Para pembicara di acara konferensi pers konser opera Tribute to Maria Callas: 100 Years Anniversary di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (5/10/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Antusiasme Besar, Tiket Konser Opera Tribute to Maria Callas Sudah Banyak Terjual

05 October 2023   |   17:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Konser opera Tribute to Maria Callas: 100 Years Anniversary siap digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta, pada 7 Oktober 2023. Seperti judulnya, konser opera ini digelar untuk memperingati 100 tahun Maria Callas, penyanyi opera soprano legendaris abad ke-20 yang dikenal sebagai La Divina. 
 
Rupanya, minat dan antusias masyarakat Indonesia terhadap konser opera cukup besar. Senior Business Development Ciputra Artpreneur Adi Wijananda mengatakan bahwa sebagian besar tiket konser opera Tribute to Maria Callas sudah terjual, dan sisa kursi pertunjukan yang belum terpesan hanya sedikit lagi.

Baca juga: Ciputra Artpreneur & Kebudayaan Italia Gelar Konser Opera Tribute to Maria Callas
 
"Ini sangat surprise karena ternyata antusiasnya cukup tinggi dan bisa dibilang penjualannya sangat baik. Sisa kursi kami sedikit lagi, jadi kalau misalnya penonton masih ada yang tertarik, segera beli tiketnya," katanya dalam acara konferensi pers di Ciputra Artpreneur, Kamis (5/10/2023).
 
Adi mengatakan, target utama penonton konser opera ini tentunya adalah masyarakat Indonesia yang memang penikmat konser-konser musik opera. Namun, konser ini juga sekaligus ingin lebih memperkenalkan lagi musik opera kepada kalangan masyarakat luas, untuk menambah wawasan dan apresiasi terhadap musik.
 
"Ini menjadi platform pertukaran budaya antara seniman lokal dan internasional, sesuai dengan visi Ciputra Artpreneur. Kami selalu terbuka untuk menyelenggarakan event kolaborasi budaya dari negara manapun," katanya.
 
Konser opera Tribute to Maria Callas: 100 Years Anniversary merupakan proyek kolaborasi antara Kedutaan Besar Italia di Jakarta, Istituto Italiano Cultura Jakarta, dan Ciputra Artpreneur. Dua penyanyi soprano berbakat yakni Felicia Bongiovanni asal Italia dan Regina Handoko dari Indonesia akan menampilkan vokal terbaiknya dalam konser ini.
 
Selain itu, akan ada pula penyanyi tenor asal Italia Dio Ricchizzi, serta penampilan dari kelompok paduan suara Batavia Madrigal Singers yang akan diiringi oleh alunan orkestra dari Jakarta Concert Orchestra. Adapun, bertindak sebagai konduktor ialah maestro Massimiliano Linceri dari Italia.
 
Konser yang akan berlangsung lebih dari 2 jam ini akan menampilkan 24 lagu oleh para penggubah seperti G. Rossini, G Verdi, G Puccini, dan lainnya. Komposisi ini diambil dari opera terkenal seperti Traviata, Tosca, dan banyak lagi.

Direktur Institut Kebudayaan Italia Jakarta, Maria Battaglia mengatakan, selain mengenang Maria Callas, konser opera ini juga dibuat untuk mengenalkan tradisi Bel Canto. Sebuah teknik vokal Italia pada abad ke-18 yang mengutamakan keindahan bunyi dengan mendemonstrasikannya pada register nada-nada tinggi.
 
Kendati tidak lahir di Italia, Maria Callas menurutnya telah memopulerkan teknik bernyanyi tersebut. Selain itu, dalam kiprahnya, sang diva juga tidak hanya mewakili lagu opera di Italia tetapi juga di seluruh dunia hingga menapaki panggung internasional.
 
Di samping itu, kata Maria, konser ini juga akan memperkuat kolaborasi antara Italia dan Indonesia. Terutama dalam pertukaran pengetahuan di bidang musik, karena para musisi nantinya dapat saling belajar untuk menginterpretasikan ulang karya-karya maestro dunia. 
 
"Komposisi yang akan ditampilkan juga sangat bervariasi dengan penampilan aria dari lagu-lagu Callas yang paling terkenal seperti Norma, La Traviata, Turandot, dan Cavalleria Rusticana," katanya.
 
Menariknya, konser ini akan dipimpin oleh konduktor asal Italia yakni Massimiliano Linceri. Linceri adalah konduktor yang telah terlibat dalam sejumlah penggarapan opera termasuk Traviata karya Verdi, Cos ì Fan Tutte karya Mozart, Le Nozze di Figaro, dan Don Giovanni. Dia juga telah berkolaborasi dengan sejumlah maestro lainnya seperti Franco Cesarini, Jose Alcacer Dura, dan Fulvio Creux.
 
Linceri mengatakan, persiapan untuk menggarap konser Tribute to Maria Callas memakan waktu yang cukup lama, mulai dari riset, latihan bersama tim orkestra hingga menyatukan penyanyi dan tim paduan suara dalam satu panggung. Menurutnya, para musisi dan penyanyi Indonesia memiliki kemampuan yang mumpuni dalam membawakan lagu-lagu opera Italia.
 
Dia juga menjelaskan bahwa nantinya pertunjukan akan terbagi ke dalam dua bagian. Meski masyarakat Indonesia belum terlalu karib dengan opera, dia menerangkan bahwa penonton tidak perlu khawatir bahwa opera bukan pertunjukan yang berat seperti yang dinilai selama ini.
 
"Penonton tidak usah takut karena kami memilih lagu-lagu yang mudah diikuti dan dinikmati. Kalau kalian mengikuti lagu-lagu opera yang tayang di televisi atau manapun, setidaknya akan ada satu lagu yang kalian tahu," katanya.
 
Adapun, bagi kalian yang ingin menonton konser opera Tribute to Maria Callas: 100 Years Anniversary bisa membeli tiketnya dengan harga yang bervariatif mulai dari Rp300.000 untuk kelas Bronze, Rp475.000 (Silver), Rp750.000 (Gold), Rp1,1 juta (Platinum), dan Rp1.475.000 untuk VIP. Tiket bisa dibeli melalui Loket.com.



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Liptint dengan Kandungan Skincare Kian Diminati

BERIKUTNYA

6 Tip Belanja Bulanan Anti Bikin Kantong Boncos

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: