Kereta Api Indonesia. (Sumber gambar: PT Kereta Api Indonesia/X)

Antisipasi Kepadatan HUT TNI, Penumpang Kereta Diimbau Datang Lebih Awal ke Stasiun Gambir

05 October 2023   |   10:15 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Monumen Nasional atau Monas di Jakarta Pusat akan dijadikan tempat perayaan HUT ke-78 TNI pada Kamis (5/10/2023). Area di sekitar Monas, termasuk Stasiun Gambir, akan dilakukan penyesuaian lalu lintas terkait adanya acara tersebut.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kemacetan, KAI mengimbau agar para penumpang kereta yang memilih stasiun keberangkatan dari Stasiun Gambir untuk datang lebih awal hari ini. Hal itu dilakukan agar penumpang tidak mengalami keterlambatan keberangkatan.

Baca juga: Simak 5 Fakta Menarik tentang Monas yang Jadi Relief Sejarah Indonesia

“Terkait kegiatan HUT ke-78 TNI di Silang Monas dan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas menuju Stasiun Gambir, penumpang diimbau untuk datang lebih awal,” demikian pernyataan KAI di akun X, dikutip Hypeabis.id Kamis (5/10).

Walaupun demikian, KAI memberikan beberapa alternatif lain. Pada hari ini, diketahui beberapa perjalanan kereta api akan berhenti di Stasiun Jatinegara. Dengan demikian, penumpang juga bisa naik dan turun di stasiun tersebut.

Namun, pastikan bahwa jadwal keberangkatan tetap mengacu pada tiket awal pembelian. Penumpang tidak diperkenankan menaiki kereta yang tidak sama dengan tiket yang dibeli. KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan perjalanan pada hari ini.

“Alternatif lain, beberapa perjalanan KA Berhenti Luar Biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara, maka penumpan dapat naik dan turun di Stasiun Jatinegara, dengan tetap mengacu pada jadwal yang tertera di tiket,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Perayaan HUT ke-78 TNI yang jatuh pada Kamis (5/10) akan digelar di Monas. Monas dianggap jadi lokasi yang tepat karena bisa menampung alutsista milik TNI.

Dalam rangkaian puncak perayaan tersebut, TNI juga akan menggelar parade pasukan dan alutsista secara besar-besaran di lapangan silang Monas. Mereka yang terlibat dalam upacara parade dan defile itu mengangkat tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju.

Sejumlah personel dari tiga matra, Angkatan Darat, Laut dan Udara bakal unjuk kemampuan. Salah satunya menampilkan acrobatik pesawat tempur yang melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara, serta kepolisian untuk meramaikan udara di atas Jakarta hari ini.

Selain itu, sejumlah kendaraan tempur, kendaraan taktis, mobil dan motor lirtsik, drone, sistem senjata, rudal, hingga tank amphibi Marinir juga akan ditampilkan. Akan ada 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista yang terlibat sehingga dapat dipastikan perayaan ini bakal meriah.

Sementara itu, melalui Instagram TMC Polda Metro Jaya, pihak kepolisian juga mengimbau agar masyarakat yang akan melintas di kawasan sekitar Monas hingga Bundaran HI untuk mencari rute alternatif.

“Di Seputaran Monas akan dilaksanakan upacara HUT TNI ke-78 dan Defile Alutsista sampai Bundaran HI, untuk Masyarakat yang beraktifitas sekitaran Monas dan Jl. MH Thamrin agar menyesuaikan rute yang dilintasi,” imbau TMC Polda Metro Jaya.

Baca juga: Peta Rute Kereta Cepat Woosh Jakarta-Bandung



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Kutu Busuk Menyerang Paris, Bagaimana Cara Menanggulanginya?

BERIKUTNYA

Cek Daftar Promo & Syarat Liburan di Dufan Ancol Oktober 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: