival

 

(Sumber foto: Twitter/)

(Sumber foto: Twitter/madanifilmfest)

Festival film lainnya yang akan diselenggarakan di dalam negeri pada Oktober tahun ini adalah Madani International Film Festival. Ajang ini diselenggarakan dari 7 Oktober sampai dengan 12 Oktober 2023.

Festival ini menawarkan berbagai program yang bisa diikuti oleh para pencinta film, seperti Fokus Palestina, In This World, Tenggara, Puan Madani, Retrospeksi, Madani Classics, Madani Kids, Madani Shorts, Madani Short Film Competition, East Cinema, dan sebagainya.

Salah satu film contoh film yang diputar di ajang ini adalah Onde Mande karya Sutradara Paul Agusta. Karya ini bercerita tentang warga desa yang tinggal di tepi Danau Maninjau, Sumatra Barat. 
 

3. Korea Indonesia Film Festival

Korea Indonesia Film Festival menjadi festival lain yang akan terselenggara pada Oktober tahun ini. Ajang ini akan diadakan oleh penyelenggara pada 19 – 22 Oktober 2023. Namun, belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai ajang ini.

Meskipun begitu, akun media sosial instagram festfilmkorea melampirkan sebuah poster yang bertuliskan perjalanan sinematik dua budaya.Korea Indonesia Film Festival merupakan festival yang diadakan setiap tahun. Pada 2022, ajang ini diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Malang. Adapun, film yang tayang pada saat itu seperti Mencuri Raden Saleh, Ashfall, Exit, dan sebagainya.

Baca juga: Komite Festival Film Indonesia 2023 Umumkan 22 Film Cerita Panjang Lolos Tahap Rekomendasi Asosiasi

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Visual Idola K-Pop Legendaris yang Bikin Fandom Tergila-gila

BERIKUTNYA

Pemeran Film Malice Diumumkan di BIFF 2023, Ada Angga Yunanda hingga Hsueh Shih-Ling

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: